Ganti Email & Nama Pengirim Default WordPress Tanpa Plugin

Tidak Ada Lagi Email wordpress@domain.com

Pada setiap WordPress yang baru terinstall pasti akan ditetapkan alamat email dan nama ketika mengirim email dengan blablabal@wordpress.com dan WordPress sebagai nama pengirim nya.

Kecuali, kalo kalian sudah pernah ubah menggunakan plugin. Karena ada juga yang menyediakan plugin untuk merubah nama serta email pengirim ketika kita mengirim email bahkan mendapatkan pemberitahuan (dari) menggunakan situs WordPress.

Disini, saya akan beritahu cara menggantinya tanpa menggunakan plugin. Silahkan masuk ke dasbor WordPress kalian, pilih menu Tampilan -> Penyunting (Bahasa Indonesia). Akan muncul semua file yang ada pada tema kalian, silahkan pilih tema kalian yang sedang aktif pada dropdown menu di sebelah kanan atas kemudian cari file function.php dan klik maka akan muncul di layar editor pada kotak besar ditengah layar kalian.

Silahkan code berikut didalamnya:

// Merubah Email Default WordPress by www.riobermano.com

add_filter('wp_mail_from', 'email_pengirim');
add_filter('wp_mail_from_name', 'nama_pengirim');
function email_pengirim($old) { 
   return 'riobermano@riobermano.com';
  }
function nama_pengirim($old) {
   return 'Blog Rio Bermano';
  }

Silahkan ubah riobermano@riobermano.com dengan email yang ingin digunakan sebagai pengirim dan Blog Rio Bermano juga ganti dengan nama pengirim yang akan kalian gunakan.

Selesai, sekarang silahkan coba lakukan hal yang menyebabkan kalian akan mendapatkan email pemberitahuan (sebelumnya dari blablablabla@wordpress.com), sekarang akan berubah menjadi setelan yang kalian ubah diatas.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara ganti email wordpress@domain.com & Nama Pengirim Default.

Kebanyakan tema, pembuka file PHP nya () dibagian akhirnya. Walau begitu, suka ada aja beberapa tema yang membuat pembuka dan penutup PHP dalam function.php.

Catatan! Pastikan kalian sudah memeriksa tema yang bersangkutan ada atau tidak ada penutup PHP untuk pembuka PHP function.php (keseluruhan, bukan penutup PHP untuk pembuka PHP yang ada didalam PHP file function.php). Jika file function.php milik kalian memiliki penutupnya silahkan masukkan code diatas tepat sebelum penutup code PHP untuk keseluruhan file function.php.

Jika file function.php kalian tidak memiliki penutup untuk pembuka PHP file function.php nya cukup terapkan kode tersebut dibagian paling bawah file. Jika situs WordPress kalian sudah menggunakan plugin untuk merubah alamat email seperti ini, maka kalian jangan menggunakan kode diatas nanti akan ERROR. Jadi, pastikan kalian belum menggunakan plugin untuk merubah alamat email pengirim.

Download Code di link ini (305B).

Pada WordPress, kita tidak perlu merubah codex WordPress yang sudah ada. Cukup mengalihkannya menjadi ke tempat lain seperti contoh pada codingan diatas saya merubah alur function email menggunakan function yang kita buat. Selamat mencoba, jika ada pertanyaan silahkan kirim di kolom komentar.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi