7 Cara Alami Mengobati Demam dengan Mudah

0

Siapa pun yang pernah demam tahu betapa menyedihkan dan mengkhawatirkannya keadaan mereka, terutama ketika ini dialami anak kecil. Dari blog farmersalmanac disebutkan, bahwa demam adalah tanda umum dari penyakit dan respons yang diperlukan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan menangkis virus yang tidak diinginkan yang berkembang pada suhu tubuh normal. Perlu diketahui, demam sebenarnya merupakan indikator yang baik bahwa sistem kekebalan tubuhmu bekerja dengan baik. Demam memainkan peran penting dalam memerangi penyakit dan harus ditangani, bukan dilawan. Tetapi demam rasanya tidak nyaman dan membuat penderitanya sengsara.

Jadi, apa yang harus kamu lakukan jika demam menyerang? Berikut ini 7 cara alami mengobati demam untuk membuatmu merasa lebih baik dan kembali pulih dengan cepat.

1. Tetap Terhidrasi

ads by posciety

Aturan nomor 1 adalah tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat terjadi dengan mudah, terutama pada bayi dan anak kecil. Seringkali kamu tidak memiliki nafsu makan disebabkan demam, karena tubuhmu sibuk menggunakan energinya untuk melawan penyakit dan tidak ingin mengeluarkannya untuk mencerna makanan.

Tidak perlu memaksakan tubuhmu untuk makan jika kamu tidak memiliki nafsu makan, tetapi tetaplah diisi dengan cairan. Cobalah makan sayuran berkuah, seperti sup, dan kaldu jika memungkinkan agar tetap bergizi. Cara lain juga dengan banyak air dan teh herbal.

2. Istirahatlah !

Tidur adalah metode alami tubuh yang paling kuat untuk pemulihan dari penyakit. Karena kurang tidur malah bisa membuatmu jatuh sakit. Pastikan untuk mendapatkan banyak waktu tidur agar tubuhmu menggunakan energi yang dimilikinya untuk melawan penyakit.

Ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan hari-hari yang sakit itu untuk memperbanyak istirahat. Tidur ekstra akan memastikan pemulihan yang lebih cepat, sekaligus mencegah penyebaran sesuatu jika penyakitmu menular.

3. Minum Teh Herbal

Teh herbal adalah pilihan tepat untuk membantu demam. Ini tidak hanya membantumu tetap terhidrasi, tetapi juga dapat menghasilkan keringat sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuhmu untuk membantumu membaik lebih cepat. Jus lemon dan madu murni dapat ditambahkan ke dalam teh untuk tambahan vitamin C (tetapi jangan pernah memberikan madu kepada anak di bawah usia satu tahun, ya).

4. Cuka Apel untuk Penyembuhan

Cuka sari apel adalah obat legend lain yang digunakan untuk membantu “menghilangkan” demam. Rendam beberapa waslap dalam cuka sari apel yang diencerkan (1 bagian cuka dengan 2 bagian air) dan letakkan di dahi dan perutmu atau bungkus di sekitar telapak kakimu. Sebagai alternatif, kamu dapat menambahkan secangkir cuka sari apel ke dalam bak mandi air hangat.

5. Minyak Esensial

“Berkeringatlah” dengan minyak peppermint, minyak jahe, dan minyak kulit kayu manis yang dapat membantu menghangatkan sistem peredaran darah dan menyebabkan keringat. Minyak lavender, thyme, rosemary, eucalyptus, dan sage juga membantu memberikan kenyamanan yang menenangkan saat mengobati demam.

Coba oleskan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air dingin dan rendam kain lap ke dalam campuran tersebut. Letakkan di dahimu untuk efek pendinginan dan relaksasi. Sebagai alternatif, campurkan beberapa tetes minyak peppermint dengan minyak kelapa dan gosokkan pada bagian bawah kaki dan bagian belakang lehermu.

6. Minum Kaldu Tulang

Sup ayam hangat bermanfaatuntuk lebih dari sekadar menyembuhkan luka di jiwa, dan kaldu tulangnya mendorong penyembuhan ke tingkat yang lebih tinggi. Kaldu tulang mengandung gelatin dan tulang rawan yang mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat.

Minum secangkir kaldu ayam saat demam menyerang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu dengan manfaat tambahan untuk menjagamu tetap terhidrasi. Kaldu tulang buatan sendiri, menggunakan tulang dan sayuran organik yang sehat tentu akan lebih baik.

7. Menggunakan Kaus Kaki Basah

Perawatan dengan menggunakan kaus kaki basah mungkin terdengar aneh, tetapi banyak orang percaya dengan obat alami ini untuk membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Cara terbaik adalah menggunakan teknik ini pada hari pertama sakit dan melakukannya selama beberapa malam berturut-turut untuk efektivitas maksimum. Pertama, kamu perlu menghangatkan kakimu di bak mandi atau pancuran air hangat.

Keringkan sepenuhnya. Kemudian, tepat sebelum tidur, rendam sepasang kaus kaki katun tipis di dalam air dingin, peras dan kenakan. Tutup dengan sepasang kaus kaki kering. Kaus kaki basah harus hangat dan kering di pagi hari. Jika kamu terbangun di tengah malam dan kaus kaki sudah kering, ulangi sebelum tidur kembali.


Itulah 7 cara alami mengobati demam yang akan sangat bermanfaat di masa pandemi ini. Jika kamu atau orang yang kamu sayangi mengalami demam, tidak ada salahnya mencoba berbagai cara alami ini untuk memulihkannya. Semoga bermanfaat!

Kalo kamu mencari cara untuk mengatasi demam pada anak, kamu bisa mencoba beberapa tanya jawab / tool yang tersedia misalnya Health Immune Checker, kamu akan mengetahui apa tindakan yang perlu diambil untuk mengatasi demam pada anak.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya