Upload Video YouTube + Rincian Lengkap

Berikan Informasi Video yang Lengkap

Untuk menggunakan fitur Upload Video di YouTube memerlukan akun Google Email (GMail), jadi sekarang silahkan buat akun GMail terlebih dahulu untuk kalian yang belum punya. Jika sudah ada akun GMail nya silahkan lanjut aja baca artikel ini.

Pertama, silahkan kunjungi situs YouTube dengan mengetikkan URL di browser www.youtube.com lalu klik tombol Login / Masuk di ujung kanan atas layar. Maka kalian akan diarahkan ke halaman login, silahkan masukkan alamat GMail + password yang ingin digunakan sebagai akun YouTube. Setelah berhasil login, akan diarahkan kembali ke situs YouTube namun dengan status login (lihat perbedaannya di bagian atas kanan layar yang tadi terdapat tombol Login berubah menjadi foto profil akun Google kalian).

Jika masuk dari aplikasi smartphone maka akan muncul layar popup untuk login GMail nya.

Pada artikel ini ada 2 metode yang akan saya jelaskan, yaitu upload video dari desktop / laptop / smartphone (browser) dan metode menggunakan aplikasi terpasang di smartphone baik android, iOS atau yang lainnya.

Desktop / Browser

Silahkan klik icon upload (panah menunjuk keatas) yang ada disamping foto profil akun Google & icon notifikasi (bell) maka akan diarahkan ke halaman pengunggahan / upload. Pada bagian tengah layar ini terdapat gambar tanda panah keatas dan menu tarik-turun yang menjelaskan status video yang akan diunggah, sebelum mulai upload video silahkan tentukan terlebih dahulu status video yang akan diunggah pada menu tarik-turun tersebut. Ada beberapa pilihan pada menu tarik-turun tersebut yaitu:

Publik

Ini merupakan pilihan bawaan jika kalian tidak mengatur pilihan status video di menu tarik-turun ini. Publik artinya siapapun dapat melihat video kalian yang telah berhasil diunggah ke YouTube.

Tidak Publik

Artinya video kalian tidak akan muncul di pencarian dan di halaman Channel kalian, penonton dapat melihat video kalian dengan syarat penonton harus mengetahui URL video tersebut. Kalian dapat membagikan URL ke teman-teman di media sosial lain atau email sehingga dapat di klik oleh teman-teman dan bisa mulai menonton video nya. Jadi, video ini masik bersifat publik namun untuk menontonnya harus langsung menuju ke URL video tersebut.

Pribadi

Dengan status ini, video kalian akan bersifat private dan tidak dapat muncul dimanapun. Video kalian dapat dilihat orang lain dengan syarat kalian harus mengundang seseorang yang memiliki Channel YouTube juga untuk menonton video tersebut (maksimal username / pengguna yang diundang adalah 50). Jika akun manapun tidak diundang langsung oleh kalian (pemilik video) maka dia tidak akan bisa menonton video tersebut.

Jika kalian belum memiliki / membuat channel YouTube, maka akan muncul pemberitahuan bahwa kalian memerlukan channel YouTube untuk mengunggah video dan diberi petunjuk. Silahkan ikuti langkah-langkahnya (pembuatannya mudah, cukup klik ok ok dan ok untuk menyetujui bahwa akun Google kalian yang ini sedia dijadikan channel YouTube).

Setelah menentukan status video pada menu tarik-turun, silahkan klik pada gambar tanda panah keatas ditengah layar ini untuk mulai mengunggah video atau kalian juga dapat menyeret video yang akan diunggah ke tengah-tengah layar ini. Silahkan pilih video yang ingin diunggah. Setelah itu, kalian akan diarahkan kehalaman proses pengunggahan.

Pada halaman proses upload ini terdapat beberapa kolom yang perlu diisi seperti deskripsi video, tag video, judul video dan setelah umum video. Silahkan atur semuanya dengan seksama sesuai keinganan kalian. Setelah proses selesai dan detail video telah di input, silahkan klik tombol Publikasikan di sebelah progress bar. Maka video kalian sudah siap untuk ditonton! Untuk membatalkan pengunggahan ketika sedang berlangsung, silahkan klik icon silang (x) pada ujung kanan progress bar bagian dalam.

Ketika di klik icon tutup / close tersebut akan muncul popup kecil yang menanyakan “Apakah Anda ingin benar-benar membatalkan upload ini?” Silahkan klik tombol Batalkan Upload untuk konfirmasi bahwa kalian memang benar akan membatalkan pengunggahan video ini. Jika dibatalkan, semua progress pada halaman tadi akan hilang dan menampilkan tulisan / info bahwa pengunggahan video tadi sudah dibatalkan. Tapi jika kalian berhasil mempublikasikan video maka kalian akan diarahkan ke halaman upload selesai dengan URL video yang bisa kalian klik / share ke media sosial lain. Klik pada link tersebut untuk memeriksa / menontonnya. Kalian selalu dapat melihat video yang kalian unggah di halaman channel / dashboard YouTube akun kalian.

Untuk menuju ke halaman channel kalian, silahkan klik menu Channel Saya di sidebar menu sebelah kiri. Jika tidak ada sidebar menu di sebelah kiri silahkan klik tombol icon menu (garis 4) di ujung kiri layar. Pada halama nchannel kalian dapat selalu melihat apa saja yang ada pada channel kalian termasuk video-video yang diunggah.

Aplikasi Smartphone

Setelah berhasil login, silahkan klik icon video mengapung di layar HP bagian bawah kanan maka akan diarahkan ke galeri video untuk memilih video yang akan diunggah. Pada bagian atasnya ada layar kamera dan ikon video yang jika di klik akan membuat rekaman video baru. Silahkan tentukan mau buat video baru atau video yang sudah ada di galeri tadi.

Setelah dipilih / di klik maka akan diarahkan ke halaman pengaturan awal yang fungsinya mengatur panjang / durasi video apakah ingin mengunggah keseluruhan video tersebut atau hanya beberapa detik atau menit saja ? Untuk mengaturnya bisa di geser kotak didalam timeline video ke kanan atau ke kiri sesuai kebutuhan.

Setelah selesai silahkan klik ikon panah di atas kanan layar yang artunya melanjutkan ke halaman berikutnya. Pada halaman ini akan memulai proses upload video dan mulai memasukkan Judul, Deskripsi, Tag video. Silahkan masukkan semuanya dan tunggu proses selesai.

Setelah proses pengunggahan selesai, silahkan klik pulikasikan / ikon panah diatas kanan layar yang artinya lanjutkan. Maka akan diarahkan ke halaman daftar video channel kalian + video baru tersebut. Selesai !

Tapi pengunggahan pada aplikasi tidak selengkap di browser / desktop. Jadi kalo mau lebih lengkap rincian pada videonya silahkan unggah di desktop / browser saja.

Aplikasi smartphone yang saya contohkan ini adalah aplikasi di OS android, mungkin di OS lainnya ada sedikit perbedaan tapi tidak begitu signifikan. Ikuti saja tutorialnya seperti ini.

Baik di desktop / aplikasi smartphone keduanya sama saja jika setelah selesai upload dapat di edit dengan mengklik menu pada video dan pilih edit yang mana akan mengedit semua rincian video yang dapat di edit termasuk judul, deskripsi, tag dan lainnya.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara upload video ke YouTube di PC / HP.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi