Cara Install CMS WordPress via Softaculous cPanel

Download & Install WordPress - Softaculous

Bicara soal CMS WordPress, hampir semua hosting provider sekarang memberikan 1 click install WordPress atau CMS lain di cPanel dengan bantuan aplikasi Softaculous. Aplikasi ini sangat membantu pengguna dalam pemasangan CMS seperti WordPress, Joomla dan CMS lainnya menjadi lebih mudah.

Pada artikel kali ini saya akan bagikan tutorialnya kali aja ada yang belum tahu cara pemasangannya dan rincian lengkap mengenai bidang-bidang yang ada pada halaman pemasangan situs WordPress.

Pertama, silahkan masuk ke cPanel seperti biasa kemudian klik Softaculous Apps Installer pada tab Software maka akan diarahkan ke halaman Softaculous. Pada halaman beranda ini akan menampilkan beberapa CMS unggulan di Softaculous yang salah satunya adalah CMS WordPress silahkan pilih / klik WordPress untuk masuk ke halaman WordPress. Jika tidak muncul di halaman beranda, silahkan cari di menu samping pilih Blogs -> WordPress maka akan sama menampilkan halaman WordPress.

Ketika membuka halaman WordPress akan menampikan Overview terlebih dahulu, silahkan baca-baca jika ingin mengetahui lebih jauh tentang aplikasi ini. Klik Install pada tab menu diatas untuk masuk ke halaman instalasi WordPress.

Pada halaman ini, silahkan isi semua bidang sesuai keperluan pemasangan situs WordPress.

Software Setup

Choose Protocol

Pada bidang ini terdapat menu tarik-turun http://, https://, http://www. dan https://www. tentukan protokol yang ingin digunakan ketiak mengakses situs WordPress ini.

Choose Domain

Pada bidang ini terdapat menu tarik-turun berisi semua domain yang ada di hosting ini termasuk subdomain dan addon domain. Silahkan tentukan domain mana yang ingin digunakan.

In Directory

Merupakan direktori penyimpanan instalasi situs WordPress ini. Secara default akan tertulis wp di bidang ini, artinya situs WordPress ini akan di install di folder wp. Jika seperti ini maka nanti untuk mengakses situs ini perlu slug wp pada URL contoh: http://domain.com/wp.

Site Setting

Site Name

Tentukan nama situs yang ingin digunakan untuk situs WordPress ini.

Site Description

Masukkan deskripsi situs WordPress ini.

Enable Multisite (WPMU)

Centang kolom ini jika kalian ingin menggunakan multi-site pada situs WordPress ini. Penggunaan WPMU ini memerlukan Apache mod_rewrite, pastikan server hosting kalian support fitur ini.

Admin Account

Admin Username

Masukkan suername admin yang digunakan nanti untuk login ke dashboard.

Admin Password

Masukkan katasandi untuk username ini, diperlukan ketika ingin masuk ke dasbor.

Admin Email

Tentukan email admin yang ingin digunakan, email ini akan digunakan sebagai penerima pemberitahuan seperti ada komentar baru / ada pengguna terdaftar baru / ada pembaruan mesin WordPress dan notifikasi lainnya.

Choose Language

Select Language

Pada bidang ini terdapat menu tarik-turun yang berisi deretan bahasa yang tersedia untuk WordPress, silahkan tentukan bahasa yang ingin kalian gunakan.

Select Plugins

Limit Login Attempts (Loginizer)

Bagian ini bisa dikatakan bagian promosi saja, saat ini hanya ada satu plugin yaitu Limit Login Attempts (Loginizer) yang fungsinya untuk memberi batasan percobaan login ketika beberapa kali gagal login ke situs WordPress ini. Mungkin di masa mendatang akan bertambah plugin lain atau plugin ini akan ditiadakan, itu semua tergantung dari pihak WordPress nya.

Advanced Options

Silahkan klik untuk membuka opsi pada bagian ini. Bagian ini merupakan pilihan lanjutan dan terdapat beberapa opsi didalamya, jika tidak yakin silahkan lewati bagian ini.

Database Name

Adalah nama database yang akan digunakan untuk penyimpanan seluruh data situs WordPress ini.

Table Prefix

Silahkan tentukan prefix table didalam database ini yang digunakan sebagai awalan nama table pada database.

Disable Update Notifications

Secara default, email admin yang didaftarkan diatas akan mendapatkan pemberitahuan ketika situs WordPress memiliki pembaruan. Centang kotak ini jika kalian tidak ingin mendapatkan pemberitahuan pembaruan untuk situs WordPress ini.

Auto Upgrade

Seperti yang dikatakan diatas, WordPress akan memberitahukan via email ketika ada pembaruan pada situs WordPress ini. Tapi kalian pun dapat mengatur upgrade otomatis dengan mencentang bagian ini. Jadi, ketika ada pembaruan WordPress akan langsung diperbarui ke versi WordPress yang paling baru.

Disarankan untuk tidak mengaktifkan fitur ini, menjaga agar tidak terjadi kerusakan antara tema, plugin dan mesin WordPress.

Auto Upgrade WordPress Plugins

Seperti yang kita ketahui, setiap plugin yang digunakan selalu ada pembaruan (tergantung pada pembuat plugin tersebut). Untuk memperbaruinya perlu klik tombol Update pada plugin tersebut. Tapi kalian dapat memperbarui secara otomatis setiap kali ada plugin yang memiliki versi terbaru dengan mencentang kotak ini.

Auto Upgrade WordPress Themes

Sama halnya seperti plugin, tema WordPress selalu ada pembaruan (tergantung pada pembuat tema tersebut). Silahkan centang kotak ini untuk memperbarui tema yang terpasang di situs ini setiap kali ada pembaruan pada tema tersebut.

Automated Backups

Softaculous akan menyimpan salinan situs ini sesuai frekuensi yang kalian tentukan pada menu tarik-turun ini. Pada menu tarik-turun ini terdapat beberapa pilihan:

  • Don’t backup artinya Softaculous tidak akan backup otomatis, kalian perlu backup situs ini secara manual.
  • Once a day artinya Softaculous akan backup situs ini secara otomatis sehari sekali.
  • Once a week artinya Softaculous akan backup situs ini secara otomatis seminggu sekali.
  • Once a month arinya Softaculous akan backup situs ini secara otomatis sebulan sekali.

Backup Rotation

Adalah rotasi backup yang telah dipilih diatas. Silahkan tentukan rotasi backup yang ingin dilakukan pada situs ini dari 1 sampai 10 atau pilih Unlimited untuk tanpa batas.

Contoh: Jika kalian memilih 4 maka ketika backup kelima kali dilakukan akan otomatis menghapus data backup pertama dan begitu selanjutnya yang penting tersisa hanya 4 backup terkahir saja.

Select Theme

Tentukan tema yang ingin digunakan untuk situs ini, jika tema yang kalian cari tidak ada di daftar tema disini silahkan pilih saja salah satu yang ada karena nanti kalian dapat mengatur tema kembali setelah situs ini terpasang.

Email instalation details to

Masukkan alamat email yang ingin menerima rincian pemasangan situs ini.

Install via Softaculous

Setelah semuanya selesai dan yakin dengan data yang dimasukkan silahkan klik tombol Install. Silahkan tunggu proses pemasangan sampai selesai.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara install WordPress di softaculous cPanel.

Setelah proses selesai akan muncul pemberitahuan bahwa situs berhasil terpasang dan menampilkan URL situs dimana WordPress terpasang termasuk URL menuju dasbor admin dengan slug akhir /wp-admin. Silahkan kunjungi situs & dasbor untuk mulai membangun situs kalian dengan WordPress.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi