Bagaimana Merekam Layar HP & Memproduksinya Menjadi Video ?

Bikin Tutorial atau Rekam Permainan

Seperti halnya desktop yang bisa merekam layar dan memproduksinya menjadi sebuah video rekaman, begitu juga pada HP / Smartphone. Untuk merekam layar HP diperlukan aplikasi perekam layar yang akan membantu kalian untuk melakukan perekaman pada layar HP sama seperti ketika merekam layar komputer / laptop.

Silahkan lihat daftar aplikasi perekam layar HP (android) terbaik versi riobermano.com yang sudah dirangkum beberapa hari yang lalu, pilihlah aplikasi yang disukai kemudian download seperti biasa sampai proses install selesai. Tidak hanya untuk android, cara ini juga bisa dilakukan untuk OS lain seperti iOS.

Setelah berhasil terpasang aplikasi perekam layar / screen recorder yang dipilih diatas, buka aplikasi tersebut kemudian mulailah merekam dengan menekan tombol RECORD / Start / Mulai / biasanya menggunakan ikon recording (bulat warna merah). Setiap aplikasi yang disebutkan diatas pasti memiliki tombol ini, klik untuk memulai perekaman layar.

Ketika memulai rekaman maka semua aktifitas di layar HP akan terekam oleh aplikasi tersebut termasuk layar kunci ketika mengunci HP (beberapa aplikasi memiliki fitur ini), games (permainan di HP), dsb.

Merekam layar ini biasanya dilakukan oleh para pembuat tutorial di smartphone atau para gamers smartphone.

Jika aktifitasi perekaman selesai silahkan klik tombol STOP / Berhenti / biasanya ditampilkan berupa ikon kotak berwarna merah, ketika ditekan maka proses perekaman layar akan berhenti dan biasanya menyimpan hasil perekaman secara otomatis di penyimpanan telepon.

Tapi ada beberapa aplikasi yang menanyakan terlebih dahulu apakah video akan disimpan ? Pilih simpan untuk menyimpannya atau pilih Tidak untuk tidak menyimpannya.

Maka video rekaman sudah berhasil tersimpan di ruang penyimpanan, kalian dapat menontonnya dengan mengunjungi media -> video atau membuka aplikasi perekam layar tersebut (pada aplikasi perekam layar biasanya menampilkan daftar video hasil rekaman yang pernah dibuat menggunakan aplikasi tersebut).

Bahkan, pada beberapa aplikasi perekam layar sudah menyediakan layar pengeditan video (editor video) untuk mengedit hasil perekaman layar tadi. Jika tersedia editor video maka tidak memerlukan aplikasi lain untuk mengeditnya (jika ingin melakukan pengeditan pada video hasil rekaman).

Jika ingin pengaturan tambahan pada penggunaan screen recorder / perekam layar cukup masuk ke menu Pengaturan / Setting pada plikasi perekam layarnya, biasanya didalam setelan ini terdapat beberapa opsi seperti menampilkan efek sentuhan jari, menampilkan kotak kamera di ujung layar jika merekam dengan mengaktifkan kamera, mikrofon, dan pengaturan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna.

Catatan: Setiap aplikasi tentu memiliki pengaturan yang berbeda.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara merekam layar HP Android.

Setelah selesai, video ini dapat di upload ke media sosial atau disimpan tergantung keperluan.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi