Cara Tidur yang Baik Bagi Kesehatan Jiwa dan Batin

0

Tidur yang baik artinya tidur yang memberikan kenyamanan bagi jiwa dan batin

Ada yang pernah mengalami gejala sulit menoleh? Pernah mengalami nyeri pada leher akibat salah bantal? Jika hal itu terjadi, kemungkinan besar cara tidur kamu dengan posisi yang kurang tepat. Posisi tidur yang salah dapat menjadi pemicu penyakit bahaya seperti saraf terjepit, mual, sulit bernapas, dan gangguan mood.

Kebanyakan orang memilih jalan pintas untuk mendapatkan kenyamanan tidurnya. Misalnya dengan konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang. Gaya hidup yang kurang sehat seperti begadang setiap malam. Semua itu menjadi penyebab kualitas tidur kamu menurun. Untuk mendapatkan cara tidur yang baik, berikut ini beberapa posisi tidur yang baik menurut alasan kesehatan.

Menjaga Kebersihan Diri

ads by posciety

img: pixabay.com/photos/girl-glasses-mop-cleaning-clean-1531575/

Sebelum mengambil waktu untuk mengistirahatkan tubuh dari segala aktivitas. Ada baiknya sebelum tidur pergi ke kamar mandi lebih dulu untuk membersihkan diri. Kegiatan membersihkan diri yang dapat dilakukan antara lain, buang air kecil, menggosok gigi, dan juga berwudhu.

Buang air kecil sebelum tidur baik untuk urinisasi. Menggosok gigi juga dapat mengurangi resiko sakit gigi. Pakar medis berpendapat bahwa dengan berwudhu merupakan media akupuntur untuk menyehatkan otot saraf. Intinya menjaga kebersihan diri baik dilakukan agar dapat menghidarkan tubuh drai virus dan bakteri.

Posisi Tidur Seperti Jabang Bayi

img: id.pinterest.com/pin/157837161928782850/

Manusia memang makhluk hidup yang sempurna dengan segala keunikannya. Kebiasaan dalam posisi tidur misalnya, tidak semua posisi tidur dapat memberikan relaksasi. Relaksasi hanya bisa didapatkan dari cara posisi tidur yang benar. Agar jiwa dan tubuh menemukan kenyamanan tersebut, maka ubhalah posisi tidur kamu.

Tidur dengan posisi horizontal. Cara tidur dengan posisi ini, yaitu pada sisi sebelah kanan dengan kedua tangan dan kaki sedikit menekuk. Posisi ini dikenal dengan posisi jabang bayi, karena menyerupai posisi jabang bayi di dalam kandungan. Posisi tidur inilah yang sangat dianjurkan menurut agama dan para ilmuwan.

Minum Air

img: id.pinterest.com/pin/481111172697251342

Aktivitas sebelum tidur yang harus menjadi kebiasaan adalah minum air putih sebelum tidur. Manfaat minum air putih sebelum tidur membantu agar tubuh tetap terhidrasi.

Minum Air Putih Sebelum Tidur

Selain itu, minumlah air putih sebelum tidur karena memiliki manfaat antara lain:

  • Membantu proses kelancaran regenerasi sel.
  • Air putih membantu proses pembersihan racun yang terdapat dalam tubuh.
  • Membantu menjaga berat badan.
  • Mencegah gejala pusing saat bangun di pagi hari.
  • Membantu proses pencernaan.
  • Menghindari gangguan ginjal.
  • Memperbaiki suasana hati.

Manfaat Minum Air Putih Setelah Tidur

  • Membantu proses peremajaan kulit dan sel-sel darah.
  • Penyeimbang sistem getah bening.
  • Melangsingkan tubuh.
  • Membersihkan usus.
  • Menambah darah.
  • Menyeimbangkan sistem limpa.

Berdoa Sebelum Tidur

img: id.pinterest.com/pin/400609329352497581/

Berdoa termasuk ke dalam cara tidur yang baik. Hal ini berhubungan dengan spiritualisme yang menunjukan permohonan diri atau permintaan agar dilindungi dari bahaya. Manfaat doa sebelum tidur ialah menenangkan hati dan pikiran.


Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa cara tidur yang baik menurut kesehatan ialah dengan menjaga kebersihan diri, tidur dengan posisi jabang bayi, berdoa sebelum tidur, dan mengkonsumsi air putih sebelum dan sesudah tidur. Tidur yang baik artinya tidur yang memberikan kenyamanan bagi jiwa dan batin.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya