NoIndex Media Dengan All In One SEO Plugin (XML Sitemap)

Arahkan Pengunjung ke Artikel, Bukan ke Gambar

Kalian tentunya sering mengalami masalah yang mengganggu trafik postingan kalian seperti media baik itu gambar, audio ataupun yang lainnya malah terindex di search engine. Hal ini tentu mengganggu trafik postingan kita sendiri.

Terkadang peringkat postingan kita kalah trafiknya dengan gambar atau media yang ada didalamnya. Sedangkan kita tidak ingin gambar ini terindex oleh mesin pencari, yang kita mau hanya postingan saja yang terindex.

Nah, disini saya bagikan caranya mudah sekali. Disini saya mencontohkan dengan plugin All in One SEO pada WordPress. Misalnya kalian mencari postingan kalian yang berjudul “Bagaimana Cara Verifikasi Akun Instagram“, yang muncul tidak hanya postingan kalian tapi dibawahnya atau diatasnya terindex juga gambar yang ada didalam postingan tersebut. Misalnya seperti ini (lihat gambar).

Pada gambar tersebut, website www.riobermano.com terdapat postingan yang berjudul “Cara Memindahkan / Transfer Akun YouTube” dan didalamnya tentu terdapat beberapa gambar yang bertujuan untuk menjelaskan cara kerjanya (tutorial). Nah, maka dari itu yang terindex tidak hanya postingannya saja tapi juga gambar (media) yang ada didalam postingan itu.

Pada gambar tersebut juga masih beruntung  karena postingan saya lebih unggul satu baris dibanding gambar yang ter-indexnya. Bagaimana kalo gambar yang terindex lebih unggul dibanding postingannya ? Misalnya gambarnya terdapat di halaman pertama sedangkan postingan berada dihalaman berikutnya tentu hal ini sangat merugikan kita sebagai pemilik website atau pemilik postingan itu.

Kenapa Rugi ?

Karena untuk beberapa pengunjung masih ada yang kurang paham ketika mengklik hasil pencarian yang berupa media, misalnya pada gambar diatas saya klik pada “Cara Transfer Akun YouTube – Rio Bermano (2)” maka akan tampil seperti gambar ini (lihat gambar).

Ketika muncul seperti ini, pengunjung yang tidak mengerti pasti akan langsung tutup (close) tab browser atau website kalian ini karena dianggapnya tidak sesuai dengan apa yang mereka cari, betul ? Kalo pengunjung yang paham bahwa hasil pencarian ini adalah gambar, dia pasti klik link diatas tepat dibawah judul postingan yang menjelaskan bahwa gambar ini diunggah atau di upload pada suatu postingan.

Ketika pengunjung yang tidak paham hal ini dan mereka pergi tentu kita sudah mengalami kerugian ya, pengunjung tersebut tidak sempat berlama-lama di website kita.

Bagaimana cara mengatasi hal ini ?

Silahkan klik plugin All in One SEO nya, masuk ke sub menu “Pengaturan Umum“. Scroll kebawah sampai tab “Pengaturan Noindex“, pada pilihan “Default ke NOINDEX” silahkan centang kotak Media. Artinya, kalian tidak ingin mengindex media pada situs web WordPress kalian ini. Klik tombol Perbarui Pilihan untuk menyimpan perubahan pada plugin ini.

Masih bingung ? Lihat : Video Tutorial Cara No Index Gambar Dengan Plugin All in One SEO.

Proses ini memerlukan beberapa waktu, tidak akan langsung berfungsi. Pada beberapa waktu kedepan media pada situs kalian tetap akan terindex tapi perlahan akan disembunyikan media nya dan tidak akan terindex lagi oleh mesin pencari.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Galuh
Visitor
Galuh

Pantesan hsil pencarian web gue gmbar sma logo smua 😀 wkwkwk

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi