8 Hal Utama Untuk Mempertahankan Pengunjung Blog

Setiap orang yang mempunyai situs web / blog pasti pengen banget website / blognya dikunjungi banyak orang dan halaman yang dilihat / pageview nya meningkat setiap hari. Disini kita pelajari bersama cara paling tepat meningkatkan pengunjung website. Cara mudah & pasti bisa dilakukan setiap orang. Setiap hasil yang tepat pasti menggunakan cara yang tepat pula. Bukan begitu ?

Konten

Konten adalah postingan yang dipublikasikan di website / blog, biasanya disebut artikel. Konten yang ditulis harus mudah dimengerti baik dalam tulisannya maupun penjelasannya. Jangan sampe lepas landas membingungkan karena pengunjung akan terus membaca dan terus membaca sampai tamat ujung terakhir artikel kalo memang tulisannya jelas dan penjelasannya mudah dimengerti. Ketika pengunjung membaca sampai tamat / membaca keseluruhan konten tersebut maka durasi kunjungan akan meningkat.

Jangan ada hal apapun yang disimpan didalam konten yang sifatnya mengganggu, misalnya menerapkan gambar didalam postingan yang besarnya minta ampun dan penempatannya yang SALAH. Karena tidak semua pengunjung memiliki kecepatan internet yang baik, seperti yang kita ketahui bahwa gambar yang dimuat di internet akan lebih besar ukurannya dibanding tulisan (teks) kecuali kita konversi gambar tersebut menjadi ukuran kecil dan ringan. Penempatan gambarnya juga harus tepat, karena kalo mengganggu mata para pembaca kan kasian sakit mata nanti blognya ditinggal pergi deh…

Bisa juga mengganggu pengunjung yang menggunakan perangkat mobile, mungkin ketika kalian posting artikel menggunakan komputer / laptop oke-oke aja. Tapi harus di cek juga ketika dibuka di HP / Tablet, kadang gambar gak sesuai dengan tampilan di komputer. Kalo mengganggu pengunjung yang menggunakan perangkat mobile kan mengurangi kesempatan website Anda untuk dikunjungi banyak orang.

Desain

Ini adalah salah satu hal penting bagi para pengunjung, bisa termasuk kedalam User Experience (pengalaman pengguna). Baca ulasannya tentang User Experience biar lebih mantap. Tampilan memang bukan nomor 1 tapi berikanlah tampilan yang nyaman karena gak mungkin kita bikin website telanjang bulat di zaman sekarang.

Jadi, mau tidak mau kita kudu alias wajib membuat website dengan tampilan yang sederhana, mudah & menarik. Jangan mentingin keren dulu, bisa bahaya kalo keren di pentingkan sedangkan 3 hal itu gak dilaksanakan. Pada desain iklan web juga harus disesuaikan jika berniat menampilkan iklan, jangan sampe cari duit tapi pengunjung banyak pergi. Kan sama aja bohong…

Pasanglah iklan di tempat seharusnya, gak usah tipu-tipu pengunjung dengan memasukkan link eksternal kedalam body web sehingga ketika pengunjung klik mouse dimanapun malah dialihkan ke link eksternal tersebut. Suer, gak nyaman banget kaya gitu !

Menu / Navigasi

Bagaimana menu yang baik ? Kenapa menu ? Menu adalah petunjuk arah bagi para pengunjung, ketika membuat menu yang rumit / membingungkan / bahkan tidak ada menu sama sekali maka pengunjung akan tersesat, kalo tersesat paling dia klik tanda X (silang) di ujung kanan atas web browser alias pergi meninggalkan blog.

Buatlah menu dengan sebaik-baiknya, beri petunjuk yang umum kemudian di bantu dengan menu lainnya di samping (gadget / widget) jika diperlukan. Bisa juga memberikan menu lengkap di header menu (menu atas) termasuk anak menu (sub menu), tergantung selera. Contohnya website saya ini menggunakan menu sederhana atau menu umum dan saya sisipkan tag di sebelah kanan (widget) untuk membantu para pengunjung kalo tersesat.

Responsive / Mobile Friendly

Apa maksudnya ? Maksudnya adalah membuat web / blog yang bersahabat bagi perangkat apapun. Ketika dibuka menggunakan komputer, laptop, mobile, tablet dan sebagainya harus responsive alias tidak berantakan. Jangan sampe hanya berguna untuk perangkat komputer saja, tapi ketika di buka lewat HP malah berantakan gak karuan kan gak etis banget. Kalo hancur seperti itu yang ada pengunjung kesulitan mengakses artikel dan kemudian cari artikel serupa di situs lain.

Judul

Pada konten Anda, pasti menerapkan judul kan ? Nah, berilah judul yang menarik dan sesuai dengan isi konten. Jangan pake bohong, karena kebanyakan pengunjung yang kena tipu itu gak bakal klik link yang mengarah ke web kalian lagi di kemudian hari. Berilah judul yang menarik sehingga ketika muncul di halaman mesin pencari akan nampak meyakinkan dan terbaca jelas.

Sosial Media

Saat ini sosmed atau media sosial adalah alat paling ampuh untuk berbagi. Hampir seluruh umat manusia sekarang memiliki akun media sosial, maka alangkah baiknya share karya tulis / konten ke media sosial. Kalian juga bisa menautkan akun sosial media di website, begitu juga sebaliknya. Karena dengan menautkan media sosial akan mempermudah mesin pencari dalam mengenal pemilik dari website tersebut dan memungkinkan website terindex dalam pencarian media sosial lainnya.

Internal Link

Cara ini sudah biasa dilakukan para penulis artikel, mereka selalu menyisipkan internal link didalam artikelnya. Internal link maksudnya adalah link yang menuju masih ke website kalian bukan ke website oranglain. Misalnya pada artikel ini saya menyisipkan internal link Pengertian CSS artinya link ini akan menuju ke artikel saya yang lain yaitu tentang pengertian CSS.

Tapi kebanyakan orang gak tahu cara pakainya yang penting nempel. Untuk menerapkan internal link ini jangan terlalu banyak karena hal ini akan membingungkan mesin pencari, Google mengatakan “internal link yang terlalu banyak pada satu artikel adalah salah satu hal yang tidak disukai mesin pencari”. Kalo kita mau disukai Google dan berharap mendapatkan yang terbaik dari Google atau mesin pencari lainnya maka lebih baik tidak melakukan sesuatu yang dibencinya.

Eksternal Link

Eksternal link disini maksudnya adalah menerapkan link website kalian di artikel website lain karena gak gampang untuk menerapkan link web kita di web orang lain, ada cara lain yaitu berkunjung dan berinteraksi di web / blog oranglain. Misalnya kita komentar dan saling berkomentar di salah satu artikel menggunakan link web kita, ini membantu memperluas hasil penelusuran website kita.

GoodLuck !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi