Cara Mudah Membuat Grafik di Microsoft Excel

0

Membuat grafik tentunya harus menggunakan suatu aplikasi. Aplikasi yang lumrah digunakan di komputer, laptop atau bahkan di ponsel yaitu Microsoft Excel. Banyak sekali jenis-jenis grafik yang tersedia di Microsoft Excel

Bagi kalian yang pekerja kantoran dan setiap harinya berkutat di layar laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya grafik. Grafik adalah kumpulan data dari beberapa tabel yang akan disajikan atau ditampilkan dalam bentuk gambar, seperti persegi, lingkaran, tabung, segititga, balok, kerucut, dan lain-lain.

Grafik biasanya digunakan untuk membuat suatu objek visualisasi dari data-data pada tabel dengan tujuan dapat memberikan informasi mengenai suatu data dari penyaji materi kepada penerima materi. Dengan adanya grafik, pembaca akan lebih mudah dalam membaca dan memahami data numerik.

Jenis Grafik di Ms. Excel

ads by posciety

Membuat grafik tentunya harus menggunakan suatu aplikasi. Aplikasi yang lumrah digunakan di komputer, laptop atau bahkan di ponsel yaitu Microsoft Excel. Banyak sekali jenis-jenis grafik yang tersedia di Microsoft Excel, yaitu seperti:

Column Chart

Column chart atau grafik kolom menyajikan kategori data dalam kolom atau baris di sepanjang sumbu horizontal dan kategori nilai di sepanjang sumbu vertikal. Column chart digunakan untuk membandingkan nilai lintas kategori dengan menggunakan batang vertikal. Oleh karena itu, Column Chart sering disebut juga sebagai Diagram Batang.

Line Chart

Line chart atau grafik garis merupakan salah satu jenis bagan yang paling sering digunakan. Line chart atau grafik garis menampilkan data yang didistribusikan secara merata di sepanjang sumbu horizontal dan semua data nilai didistribusikan merata di sepanjang sumbu vertikal.

Line chart digunakan untuk menampilkan tren dari waktu ke waktu. Gunakan diagram garis apabila kaliian memiliki label teks, tanggal, atau beberapa label numerik pada sumbu horizontal.

Pie Chart

Pie chart adalah grafik yang berbentuk diagram lingkaran (kue) dan menunjukkan nilai data dalam bentuk bagian (persentase). Pie chart digunakan untuk menampilkan kontribusi setiap nilai (slice) ke total (pie). Pie chart selalu menggunakan satu seri data.

Bar Chart

Bar chart adalah grafik dengan bentuk diagram batang yang mengarah ke samping dan digunakan untuk mengilustrasikan perbandingan di antara item-item individual. Dalam grafik bar, kategori diatur sepanjang sumbu vertikal dan nilai (value) diatur di sepanjang sumbu horizontal. Gunakan diagram ini jika kalian memiliki label teks besar.

Area Chart

Area chart adalah grafik yang digunakan untuk menganalisa alur perubahan data dari waktu ke waktu. Sedangkan bagan area pada grafik itu berfungsi menunjukkan hubungan bagian-bagian secara keseluruhan. Gunakan bagian area bertumpuk untuk menampilkan kontribusi dari setiap nilai ke total dari waktu ke waktu.

Surface Chart

Surface chart merupakan grafik dengan bentuk 3D dan permukaannya berguna saat kalian ingin menemukan kombinasi optimal antara dua kumpulan data. Seperti pada peta topografi, warna dan pola menunjukkan area yang berada dalam kisaran nilai yang sama.

Itulah beberapa grafik/ chart yang sering digunakan oleh banyak orang. Lalu, bagaimana cara membuat grafik di Microsoft Excel dengan mudah dan bisa langsung dipahami? Berikut ini penjelasannya.

Membuat Grafik di Microsoft Excel

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah memilih data yang akan kalian ubah menjadi grafik. Usahakan data tersebut sudah berbentuk tabel di Microsoft Excel sehingga dengan mudah dikonversi menjadi sebuah grafik.

Block data yang ingin kalian gunakan dalam grafik dengan mengklik dan menyeret kursor melintasi cell dengan data-data tersebut.

Setelah memilih data yang akan diubah ke dalam grafik, pilihlah menu Insert yang ada di menu toolbar pada bagian kiri atas. Di dalam menu Insert, kalian akan menemukan beberapa jenis grafik yang terdapat di menu Reccomended Charts.

Jika kalian memilih menu Recommended Chart, nantinya akan muncul halaman pop-up dengan berbagai pilihan grafik. Untuk melihat pilihan grafik secara lengkap, kalian dapat memilih menu All Charts. Selanjutnya, akan muncul semua jenis grafik yang ada di Microsoft Excel yang bisa kalian pilih.

Selain itu, kalian juga bisa memilih berbagai macam bentuk atau style dari masing-masing jenis grafik. Bisa kalian lihat pada contoh gambar di atas terdapat berbagai macam style dari jenis column.

Setelah memilih grafik yang diinginkan, grafik tersebut akan muncul di worksheet dalam posisi sembarang dan terkadang menghalangi data tabel. Oleh karena itu, kalian geser dan rapikan posisi grafik tersebut agar tidak menghalangi data sebelumnya. Agar grafik tersebut rapi, kalian bisa mengatur ukuran grafik tersebut sesuai dengan ukuran yang kalian butuhkan.

Untuk menggeser grafik, kalian cukup mengklik grafik, tahan (jangan dulu dilepas kursornya) tersebut, terus seret ke posisi yang pas. Untuk mengubah ukuran grafik, kalian aarahkan kursor ke bagian sudut grafik, lalu kallian ubah ukuran grafik tersebut, mau besar atau kecil.

Jika kalian ingin mengubah nama grafik tersebut, kalian cukkup mengklik di bagian Chart Title lalu ketikkan judul grafik kalian.

Selain mengubah tabel menjadi grafik, kalian juga bisa mengubah elemen yang ada di dalam grafik, baik itu menambah elemennya ataupun mengurangi elemen di dalamnya. yaitu dengan cara berikut:

Cukup dengan klik tanda ‘+’, kalian bisa menambah atau mengurangi elemen yang ada di dalam grafik. Elemen yang ada di dalam grafik yaitu berupa garis trendline,axis title (judul data yang di pinggir), garis yang ada di belakang grafik (gridlines), dan lain-lain. Kalian bisa menambah atau mengurangi elemen yang ada di dalam grafik dengan cara mencentang kotak yang ada di pilihan menu Chart Elements.

Selain mengubah elemen (unsur) di dalam tabel, kalian juga bisa memilih style dan warna grafik dengan cara mengklik tanda kuas yang berada di bawah ikon ‘+’. Nanti akan muncul beberapa macam type atau style grafik yang bisa kalian pilih sesuai dengan keinginan kalian. Kalian cukup klik grafik yang diinginkan, lalu keluar dari menu, otomatis grafik tersebut berubah sesuai dengan pilihan kalian.

Sedangkan untuk mengubah warna grafik, kalian klik menu Color.

Selain mengubah gambar grafik, warna grafik, dan menambah/ mengurangi elemen data di dalam grafik, kalian juga bisa menghilangkan value grafik tersebut. Misalkan kalian ingin menghilangkan data di bulan Januari dan data penjualan target di tahun 2020, kalian klik menu Chart Filter yang berada di paling bawah, nanti akan muncul kolom Values. Di kolom Values, kalian hilangkan centang (dengan cara mengklik kotak yang dimaksud) di bulan Januari dan juga hilangkan centang di data penjualan target 2020.

Lalu, kalian klik Apply dan hasilnya akan seperti gambar di bawah.

Setelah kalian selesai mengedit dan merapikan grafik, jangan lupa untuk disimpan data tersebut di data D agar tidak hilang! Sekian tutorial cara membuat grafik dengan mudah. For your information, Microsoft Excel yang saya gunakan yaitu Microsoft Excel 2019, jadi mungkin akan berbeda dengan tutorial pada umumnya.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya