Capture Layar Tanpa PrintScreen, Tanpa Aplikasi, Super Cepat

Menggunakan Snipping Tool

Tidak bisa screenshot layar menggunakan tombol PrintScreen keyboard ? Sebaiknya lihat solusinya terlebih dahulu disini, jika masih tidak bisa silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Pada tutorial kali ini kita akan melakukan cuplikan layar atau screenshot layar komputer/laptop dengan menggunakan Snipping Tool, Snipping Tool merupakan aplikasi bawaan Microsoft sehingga tidak perlu memasang / install terlebih dahulu (ini mirip dengan aplikasi Paint yang tidak perlu dipasang sendiri).

Mungkin masih banyak yang belum tau dimana keberadaan si Snipping Tool ini, mari lakukan pencarian di Start Menu dan ketik “Snipping Tool” lalu pilih Snipping Tool untuk membukanya.

Jika menyukai Snipping Tool, sebaiknya di pin saja di Taskbar agar mudah dan cepat ketika ingin menggunakannya kembali.

Ketika Snipping Tool dibuka (tampil dilayar), klik New untuk mulai mengambil gambar lalu tarik bagian mana yang ingin di capture. Klik, tahan, dan tarik bagian yang ingin di capture lalu lepaskan klik. Hasil dari cuplikan gambar akan muncul di layar popup Snipping Tool. Klik Save atau CTRL+S untuk menyimpannya.

Biasanya, penguna Snipping Tool jarang menyimpan hasil cuplikannya. Pengguna Snipping Tool biasanya cukup menyalin (copy) dengan menekan CTRL+S kemudian paste CTRL+V pada aplikasi dimana ingin menampilkannya (misalnya aplikasi Skype).

Catatan: Tidak semua aplikasi mendukung CTRL+V Snipping Tool.

Selamat mencoba !

Tidak menyukai cara ini ? Lihat: Cara screenshot layar dengan tombol PrintScreen. Masing bingung ? Lihat: Video tutorial cara screenshot layar PC dengan Snipping Tool.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi