Cara Menjadi Copywriter Mulai dari Nol Hingga Profesional

0

Ramit Sethi, penulis buku “I Will Teach You To Be Rich” membagikan di blog websitenya 4 cara menjadi copywriter dari nol hingga profesional. Menurutnya, seni menulis (dan melakukannya dengan baik) adalah seni yang akan kamu pelajari lewat pengalaman—jadi, kamu mungkin belum hebat dalam hal ini jika kamu baru memulainya.

Pelajari Cara Menulis Persuasif

img: thebalancesmb

ads by posciety

Kamu tidak harus memiliki gelar di bidang menulis kreatif untuk belajar bagaimana menjadi seorang copywriter, tetapi kamu harus tahu bagaimana cara “membujuk” pembaca untuk tertarik dengan topik yang kamu tuliskan. Kabar baiknya adalah bahwa caranya dapat dipelajari dengan mempelajari mereka yang sudah berpengalaman di bidang ini.

Berlatih Menulis (dan bangun Portofoliomu)

img: newyorker

Sekarang setelah kamu mempelajari tentang dasar-dasar copywriting dan mempelajari beberapa contoh dalam kursus atau pembelajaran mandiri, saatnya untuk mengambil tindakan dengan benar-benar melatih keterampilan copywriting mu.

Berikut adalah beberapa peluang latihan sempurna yang dapat kamu lakukan hari ini:

  1. Tulis penjelasan tentang bisnis copywriting mu yang baru terbentuk. Bahkan jika kamu tidak memiliki situs web, kamu masih dapat menulis deskripsi yang solid tentang bisnis mu.
  2. Tawarkan jasa menulis kepada teman atau keluarga mu jika mereka memiliki usaha kecil yang membutuhkan copywriting.
  3. Tawarkan layanan copywriting mu di situs seperti Upwork dan Fiverr. Situs-situs ini tidak memberikan bayaran yang banyak, tetapi jika kamu belum memiliki pengalaman, ini adalah tempat yang bagus untuk memulai.
  4. Tulis email yang mempromosikan jasa copywriting ke klien impian mu–poin bonus jika kamu benar-benar mengirimkannya!
  5. Temukan Niche Copywriting mu

Dengan beberapa latihan menulis kamu lakukan, kamu akan dapat mulai merasakan tujuan yang ingin kamu kejar. Niche mu adalah area dan audiens spesifik yang akan kamu targetkan sebagai copywriter.

Jadi pertama-tama, pikirkan tentang peran apa yang ingin kamu miliki dalam copywriting:

  • Email
  • Media sosial
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Iklan digital (PPC)
  • Posting blog / Artikel Article
  • Skrip Video / Podcast

Yang penting adalah kamu memilih niche apa yang paling menarik bagi mu dan memulainya. Dan kamu juga selalu dapat mengubahnya nanti jika merasa tidak pas.

Sekarang kita akan membahas tentang target pasar mu. Ini akan menjadi calon klien mu. Tanyalah pada diri sendiri:

  • Di industri apa mereka?
  • Apa layanan mereka?
  • Bagaimana mereka menggunakan tulisan saat ini?

Setelah kamu memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu, kamu akan dapat menemukan peran khusus dengan skill mu.

Berikut adalah beberapa contoh:

  • Copywriter saluran email untuk perusahaan SaaS
  • Manajer media sosial untuk organisasi nirlaba
  • Posting blog untuk situs web keuangan pribadi

Setelah kamu tahu bagaimana kamu ingin mendekati target pembaca copywriting mu, inilah saatnya untuk menemukan klien pertama mu.

Temukan Klien

img: usabilitygeek

Ada banyak cara berbeda untuk menemukan klien pertama mu. Dan kamu sudah memiliki banyak platform berbeda (seperti yang dijelaskan sebelumnya) untuk mencari pekerjaan sebagai copywriter.

Di atas, telah disebutkan salah satu tempat yang paling populer: Upwork, situs pekerjaan dan dapat menunjukkan hasil karya yang disediakan untuk pekerja lepas atau freelance.

Perlu dicatat bahwa sementara Upwork dapat menjadi tempat yang bagus untuk menemukan klien dan membangun portofolio, kamu tidak harus bergantung pada situs itu untuk menemukan semua klien mu. Sebagai gantinya, kamu disarankan mencari langsung klien kamu secara online. Ini berarti mengunjungi berbagai situs dan forum yang mungkin sering dikunjungi klien mu, hal ini tentu bisa sangat membantu.

Apakah kamu seorang desainer grafis? Temukan grup Facebook atau subreddit untuk pemilik usaha kecil yang membutuhkan jasa mu. Apakah kamu seorang penulis untuk industri niche? Mulailah menjawab pertanyaan di situs Quora tentang niche mu.

Mungkin kamu seorang editor video. Temukan grup online untuk blogger yang ingin memperluas media konten mereka. Mulailah pergi ke tempat-tempat ini dan berikan nilai dengan jasamu. Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukannya secara konsisten. Ingat, lakukan ini setiap hari setidaknya selama satu jam sehari. Dengan terlibat dan memberikan nilai yang luar biasa pada komunitas, kamu akan membangun jaringan klien secara organik dan mengembangkan reputasi yang baik.

Itulah 3 cara menjadi copywriter mulai nol hingga profesional yang dapat kamu lakukan sekarang. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya