3 Langkah Mudah untuk Menghasilkan Uang dengan Berbagi Ilmu (Kursus Online)

0

Membuat dan menjual kursus online untuk menghasilkan uang adalah salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan signifikan baru-baru ini. Dilansir dari blog penyedia kursus online, iSpring, permintaan akan kursus sedang sangat tinggi, dan akan terus berkembang: pada tahun 2026, pasar eLearning global diperkirakan akan mencapai $375 miliar dari sebelumnya, kurang dari $200 miliar pada tahun 2019.

Faktanya, pasar penjualan kursus sangat besar dan ada pembeli yang “lapar” di luar sana yang mencari kursus berkualitas untuk meningkatkan keterampilan mereka sehingga mereka dapat unggul dalam karir dan pengembangan pribadi mereka.

Panduan ini akan menunjukkan cara menghasilkan uang dengan menjual kursus online dari awal. Jika kamu baru mengenal semua ini dan tidak tahu harus mulai dari mana, panduan yang dapat dicoba ini cocok untuk mu. Langsung saja kita pelajari 3 langkah mudah menghasilkan uang dengan menjual kursus online berikut ini:

ads by posciety

Buat kursus online

img: fulltimenomad

Keberhasilan bisnismu bergantung pada konten–itu adalah produk inti dan harus bernilai dan berguna. Pengembangan kursus dimulai dengan mengidentifikasi keahlian khusus di bidangmu. Untuk melakukan ini, tentukan masalah yang dihadapi audiens target mu. Tanyakan pada diri mu, masalah apa yang akan diselesaikan oleh kursus mu?

Kamu bisa membuat kursus online kamu sendiri menggunakan WordPress atau membuka kursus online di kumpulan situs web kursus online yang sudah ada.

Mari kita asumsikan kamu berada di bidang layanan pelanggan dan tertarik untuk membuat kursus dalam manajemen kesuksesan pelanggan. Kamu dapat mulai dengan melihat kursus yang ada di bidang ini (sebaiknya lihat apa yang terlaris) dan melihat apa yang kurang dari penyedia kursus lain.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan topik dan konten kursus mu adalah dengan memeriksa:

  • Topik dan masalah yang sedang tren di bidang mu
  • Wawancara dan survei pelajar
  • Tren Google
  • Menanyakan kepada Ahli di bidang itu

Setelah memutuskan area topik kurss, saatnya untuk membuat kursus mu yang melibatkan outline, penulisan konten, pengumpulan visual dan media, perekaman, pengeditan, dan banyak lagi. Kamu dapat membuat kursus mu langsung di platform penjualan menggunakan alat pengeditan mereka atau kamu bisa membuat kursus mu di WordPress.

Pilih Platform Penjualan

img: insidehighered

Platform penjualan kursus membantu mu menyelenggarakan, menyampaikan, dan menjual kursus mu kepada pengguna dengan mulus dan mengelola semuanya mulai dari membangun kursus hingga pemasaran, pemrosesan pembayaran, dan banyak lagi.

Selain kamu bisa menjualnya langsung di situs WordPress mu, ada juga beberapa platform penjualan di luar sana yang bisa dipilih. Tiga yang populer adalah iSpring Market, Udemy, dan Thinkific.

Jika kamu masih tidak yakin platform penjualan mana yang harus dipilih, dengan menjawab pertanyaan berikut akan membantu mu membuat keputusan yang tepat:

  • Apakah kamu ingin meluncurkan kursus SECEPATNYA atau apakah kamu siap untuk menginvestasikan lebih banyak waktu dalam cara menangani platform yang kompleks dan mendapatkan situs untuk pasar yang sangat disesuaikan?
  • Apakah kamu akan membuat kursus interaktif yang menarik atau menyusun kursus sederhana dari teks dan grafik langsung di platform?
  • Apakah kamu sudah memiliki situs web dan ingin mengintegrasikannya dengan pasar mu untuk pengalaman belajar siswa yang lebih lancar?
  • Apakah kamu memerlukan akses ke alat penjualan untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan … prospek?
  • Apakah kamu ingin mendapatkan semua detail tentang aktivitas belajar pengguna untuk melihat bagaimana mereka menyukai kursus mu dan apakah itu nanti harus ditingkatkan?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu boleh memeriksa platform mana yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan mu. Kamu tinggal mendaftar di platform pilihan mu, lalu mulai menyalin dan menyusun kursus online mu di sana.

Promosikan Kursusmu

img: deftfino

Kamu harus mempromosikan kursus mu dengan giat. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk memasarkan kursus mu agar mulai menghasilkan uang dengan cepat.

  • Buat blog

Jika kamu tidak memiliki blog, buatlah–menggunakan platform WordPress, misalnya. Ini membantu mu menghasilkan banyak lalu lintas bertarget dan membangun reputasi mu.

Setelah situs mu aktif dan berjalan, mulailah menerbitkan artikel yang dioptimalkan untuk SEO yang terkait dengan topik kursus mu. Kamu akan segera mulai menerima lalu lintas organik dari Google ke blog mu. Setelah kamu mendapatkan kunjungan, pemasaran kursus mu akan menjadi hal yang mudah–setiap orang yang membaca posting mu adalah calon siswa.

Bagian terpenting di sini adalah kamu perlu menyediakan konten yang sangat membantu dan membuat posting mu secara teratur. Lihat bagaimana Scoro.com meningkatkan traffic blognya dari 1,6K menjadi 31K+ per bulan dengan memublikasikan konten berkualitas.

  • Buat list email

Pemasaran email memiliki ROI tertinggi di antara semua saluran promosi, karena ini sangat dipersonalisasi dan tidak mengganggu.

Daftar email mu adalah sumber penjualan terbesar. Kamu perlu mengumpulkan alamat email pengguna agar kamu dapat terhubung dan membangun relasi. Ada berbagai cara untuk melakukan ini melalui blog mu, situs jejaring sosial, dan media lainnya.

Salah satu cara tercepat adalah dengan menawarkan kursus mu secara gratis untuk jangka waktu terbatas. Ini akan menciptakan buzz dan pemasaran dari mulut ke mulut yang akan banyak membantu mu. Ini adalah teknik yang digunakan Omar John. Dia membuat kursus iOS 7-nya gratis dan memperoleh 60 ribu pelanggan dalam 2 hari. Bagaimana? Kursus gratisnya tersebar di seluruh Internet dan dibagikan oleh setiap forum dan blog utama. Kemudian, Omar menawarkan versi yang terlengkap dari kursusnya kepada pelanggannya dan satu email menghasilkan $700K. Itulah gambaran seberapa kuat list email mu.

  • Manfaatkan media sosial

Media sosial adalah sumber lalu lintas terbesar karena ada lebih dari 3,81 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Kamu dapat terhubung dengan audiens target mu dengan mudah melalui situs jejaring sosial terbesar seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Cukup buat akun, posting secara teratur, atau bagikan posting blog terbaru mu, dan libatkan audiens mu.

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah mengarahkan pengguna tertarget ke kursus mu melalui iklan media sosial. Kira-kira hanya dengan hanya $5 per-hari, kamu dapat menjalankan iklan di Facebook dan Instagram untuk mempromosikan kursus mu.

Nah, itu tadi 3 langkah menghasilkan uang dengan menjual kursus online yang bisa langsung kamu coba sekarang. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya