5 Hal yang Menyebabkan Gagal Transfer Pulsa IM3

Pulsa kini telah menjadi kebutuhan semua orang, baik para remaja hingga orang tua. Tak hanya untuk bercengkrama dengan anggota keluarga dan teman atau sekadar mengintip aktivitas di media sosial, sebagian orang membutuhkan pulsa untuk menuntaskan berbagai pekerjaan penting.

Sayangnya bagi para pengguna prabayar, kehabisan pulsa adalah masalah utama yang sering dihadapi. Hal ini sangat mengganggu, apalagi bila seseorang sedang berada ditengah perjalanan dan tak dapat menemukan tempat pengisian pulsa.

Bagi pelanggan Indosat, mungkin kamu pernah dihubungi kerabat atau teman dekat untuk memanfaatkan fitur transfer pulsa IM3. Memang caranya cukup mudah dapat dilakukan oleh semua pengguna ponsel.

Transfer Pulsa IM3, Gak Pake Ribet

Namun, tak semua orang dapat berhasil dalam percobaan pertama. Bahkan setelah berkali-kali mencoba transaksi selalu gagal. Sebelum melakukan komplain ke pihak operator, mari cek terlebih dahulu beberapa hal berikut yang mungkin menjadi penyebabnya:

  • Salah Instruksi
  • Nomor Tujuan
  • Saldo Pulsa
  • Nominal yang Dikirim
  • Masa Aktif Kartu

Mari kita bahas satu persatu setiap poin diatas.

Salah Instruksi

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab gagalnya proses pemindahan pulsa adalah salah memasukkan instruksi. Misalnya kamu lupa menyertakan spasi atau memang memasukkan angka yang salah. Nah, berikut ini cara melakukan transfer pulsa IM3 yang benar:

Melalui SMS

  • Buka menu Pesan/SMS
  • Ketik format SMS dengan benar dan sesuai aturan, yaitu Transferpulsa [spasi] no penerima [spasi] besar nominal.

Contoh: Transferpulsa 08572390563 20000

  • Kirim SMS ke 151
  • Beberapa saat kemudian, kamu akan menerima SMS token yang dikirim oleh operator
  • Ketik format SMS: OK [spasi] nomor token

Contoh: OK 6749

  • Kirim SMS ke 151
  • Transfer pulsa yang berhasil akan diikuti dengan SMS notifikasi dari operator seluler
  • Pengirim langsung dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 600 yang diambil dari pulsa utama

Melalui UMB

Untuk lebih memudahkan pelanggan, IM3 juga menyediakan layanan transfer pulsa melalui UMB atau USSD Menu Browser. Dengan cara ini, kamu tidak perlu repot lagi mengetik format SMS yang sesuai. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Ketik format *123*7*2*3*1#
  • Selanjutnya akan muncul format transfer pulsa
  • Ikuti petunjuk untuk mendapatkan arahan
  • Kamu akan disambungkan ke customer service yang bisa membantu proses transfer pulsa IM3

Ketika transaksi berhasil, pulsa kamu akan dipotong Rp. 600 yang merupakan biaya administrasi. Bila kamu tergolong pelupa, kamu bisa mendapatkan info transfer pulsa IM3 di Traveloka atau di link berikut https://www.traveloka.com/connectivity/pulsa/im3. Simpan/Unduh halaman terkait agar dapat dilihat kapan saja meskipun tak memiliki koneksi internet.

Nomor Tujuan

Bila teman atau kerabat meminta transferan pulsa, pastikan mereka adalah pengguna layanan Indosat Ooredoo. Transfer pulsa IM3 tak hanya dapat ditujukan bagi sesama pengguna kartu IM3 saja, tetapi juga bisa dilakukan kepada pengguna kartu Mentari.

Selain itu, pengguna IM3 juga dapat mengirim pulsa ke pengguna Matrix yang merupakan kartu pascabayar dari Indosat. Karena itu, pengalihan pulsa dari nomor IM3 tidak berlaku bagi nomor dari operator seluler lain.

Sisa Saldo Pulsa

Sebelum melakukan transfer pulsa IM3, alangkah baiknya melakukan pengecekan sisa saldo pulsa terlebih dahulu. Berdasarkan aturan, minimal saldo pulsa yang harus tersedia di nomor pengirim setelah melakukan pembagian pulsa adalah Rp. 5.000.

Jumlah minimal sisa saldo akan diketahui jika kamu mengurangi besar pulsa yang akan ditransfer serta biaya administrasi senilai Rp. 600. Bila pulsa kurang dari minimal saldo, kamu bisa membeli pulsa di agen travel online seperti Traveloka. Proses transfer pulsa pun bisa berjalan lancar.

Jumlah Nominal yang Dikirim

Ketika melakukan pemindahan pulsa, tentu ada jumlah minimal yang bisa diberikan. Indosat memberikan batas minimal Rp. 5.000 sekali pengiriman. Sementara batas tertinggi pulsa yanb dapat dikirimkan adalah Rp. 100.000.

Dalam melakukan pembagian pulsa, tak ada batasan nomor tujuan. Kamu dapat melakukannya berkali-kali dalam 1 (satu) hari ke nomor yang sama. Meskipun demikian, terdapat batas maksimal transfer yakni Rp. 200.000. Jadi ketika jumlah pulsa yang kamu kirimkan lebih dari Rp. 200.000, maka transaksi akan gagal.

Masa Aktif Kartu

Setelah semua syarat diatas terpenuhi, tetapi transfer pulsa IM3 masih gagal juga maka periksalah masa aktif kartu yang kamu gunakan. Tanyakan juga masa aktif kartu calon penerima pulsa.

Bila kedua kartu atau salah satunya berada diluar masa aktif atau yang disebut sedang dalam masa tenggang, maka kamu tidak dapat melakukan pembagian pulsa.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan kartu kamu sudah berusi minimal 181 hari atau kurang lebih 6 (enam) bulan sejak kartu diaktifkan. Bila umur kartu belum memenuhi syarat, kamu belum bisa menggunakan fitur transfer pulsa IM3.

FYI: Ketika pulsa telah dikirim, secara otomatis masa aktif nomor penerima akan diperpanjang (maksimal 45 hari, tergantung nominal pulsa yang diterima).

Misalnya untuk pulsa Rp. 5.000, masa aktifnya hanya akan bertambah sebanyak 3 (tiga) hari. Sementara bila mengirim pulsa Rp. 100.000, maka masa aktif akan bertambah sebanyak 45 (empat puluh lima) hari.

Demikianlah 5 hal yang biasanya menjadi penyebab kegagalan proses transfer pulsa IM3. Perhatikan syarat-syarat dengan teliti sebelum melakukan transaksi agar tak terjadi kesalahan.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi