Cara Mudah Mengganti Ikon Folder di PC / Laptop

0

Di era saat ini kebutuhan akan teknologi dan informasi menjadi sangat penting. Salah satu contohnya penggunaan komputer, dulu yang mempunyai komputer hanya lah orang-orang tertentu saja, karena pada saat itu harga dari komputer sendiri sangat tinggi dan penggunaannya masih terbatas untuk beberapa kebutuhan saja.

Namun sekarang dengan perkembangan teknologi, membuat komputer memiliki banyak kegunaannya seperti bagi pelajar dan mahasiswa bisa menggunakan komputer untuk belajar, bagi guru dan dosen menggunakan komputer untuk bahan ajaran, serta bagi beberapa profesi lain yang bisa menggunakan komputer untuk mendukung pekerjaan mereka.

Selain itu, kini harga dari komputer juga sudah mulai terjangkau. Mulai dari yang murah hingga yang mahal. Dengan perkembangan teknologi muncullah komputer versi kecil yang dinamakan laptop. Laptop ini memiliki mobilitas yang lebih cepat dari komputer dan dari harga pun lebih terjangkau. Laptop memiliki cara kerja yang sama dengan komputer, bedanya kamu bisa membawanya kemana-mana berbeda dengan komputer yang harus terhubung dengan listrik dan memakan banyak tempat.

ads by posciety

Di laptop kamu bisa mengakses internet, membuat dan mengolah dokumen, bermain game, menyimpan dokumen dan ada banyak lagi kegunaannya. Nah khusus untuk menyimpan dokumen biasanya kamu harus membuat sebuah folder di penyimpanan, agar lebih rapi dan mudah ditemukan. Jika tidak dibuatkan folder, kamu harus mencarinya satu per satu dokumen.

Namun, kamu suka bosan ga sih dengan tampilan dari ikon folder yang begitu saja? biasanya ikonnya akan default berbentuk sebuah map cokelat. Terkadang ketika mencari file terasa membingungkan bila folder sudah terlampau banyak. Nah ternyata ada cara rahasia agar kamu bisa merubah ikon dari foldernya loh. Cara ini sebenarnya sudah lama ada, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui cara rahasia ini. Karena cara untuk merubah ikon folder ini tersembunyi di balik info dari folder itu sendiri.

Sejak Windows Vista hingga Windows 10 saat ini template ikon folder ini tidak berubah, hal itulah yang terkadang membuat kita merasa bosan melihat ikon folder yang itu-itu saja. Untungnya Windows memperbolehkan kita untuk merubah ikon tersebut agar kita tidak merasa bosan jika melihat ikon folder yang itu-itu saja.

Untuk bisa merubah ikon dari folder ini, kamu tidak memerlukan tambahan aplikasi apapun, karena ini merupakan cara resmi yang diberikan oleh Windows untuk kamu bisa merubah ataupun mengganti ikon folder. Dan kamu tidak perlu khawatir laptop ataupun PC akan mengalami masalah jika merubah ikon, karena cara ini sangat aman untuk digunakan.

Terdapat dua manfaat yang bisa kamu dapatkan jika merubah ataupun mengganti ikon dari folder, diantaranya adalah dengan merubah ikon folder kamu bisa memperindah tampilan folder kamu, dengan berbagai macam ikon yang unik.

Selain untuk memperindah tampilan folder, dengan mengganti ikon folder bisa membuat tampilan folder kamu rapih dan mudah bisa mencarinya, misal untuk folder musik, kamu bisa merubah ikonnya menjadi ikon musik. Atau untuk folder foto, kamu bisa merubah ikonnya menjadi ikon foto. Jadi ketika kamu ingin mendengarkan musik ataupun membukanya, kamu bisa mencari ikon musik untuk menemukan foldernya. Begitupula dengan foto, jika ingin membuka folder foto, cukup mencari ikon foto.

Nah buat kamu yang belum tahu caranya, berikut kami berikan langkah-langkah mudahnya, cara ini bisa kamu lakukan di laptop atau PC kamu, diantaranya adalah:

1. Pertama-tama silahkan ke folder yang ingin kamu rubah ikonnya

2. Lalu klik kanan pada folder tersebut. Lalu pilih Properties yang berada dibawah

3. Lalu pilih Customize

4. Lalu dibawah pilih Change Ikon

5. Tersedia ikon-ikon yang bisa kamu pilih, silahkan pilih sesuai keinginan kamu. Jika sudah pilih Ok

6. Lalu pilih Apply, setelah itu pilih Ok

7. Maka sekarang kamu bisa melihat ikon dari folder tersebut sudah berubah.

Nah itulah cara mudah merubah ikon folder di laptop ataupun PC. Sangat mudah bukan? Jika kamu merasa bosan dengan tampilan default dari ikon folder yang begitu saja, kamu bisa merubahnya dengan menggunakan cara mudah yang satu ini. Jika ingin mencobanya, selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya