2 Cara Mudah Download Sertifikat Vaksin Covid-19

0

Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih belum bisa teratasi. Di Indonesia sendiri akhir-akhir terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan, hingga memaksa Pemerintah Indonesia memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Salah satu penyebab mengapa virus Corona ini tidak pernah hilang di Indonesia adalah karena warga Indonesia sendiri yang sering lalai menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Membatasi Mobilitas.

Ada satu cara agar bisa mengurangi potensi kamu terpapar virus Corona ini, yakni dengan vaksin. Vaksin ini bukan membuat kamu kebal terhadap Corona, melainkan membuat imun dan daya tahan tubuh kamu menjadi kuat sehingga bisa mengurangi potensi virus tersebut masuk ke tubuh kamu.

Ada banyak jenis vaksin yang sudah teruji dan mendapatkan sertifikat World Health Organization (WHO). Diantaranya adalah vaksin Pfizer-BioNTech, vaksin AstraZeneca-Oxford, vaksin Johnson & Johnson, vaksin Moderna, vaksin Sinopharm, dan vaksin Sinovac.

ads by posciety

Vaksin yang sering digunakan di Indonesia sendiri adalah vaksin Sinovac asal China. Vaksin Sinovac ini telah melalui uji klinis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dan hasil uji klinis, menyatakan efikasi Sinovac sebesar 65,3 persen. Angka ini memenuhi persyaratan WHO yakni di atas 50 persen.

Di Indonesia program vaksinasi sudah berjalan sejak tanggal 13 Januari 2021. Saat itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin. Vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac.

Saat ini program vaksinasi ini masih berjalan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Setelah kamu melakukan vaksin, kamu akan mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan seperti melamar pekerjaan, bepergian ke luar kota, dan lain sebagainya.

Karena sekarang untuk mendapatkan sebuah izin baik itu izin bekerja, izin bepergian, ataupun izin lainnya harus menyerahkan hasil Swab Antigen maksimal 2 hari ataupun Sertifikat Vaksin Covid-19, jika sudah mendapatkan vaksin baik itu yang pertama maupun yang kedua. Maka dari itu, sertifikat vaksin sangat diperlukan jika sudah mendapatkan vaksin.

Untuk mengurangi kontak fisik, Pemerintah Indonesia memberlakukan sertifikat online untuk vaksin. Jadi setelah kamu mendapatkan vaksin, kamu bisa download sertifikat tersebut di website Pedulilindungi.id dan aplikasi PeduliLindungi.

Buat kamu yang belum tahu cara download Sertifikat Vaksin Covid-19, berikut kami berikan dua cara download Sertifikat Vaksin Covid-19, diantaranya adalah:

1. Lewat Website

Untuk cara ini kamu bisa menggunakan di HP ataupun PC kamu, caranya adalah:

1. Pertama-tama kunjungi situs web pedulilindungi.id

2. Lalu silahkan Login jika kamu sudah punya akun, jika belum silahkan pilih Buat Akun

3. Jika sudah buat akun ataupun login silahkan pilih Saya Setuju

4. Lalu, pilih Menu (ikon tanda garis bawah tiga di pojok kanan atas)

5. Lalu di bagian Nama kamu, pilih ikon +

6. Lalu pilih Sertifikat Vaksin

7. Lalu pilih Buka Sertifikat

8. Silahkan masukkan Nomor Induk Keluarga (NIK), lalu pilih Submit

9. Di menu Sertifikat Vaksin, pilih nama kamu

10. Silahkan pilih Sertifikat Vaksin yang ingin kamu download

11. Silahkan pilih Unduh Sertifikat

12. Silahkan tunggu hingga proses download selesai. Dan kamu sudah bisa melihatnya di lokasi penyimpanan hasil download tersebut.

2. Lewat Aplikasi

Untuk cara ini kamu bisa gunakan HP untuk mengakses aplikasinya, caranya adalah: 

1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store ataupun App Store

2. Lalu buka aplikasinya, lalu pilih Masuk

3. Pilih Saya Setuju

4. Silahkan Login menggunakan nomor telepon ataupun e-mail yang terdaftar jika sudah punya akun. Jika belum punya, silahkan pilih Daftar

5. Jika sudah login ataupun registrasi, silahkan pilih Selanjutnya pada akses Lokasi

6. Lalu pilih Selanjutnya pada Foto, Media & File

7. Lalu pilih selanjutnya pada akses kamera

8. Selanjutnya di menu bawah, pilih Paspor Digital

9. Lalu dibagian Sertifikat, pilih nama kamu

10. Silahkan pilih Sertifikat Vaksin yang ingin kamu download

11. Lalu pilih Unduh Sertifikat

12. Silahkan tunggu hingga proses selesai, dan file akan secara otomatis tersimpan di lokasi penyimpanan hasil download tersebut.

Nah itulah 2 cara download Sertifikat Vaksin Covid-19. Jika kamu sudah mendapatkan vaksin, kamu bisa download sertifikatnya melalui salah satu dari dua cara diatas, selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya