Cara Mudah Translate Dokumen Menggunakan Google Docs

0

Google Dokumen atau bisa disebut juga Google Docs merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Google kepada penggunanya secara gratis. Google Docs memiliki fungsi sebagai alat ataupun media bagi orang yang ingin menulis ataupun mengedit dokumen. Google Docs ini merupakan bagian dari Google Drive selain Google Sheets dan Google Slides.

Selain itu, karena  bagian dari Google Drive, Google Docs ini juga secara otomatis terintegrasi dengan akun Google kamu, jadi kamu bisa menulis ataupun mengedit dokumen kamu di perangkat mana saja, bisa menggunakan handphone maupun PC, asalkan kamu hafal akun Google kamu dan kata sandinya.

Secara garis besar Google Docs memiliki fungsi yang hampir sama dengan produk dari Microsoft Office yakni Microsoft Word. Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Google Docs namun tidak dimiliki oleh Microsoft Word. Salah satunya adalah fitur menerjemahkan atau translate dokumen, hal ini sangat berguna bagi kamu yang masih sekolah ataupun kuliah, ketika ingin menerjemahkan dokumen dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya.

Jika menggunakan Google Translate biasa, kamu tidak bisa menerjemahkan seluruh kata dalam satu dokumen, karena dalam Google Translate terdapat maksimal kata yang bisa di translate, Google Docs hadir untuk memudahkan kamu, karena lewat fitur satu ini, kamu bisa translate seluruh kata dalam satu dokumen tanpa batasan dan bisa memilih format file.

Lalu bagaimana sih cara mudah translate dokumen menggunakan Google Docs ini? Berikut kami jelaskan langkah-langkah translate dokumen menggunakan Google Docs yang pastinya mudah dan praktis.

1. Pertama-tama, kamu harus upload dokumen yang ingin kamu terjemahkan di Google Drive kamu. Pastikan kamu sudah login akun Google kamu di browser tersebut. Ketika sudah terbuka Google Drive, silahkan pilih tulisan “Baru”, lalu pilih upload file

2. Ketika sudah upload dokumen, silahkan klik kanan di dokumen tersebut, dan pilih “Buka Dengan”, lalu pilih “Google Dokumen”

3. Ketika sudah masuk di Google Docs, pilih menu “Alat”, lalu pilih “Terjemahkan Dokumen”

4. Pilih bahasa yang kamu inginkan, di Google Dokumen ini sudah terdapat puluhan bahasa di dunia yang bisa kamu terjemahkan, jika sudah memilih bahasa, pilih “Terjemahkan”

5. Jika sudah diterjemahkan, kamu bisa mengedit dokumennya terlebih dahulu, atau kamu bisa langsung menyimpannya dengan memilih menu “File”, lalu pilih “Download”, silahkan pilih format file yang kamu inginkan.

6. Jika sudah maka browser akan mengunduh file dokumen tersebut. Jika sudah selesai mengunduh, silahkan cek file tersebut di tempat kamu menyimpan file unduhan tersebut. Dan selamat kamu telah berhasil translate dokumen menggunakan Google Docs.

Gimana, mudah dan praktis kan? Jika kamu mendapatkan tugas sekolah ataupun kuliah yang mengharuskan kamu untuk menerjemahkan dokumen, kamu bisa banget menggunakan fitur dari Google ini. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya