Cara Turn On dan Turn Off Sync di Chrome

0

Umumnya kita sering mendengar istilah sync atau sinkronisasi di browser Google Chrome. Apa maksud dari sync ini? Dilansir dari wikipedia, Google Sync adalah layanan sinkronisasi file dari Google yang menyediakan sinkronisasi over-the-air Gmail, Google Kontak, dan Google Kalender dengan aplikasi Mail, Kalender, dan Buku Alamat di PC dan perangkat seluler.

Ini menggunakan Microsoft® Exchange ActiveSync® untuk memungkinkan pengguna layanan menyinkronkan email, kontak, dan kalender Google Apps mereka ke perangkat seluler mereka, di mana pengguna juga dapat mengatur atau menyesuaikan lansiran untuk pesan masuk dan rapat mendatang.

Artinya, saat kamu mengaktifkan sinkronisasi di browser Chrome, maka kamu dapat menyimpan dan menyinkronkan hal-hal lainnya seperti bookmark, riwayat, sandi, dan setelan lain ke Akun Google-mu. Kemudian, kamu dapat mengaksesnya di perangkat apa pun.

ads by posciety

Berikut cara turn on sync atau mengaktifkan sinkronisasi di Chrome.

  1. Di Android, buka aplikasi Chrome. Di sebelah kanan adress bar, pilih titik tiga dan pilih “Settings” atau “Pengaturan”
  1. Pilih “Turn On Sync” atau “Aktifkan Sinkronisasi”.
  1. Pilih akun yang ingin kamu gunakan dan pilih “Yes, I’m in”

Beres!

Dan jika kamu ingin turn off sync atau menonaktifkan sinkronisasi di Chrome, berikut caranya:

  1. Di Android, buka aplikasi Chrome. Di sebelah kanan adress bar, pilih titik tiga dan pilih “Settings” atau “Pengaturan”
  1. Pilih akun yang ingin kamu turn off sync. Pilih “Sign out and turn of off sync” atau “Keluar dan matikan sinkronisasi.”

Perlu diketahui, saat kamu keluar dan menonaktifkan sinkronisasi, maka kamu juga akan keluar dari layanan Google lainnya, seperti Gmail. Namun, kamu tetap dapat masuk lagi tanpa mengaktifkan sinkronisasi.

Selain itu, Google Sync juga bekerja dengan PC, Mac, Linux, Android, BlackBerry, Symbian S60, iPhone, iPad, Windows Mobile, dan perangkat lainnya. Google Sync pertama kali diumumkan pada Februari 2009 dan dihentikan untuk pengguna non-bisnis pada Desember 2012.

Sebagai informasi, Google Sync adalah layanan dua arah. Dengan kata lain, perubahan yang dilakukan pada satu perangkat akan dicadangkan ke pengguna Akun Google. Semua data Google lainnya di perangkat yang berbagi akun Google yang sama juga akan disinkronkan secara otomatis. Yang artinya, jika perangkat seluler pengguna hilang, maka data mereka akan tetap tersimpan dengan aman.

Pasti banyak dari kita menggunakan layanan Google seperti Gmail, Kalender, Documents, dan lainnya. Dan, agar menjadikan semuanya simpel, kita juga ingin dapat mengakses dan menyinkronkan informasi ini dengan perangkat seluler kita. Untungnya, Google mudah digunakan dengan hampir semua jenis telepon yang tersedia saat ini.

Google Sync menyediakan sinkronisasi over-the-air yang mulus untuk berbagai perangkat Android, iOS, BlackBerry, Palm, Pocket PC dan dengan Microsoft Outlook.

  • Android – pilih untuk mencadangkan dan menyinkronkan kombinasi Gmail, Kontak, atau Kalender apa pun.
  • iPhone, iPad, iPod Touch, atau Windows Mobile – pilih untuk menyelaraskan kombinasi Mail, Kontak, atau Kalender apa pun.
  • BlackBerry – pilih untuk menyinkronkan Google Kontak dan Google Kalender ke aplikasi Buku Alamat dan Kalender bawaan.
  • Sebagian besar ponsel lainnya – Sinkronisasi nirkabel Google Kontak ke aplikasi Buku Alamat bawaan.

Saat kamu mengaktifkan sinkronisasi di Chrome, berikut ini adalah fitur yang akan kamu dapatkan:

  • kamu dapat melihat dan memperbarui informasi yang disinkronkan di semua perangkat yang kamu gunakan, seperti bookmark, riwayat, sandi, dan setelan lainnya.
  • kamu akan masuk secara otomatis ke Gmail, YouTube, Penelusuran, dan layanan Google lainnya. Jika kamu masuk sebelum mengaktifkan sinkronisasi, kamu akan tetap masuk.
  • Jika kamu mengganti perangkat (seperti jika kamu kehilangan perangkat atau mendapatkan perangkat baru), kamu otomatis akan mendapatkan kembali info yang disinkronkan.
  • kamu akan mempersonalisasi pengalaman-mu di produk Google lainnya dengan riwayat Chrome jika kamu mengaktifkan Aktivitas Web & Aplikasi.

Chrome dapat menggabungkan informasi  usia dan jenis kelamin yang dinyatakan dari akun Google-mu dengan statistik mereka untuk membantu membuat produk yang lebih cocok untuk semua demografi. Informasi ini hanya digunakan dalam bentuk gabungan.

Hal penting lainnya untuk diingat adalah, hanya aktifkan sinkronisasi Chrome dengan perangkat yang kamu miliki. Jadi, jika kamu menggunakan komputer umum, gunakan mode “guest” atau “tamu” sebagai gantinya. Nah, itulah cara turn on dan turn off sync di Chrome. Semoga tutorial ini bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya