2 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Lemot Parah

0

Pernah ga sih kamu lagi main laptop terus tiba-tiba kamu mendapatkan laptop kamu lemot banget? Jika pernah mungkin saja laptop kamu penuh dengan file-file sampah atau yang lebih sering dikenal sebagai file cache.

File cache adalah sebuah file yang berfungsi untuk menyimpan data-data yang telah diakses sebelumnya. Dengan tersimpannya data ini, maka akses ke dalam suatu tempat di komputer akan menjadi lebih cepat. Misalnya seperti cache aplikasi Adobe yang membuat disk menjadi penuh.

File–file ini biasanya memiliki ukuran yang kecil-kecil. Meskipun kecil, file cache ini akan terus tersimpan, semakin banyak, menumpuk, hingga akhirnya memenuhi kapasitas harddisk dalam jangka waktu yang panjang, hal itulah yang terkadang membuat performa sebuah komputer atau laptop menjadi menurun.

ads by posciety

Untuk itu kamu harus rutin membersihkan file–file cache tersebut, agar kapasitas hard disk komputer bisa menampung lebih banyak data lainnya dan agar laptop atau komputer kamu tidak menjadi lemot. Terdapat 2 cara mudah untuk menghapus file-file cache, diantaranya adalah:

1. Menghapusnya di Folder Temp

Cara ini kamu akan menggunakan fitur Run. Fitur ini berfungsi untuk membuka suatu aplikasi atau folder dengan cara memasukkan nama atau kode dari aplikasi tersebut. Untuk menghapus file cachce, kamu perlu memasukkan kata kunci “%temp%” pada menu Run. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan buka menu Run dengan menggunkan (Windows+Run), lalu ketikkan %temp% pada kolom yang tersedia, lalu klik Ok

2. Kamu akan diarahkan dimana semua folder file cache kamu tersimpan

3. Silahkan hapus semua file sampah tersebut

Yang kamu hapus itu adalah folder & file temporary atau sifatnya sementara, kini laptop atau komputer kamu sudah bebas dari file-file cahce. Untuk cara kedua, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

2. Menghapusnya dengan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah cara yang paling sering digunakan untuk membersihkan file cache. Karena di dalam Disk Cleanup, kamu bisa menghapus semua file-file sampah. Berbeda dengan menghapus melalui temp, dimana terkadang ada file-file yang tidak bisa dihapus. Namun, melalui Disk Cleanup kamu bisa menghapus file-file tersebut sehingga cara ini lebih efektif daripada cara nomor 1 diatas. Untuk caranya juga cukup mudah:

1. Pertama-tama, silahkan buka Windows Explorer, lalu pilih This PC, lalu pada disk Windows (C:) silahkan klik kanan, lalu klik Properties

2. Lalu silahkan klik Disk Cleanup

3. Silahkan tunggu hingga proses scanning selesai

4. Jika proses scanning sudah selesai, kamu akan diperlihatkan file-file mana saja yang terdapat cache. Silahkan pilih sesuai pilihan kamu, kamu juga bisa melihat total ukuran yang bisa kamu hapus pada bagian Total amount of disk space you gain:. Jika sudah klik Ok

5. Selanjutnya kamu akan ditanyakan, apakah kamu yakin mau menghapus file tersebut secara permanen, silahkan klik Delete File

6. Dan tunggu hingga proses selesai.

Selamat! Kini kamu sudah menghapus file-file cache yang terdapat di laptop atau komputer kamu. Dengan menghapus file cache, kamu bisa memberikan ruang untuk hard disk kamu dan membuat performa laptop atau komputer kamu tetap stabil, tidak menurun yang menyebabkan lemot.

Note: Semua cara ini aman untuk dilakukan, dan tidak akan menghapus file-file utama kamu. Karena yang terhapus hanya file-file cache atau file sampah.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya