Cara Merubah Format File PDF ke Word Menggunakan Google Docs

0

Pernah ga sih kamu bingung gimana caranya merubah format file Pdf ke Word atau sebaliknya dari Word ke Pdf? Masalah ini sering ditemui oleh siswa sekolah maupun mahasiswa yang masih bingung mencari cara cepat merubah format file untuk tugas mereka. Apalagi di masa Pandemi ini, dimana seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Hal ini berimbas terhadap format pemberian dan pengumpulan tugas atau bahkan pelaksanaan ujian yang rata-rata harus menggunakan e-mail sebagai media pemberian dan pengumpulan tugas.

Terkadang ada guru ataupun dosen yang hanya menerima tugas dalam format file tertentu misalnya format Word ataupun format PDF. Hal ini terkadang membuat siswa dan mahasiswa bingung cara merubah format file yang sesuai diinginkan oleh guru atau dosen tersebut. Nah, Google Docs hadir bagi kamu yang mengalami masalah tersebut, karena dalam Google Docs ini kamu bisa merubah berbagai format file.

Google Docs merupakan salah satu fitur dari Google Drive, Google Docs tidak hanya bisa membuat, ataupun menerjemahkan dokumen saja, lewat fitur ini kamu bisa merubah format file dari Pdf ke Word ataupun sebaliknya dari Word ke Pdf.

ads by posciety

Tidak hanya file yang berformat Pdf (.pdf) dan Word (.docx) saja yang bisa kamu rubah formatnya di Google Dokumen ini, kamu juga bisa merubah format file lainnya seperti format OpenDocument (.odt), Rich Text Format (.rtf), Teks Biasa (.txt), Halaman Web (.html. zip), dan Publikasi EPUB (.epub) lewat fitur dari Google Docs ini yang pastinya gratis untuk para penggunanya.

Di artikel ini, kami ingin memberikan contoh langkah-langkah merubah format file Pdf ke Word menggunakan Google Docs yang tentunya mudah dan praktis.

1. Langkah pertama, silahkan upload terlebih dahulu file yang kamu rubah formatnya di Google Drive kamu. Pastikan kamu sudah login akun Google kamu di browser yang saat ini sedang kamu gunakan. Cara upload-nya pun cukup mudah. Silahkan buka Google Drive, lalu pilih “Baru”, lalu pilih Upload file”, dan pilih file yang ingin kamu rubah formatnya

2. Langkah kedua, jika kamu sudah upload file tersebut di Google Drive, silahkan klik kanan di file tersebut, pilih “Buka Dengan” lalu pilih “Google Dokumen”

3. Langkah ketiga, kamu akan diarahkan ke Google Docs, silahkan pilih menu “File”, lalu pilih Download, silahkan pilih “Microsoft Word (.docx)”

4. Langkah terakhir, browser akan secara otomatis mengunduh file tersebut. Jika sudah terunduh, silahkan buka file tersebut. Dan selamat kamu sudah merubah format file dari Pdf ke Word.

Jika kamu ingin merubah format file dari Word ke Pdf, silahkan lakukan cara yang sama. Bedanya hanya pada saat upload filenya dan pilihan download. pada saat upload file, pilih file berformat .docx, lalu pada saat download, pilih format Dokumen PDF (.pdf). Lakukan hal serupa jika ingin merubah file ke format .odt, .rtf, .txt, .html. zip, ataupun .epub.

Gimana mudah dan praktis bukan? Kini kamu tidak perlu bingung-bingung lagi mencari cara merubah format file, cukup lewat Google Drive dan Google Docs kamu bisa merubah berbagai format file yang tentunya gratis.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya