Nonaktifkan Pembaruan Otomatis Aplikasi di Play Store

Matikan Auto Update Aplikasi Android

Secara default, ketika baru menggunakan Play Store atau baru login akun Google di smartphone (+Play Store) itu akan mengatur menu Pembaruan Otomatis Ketika Terhubung WiFi (pembaruan aplikasi yang terpasang pada akun Play Store / smartphone android jika ada pembaruan). Untuk beberapa orang yang ingin mengubah pengaturan Pembaruan Otomatis bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Lebih senang lihat video tutorial dibanding baca tutorial ? Scroll kebawah dan klik pada link video tutorial

Pertama, silahkan buka aplikasi Play Store nya lalu klik menu (icon 3 garis) di ujung kiri atas tepat disamping kotak pencarian maka akan menampilkan profil akun yang login ke Play Store pada HP yang kalian gunakan. Selanjutnya scroll kebawah dan klik menu Setelan / Setting maka akan menampilkan layar Setelan untuk Play Store.

Pada bagian kategori Umum, silahkan klik Perbarui aplikasi secara otomatis. Akan muncul popup kecil pada layar handphone kalian dengan 3 pilihan yaitu:

  • Jangan perbarui aplikasi secara otomatis
    artinya aplikasi yang di install pada smarphone ini tidak akan di update secara otomatis ketika ada pembaruan untuk aplikasi tersebut.
  • Perbarui secara otomatis kapan saja. Mungkin dikenakan biaya data
    artinya secara otomatis akan memperbarui aplikasi yang di install pada HP ini tanpa kompromi, begitu ada pembaruan untuk aplikasi tersebut akan langsung diperbarui. Kuota akan cepat habis.
  • Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi
    artinya aplikas yang di install pada handphone ini akan otomatis di update ketika ada pembaruan untuk aplikasi tersebut. Ini hanya akan berfungsi ketika HP terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Jika tidak terhubung Wi-Fi maka tidak akan ada pembaruan otomatis.

Untuk membatalkannya silahkan klik / sentuh di layar (di luar layar popup tersebut) atau klik tombol Batal dibagian bawah 3 pilihan tadi.

Silahkan pilih dari 3 pilihan tadi mana yang akan kalian gunakan, jika ingin mematikan / nonaktifkan pembaruan otomatis silahkan pilih pilihan pertama tadi. Dengan begitu, pembaruan hanya dapat dilakukan secara manual (kalian perlu membuka aplikasi yang terpasang di Play Store dan klik Update).

Setelah dipilih salah satu pilihan tersebut, silahkan back / kembali ke layar sebelumnya dan kembali lagi ke layar setelan ini untuk memastikan pilihan yang tadi kita pilih sudah berhasil diterapkan.

Tutorial ini saya jelaskan menggunakan android v5.1 Lollipop dan ColoOS v3.0 (OPPO F1 Plus), mungkin pada beberapa versi akan sedikit berbeda cara / peletakkan menu nya. Please keep in mind, langkah yang saya jelaskan tidak akan berbeda jauh dengan versi android lainnya baik yang lama atau versi terbaru.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara nonaktifkan auto update aplikasi android via Play Store.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi