5 Langkah Mudah Membuat Toko Online di Instagram

0

Tahukah kamu? Instagram adalah salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Karena hal ini juga, Instagram menjadi salah satu yang paling menguntungkan untuk bisnis dari semua skala. Jutaan bisnis menggunakan Instagram untuk terhubung dengan lebih dari satu miliar pengguna, menggabungkan iklan, fitur belanja dalam aplikasi, dan pemasaran influencer untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat brand mereka. Nah, artikel ini hadir untuk memecah 5 langkah membuat toko online di Instagram yang bisa kamu ikuti:

1. Buat Toko Online

Ini adalah hal pertama jika kamu ingin berjualan di Instagram, kamu memerlukan toko online tempatmu menjual barang. Perlu dijelaskan di sini bahwa Instagram bukanlah toko, melainkan etalase toko–tempat untuk memamerkan produkmu dan menarik perhatian calon pembeli.

ads by posciety

Platform seperti WordPress dimana kamu bisa menggunakan plugin woocommerce sangat bagus untuk mulai membuat toko online-mu. Semua ini memungkinkanmu untuk terhubung ke Instagram dan menjual di sana.

Jangan menganggap ini mudah untuk melewatkannya. Semakin teliti kamu di sini, semakin mudah segala sesuatunya. Daftar produk yang jelas, terorganisir, deskriptif adalah dasar dari penjualan online. Melakukannya dengan benar memungkinkan mu untuk fokus pada Instagram dan saluran pemasaran selanjutnya.

2. Siapkan Akun Bisnis Instagram

Selamat–kamu sudah memiliki toko online! Sekarang kamu memerlukan akun bisnis Instagram untuk menghubungkannya. Ini adalah cara bagaimana kamu dapat mengirim pengguna Instagram ke produkmu. Ini sangat mudah (dan gratis). Secara sederhana seperti ini:

  • Buka profil mu
  • Klik 3 garis di pojok kanan atas
  • Klik Pengaturan
  • Klik Akun
  • Klik Beralih ke Akun Profesional
  • Klik Bisnis
img: websitebuilderexpert

3. Siapkan Akun Facebook Shop

Buat akun Facebook shop-mu, proses penyiapannya sederhana. Untuk memulai, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka business.facebook.com/create dan pilih Buat Akun
  • Masukkan namamu dan konfirmasi identitasmu dengan kredensial masuk Facebook
  • Ikuti instruksi yang muncul untuk membuat akun bisnismu

4. Tautkan Toko Online-mu

Setelah kamu memiliki toko online dan akun bisnis Instagram, yang selanjutnya hanyalah menautkannya. Kemudian kamu bisa mulai menjual.

Di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah untuk menghubungkan toko online WordPress dengan Instagram Shop. Harap diingat, bahwa terlebih dahulu kamu sudah menginstall Woocommerce versi terbaru. Kemudian ikuti langkah ini:

  • Beli Ekstensi Woocommerce Instagram
  • Unduh, instal, dan aktifkan plugin di toko WooCommerce-mu
  • Buka WooCommerce > Pengaturan > Integrasi > Instagram dan hubungkan tokomu ke Instagram

Toko mu sudah terhubung. Selesai. Enjoy!

5. Buat Postingan Produk yang Dapat Dibeli

Postingan produk yang dapat dibeli telah menarik perhatian sejak ditambahkan ke platform pada tahun 2018. Postingan tersebut memungkinkanmu untuk menandai produk di postinganmu, seperti halnya kamu menandai orang. Jika pengguna tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang suatu produk, mereka cukup meng-kliknya untuk detail lebih lanjut.

Fitur ini sangat cocok untuk sektor visual mode, desain interior, semacamnya. Postingan ini dapat menampilkan brand mu sambil memandu pengguna ke produkmu. IKEA, misalnya, membagikan postingan yang menjadi sumber inspirasi desain ruangan.

img: websitebuilderexpert

Adapun cara membuat postingan produk yang dapat dibeli, hampir sama dengan postingan biasa. Kamu hanya perlu menandai produk, bukan orang. Namun, ingatlah bahwa saat ini kamu tidak dapat menandai produk dan orang dalam satu post. Karena keduanya adalah tipe yang berbeda.

Ini adalah alasan besar mengapa mengatur toko online-mu sangat penting. Instagram adalah media visual yang dinamis, tetapi ketika orang mengklik produk yang mereka sukai tampilannya, mereka perlu menemukan informasi yang baik. Di sinilah keterampilan menulis atau copywriting yang kamu miliki akan sangat berguna untuk mengkonversi pengunjung menjadi pembeli atau pelanggan.

Jangan lupa, keterlibatan story Instagram juga sangat penting, karena akan menaikkan engagement. Story memberikan ruang yang lebih intim untuk berinteraksi dengan follower-mu. Karena story akan “kadaluarsa” dalam 24 jam, maka otomatis ini juga memiliki rasa urgensi yang tidak dimiliki postingan.

Instagram kini semakin mendukung pebisnis online. Contohnya, tidak ada yang lebih baik dari Instagram Shops, yang memungkinkanmu untuk menyiapkan etalase khusus yang terpisah dari postingan lainnya.

Fitur ini telah berjalan sejak diluncurkan pada Mei 2020. Sebagian besar dibuat sebagai tanggapan terhadap ketegangan pandemi COVID, yang mana masyarakat tidak memungkinkan untuk berbelanja secara langsung. Lebih banyak opsi checkout diluncurkan setiap minggunya, dengan platform seperti Shopify dan BigCommerce meningkatkan integrasi mereka secara berkala.

Instagram adalah tempat bagi para follower untuk menelusuri produkmu dengan kesederhanaan sistem yang bagus untuk penjual dan pembeli. Sebuah pemasaran digital yang kini menjadi “terlalu pintar”.

Itulah 5 langkah membuat toko online di Instagram. Apakah kamu sudah mencobanya? Jika sudah, bagaimana pengalamanmu memakai Instagram Shop untuk berjualan online? Adakah tips lainnya yang bermanfaat untuk dibagikan kepada pembaca? Share di komen, ya!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya