Cara Mudah Merekam Layar Laptop Tanpa Harus Install Aplikasi Screen Recorder

0

Selain untuk merekam game, Xbox Game Bar juga bisa digunakan oleh kamu jika ingin merekam layar di aplikasi-aplikasi lainnya di laptop atau PC kamu. Atau mungkin jika kamu seorang konten kreator YouTube dengan konten video tutorial, maka Xbox Game Bar ini akan sangat membantu pekerjaan kamu.

Jika dulu ketika kita ingin merekam layar di laptop atau PC, kita membutuhkan sebuah aplikasi pihak ketiga agar kita bisa merekam layar laptop kita. Menggunakan aplikasi pihak ketiga cukup riskan karena dikhawatirkan didalam aplikasi tersebut tertanam virus yang bisa menyerang data-data di laptop atau PC kamu. Selain itu, menggunakan aplikasi pihak ketiga akan membuat laptop atau PC kamu bisa menjadi lemot, karena akan memakan ruang penyimpanan dan memory RAM dari laptop atau PC kamu.

Namun, kini Microsoft memudahkan penggunanya untuk merekam layar di laptop mereka tanpa bantuan aplikasi apapun. Cara ini bisa dilakukan jika kamu menggunakan laptop ataupun PC dengan OS Windows 10.

Di dalam Windows 10, ada sebuah fitur yang dinamakan Xbox Game Bar. Didalam fitur ini memungkinkan kamu untuk merekam layar di laptop atau komputer tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga. Xbox Game Bar merupakan salah satu bagian dari Game DVR yang merupakan fitur baru dari Xbox di Windows 10. Perlu diketahui, Operating System Windows dan game konsol Xbox merupakan bagian dari Microsoft.

ads by posciety

Microsoft ingin kedua bagian tersebut bisa terintegrasi di satu perangkat, maka dibuatkan lah fitur dari game konsol Xbox, yakni Xbox Game Bar di perangkat Laptop ataupun PC yang menggunakan OS Windows 10. Sepertinya namanya Game Bar, awalnya fitur ini dihadirkan agar para gamers atau konten kreator YouTube bisa merekam game yang sedang ia mainkan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, namun sekarang fitur ini tidak hanya untuk merekam game, melainkan mereka layar aplikasi-aplikasi lainnya di laptop atau PC.

Selain merekam layar, lewat Xbox Game Bar ini kamu bisa melakukan screenshot. Cara merekamnya pun cukup mudah dan pastinya aman dari serangan virus dan tidak memakan ruang penyimpanan yang besar. Selain itu, kualitas video yang dihasilkan pun cukup jelas.

Jika kamu seorang konten kreator game di YouTube ataupun platform lain, kamu bisa merekam game yang kamu mainkan. Xbox Game Bar juga menyediakan fitur microphone yang memungkinkan suara kamu akan terekam bersama dengan videonya.

Selain untuk merekam game, Xbox Game Bar juga bisa digunakan oleh kamu jika ingin merekam layar di aplikasi-aplikasi lainnya di laptop atau PC kamu. Atau mungkin jika kamu seorang konten kreator YouTube dengan konten video tutorial, maka Xbox Game Bar ini akan sangat membantu pekerjaan kamu, karena kamu bisa merekam layar untuk video tutorial kamu menggunakan Xbox Game Bar ini.

Cukup menarik bukan? Dalam artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah mudah menggunakan fitur Xbox Game Bar ini, pastikan kamu sudah menggunakan OS Windows 10 di laptop atau PC kamu.

1. Pertama-tama kamu harus pastikan fitur Xbox Game Bar ini aktif, caranya pertama silahkan masuk ke Setting atau Pengaturan, dengan klik logo Windows lalu pilih ikon Setting

2. Lalu masuk ke menu Gaming

3. Lalu pilih Game Bar, dan pastikan Game Bar tersebut aktif

4. Jika sudah aktif, silahkan keluar dari Setting, lalu masuk ke aplikasi atau game yang ingin kamu rekam, lalu di keyboard tekan kombinasi Windows+G. Lalu akan muncul tampilan dari Xbox Game Bar, pilih ikon merekam yang berada di menu atas baris ke-4.

5. Lalu disebelah kiri akan muncul tampilan rekaman, untuk melakukan tangkapan layar atau Screenshot kamu bisa klik ikon kamera. Jika ingin merekam layar kamu bisa klik ikon merekam (o), dan jika kamu ingin menyalakan microphone, silahkan aktifkan dengan klik ikon microphone

6. Dibawah tampilan rekaman, kamu juga bisa menentukan besarnya volume suara dari laptop ataupun suara microphone kamu, serta melihat performa dari laptop atau PC kamu. Mengingat jika kamu melakukan screen recording, maka kamu akan membutuhkan RAM yang cukup agar bisa berjalan dengan baik tanpa ngelag.

7. Jika kamu sudah menekan ikon merekam, maka disebelah kanan layar akan muncul waktu kamu merekam, jika ingin menyudahi rekaman, silahkan klik ikon stop (ikon kotak). Secara otomatis video yang kamu rekam sudah tersimpan

8. Untuk melihatnya, kamu bisa masuk ke folder Videos, lalu pilih sub folder Captures

Gimana, cukup mudah bukan? Sekarang kamu tidak perlu ribet lagi memasang aplikasi perekam layar jika ingin merekam layar laptop atau PC kamu. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya