Sembunyikan Akun Facebook Dari Mesin Pencari

FB Kamu Gak Akan Bisa Ditemukan Lagi

Bagi para pengguna Facebook yang memiliki situs web dan domain yang sama dengan nama akun (pribadi / user) tentu kesal dengan hasil pencarian yang dihasilkan oleh mesin pencari (misalnya nama akun Facebook “rio bermano” dan nama situs web “rio bermano”), kadang bukan website yang muncul terlebih dahulu tapi akun Facebook bahkan berada halaman pertama.

Disini saya bagikan cara mudah untuk mengatasi masalah itu, melarang search engine / mesin pencari untuk meng-index akun atau profil Facebook.

Cara ini tentu merupakan salah satu cara menaikkan website (karena akun Facebook tidak terindex)., tapi selain untuk keperluan website juga bisa digunakan untuk keperluan lain misalnya ingin menyembunyikan profil FB dari mesin pencari karena tidak mau ke “gep” mantan.

Menyembunyikan Profil Facebook di Hasil Pencarian Mesin Pencari

Pertama, masuk ke akun Facebook seperti biasa kemudian klik tanda panah (dropdown menu) di sebelah kanan atas disamping ikon gembok (desktop) untuk menampilkan menu lainnya (sama seperti kalian mau logout) klik Setting / Pengaturan. Pilih Privacy / Privasi pada menu samping kiri, maka akan muncul tampilan laman Privacy.

Setelah itu, klik edit kemudian akan muncul menu lainnya dan ada kotak centang di paling bawahnya yang bertuliskan “Allow search engine outside of Facebook to link to your profile” (kalo bahasa inggris). JANGAN CENTANG kotaknya, karena kalo di centang artinya pemilik akun Facebook mengizinkan mesin pencari untuk mengindex akun tersebut di hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Catatan! Proses ini memerlukan beberapa waktu, setelah kalian hapus centang pada kotak tersebut, akun Facebook masih dapat terindex oleh mesin pencari untuk beberapa waktu kedepan. Tapi setelah proses selesai, akun Facebook tidak akan terindex lagi oleh mesin pencari.

Kalian tidak akan menemukan link yang mengarah langsung ke profil FB. Lebih baik jangan sekali-kali merubahnya berulang-ulang terlalu cepat karena akan mengganggu proses yang sedang berlangsung dan bisa membingungkan sistem Facebook. Ini untuk jaga-jaga saja biar tidak terjadi error antara akun Facebook dan mesin pencari.

Walaupun muncul nama profil FB pada mesin pencari, itu bukan link profil melainkan hasil pencarian FB yang menggunakan nama tersebut. Karena pengguna dengan nama yang sama pasti selalu ada apa lagi FB yang sudah banyak banget penggunanya, nah kalian akan diarahkan ke hasil pencarian FB dengan kata kunci pencarian nama profil dan itu bukan profil kalian yang muncul.

Masih bingung ? Lihat : Video Tutorial Cara Membuat FB Tidak Dapat Dilihat Orang Lain.

Perhatian! Ini adalah cara menyembunyikan akun FB dari mesin pencari, hal ini pun tergantung pada setingan tampilan profil. Misalnya kalian tidak mengizinkan kiriman publik bisa dikomentari oleh siapapun selain teman. Hal seperti itu akan membantu profil kalian semakin tersembunyi tidak hanya di mesin pencari seperti Google tapi juga pada mesin pencari FB.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...