Tidak Akan Menerima Penghasilan Google AdSense Jika Tidak Memverifikasi Rekening Bank, Begini Caranya!

Mendapatkan persetujuan untuk memiliki akun Google AdSense adalah hal yang diharapkan banyak orang untuk mendapatkan uang dari Google melalui jaringan iklannya yang diterapkan di dalam sebuah karya, seperti situs blog/video YouTube. Namun langkah selanjutnya yang perlu dicapai adalah minimum pendapatan agar uang Google dapat dicarikan, hal ini pernah dibahas pada pos sebelumnya tentang ambang pembayaran Google AdSense.

Setelah mencapai nilai minimum pembayaran, Anda belum dapat menerima pembayaran jika tidak mengatur metode pembayaran. Sebelum melanjutkan, sangat disarankan untuk melihat pos sebelumnya tentang cara mengatur metode pembayaran Google AdSense. Setelah itu, kembali lagi ke pos ini untuk melanjutkan cara verifikasi.

Verifikasi ‘Metode Pembayaran’ Google AdSense

Dengan menetapkan metode pembayaran pada akun Google AdSense bukan berarti Anda dapat begitu saja menerima uang dari Google, perlu ada verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam pengiriman. Bagi Anda yang belum pernah menerima uang (payout) atau yang biasa disingkat PO dari Google, maka diperlukan untuk melakukan verifikasi metode pembayaran yang telah dipilih.

Dalam kasus ini mari kita ambil contoh metode pembayaran Bank Transfer, metode pembayaran ini juga merupakan metode pembayaran yang paling laris digunakan di Indonesia. Anda dapat menerima uang melalui akun bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, BTN, dll.

Asumsikan Anda baru saja menambahkan metode pembayaran Bank Transfer BCA di halaman Pembayaran pada dasbor Google AdSense seperti yang dijelaskan pada tutorial sebelumnya. Akun bank tersebut belum dapat digunakan untuk menerima uang karena memerlukan verifikasi. Adapun cara verifikasi yang dilakukan oleh Google adalah dengan mengirim uang ke akun bank tersebut dalam jumlah yang kecil (Setoran Percobaan). Sekitar 1 – 3 hari setelah Anda menambahkan bank BCA ini di metode pembayaran, Anda perlu memeriksa akun bank BCA Anda apakah sudah menerima uang kecil itu dari Google. Lihatlah Mutasi Rekening pada akun bank tersebut, cara melihat mutasi rekening bank BCA.

Jika ada kiriman dari Google (Google Asia), lihatlah berapa jumlah uang yang dikirimkan. Anda harus ingat itu, atau catat agar tidak lupa. Jika benar Google telah mengirimkan sejumlah uang untuk verifikasi, biasanya akan muncul pemberitahuan berwarna merah pada dasbor akun Google AdSense bersangkutan seperti pada gambar di bawah ini:

gambar 1 - cara verifikasi metode pembayaran google adsense

Klik tombol VERIFIKASI SEKARANG untuk melakukan verifikasi (lakukan ini hanya jika benar Anda melihat di catatan akun bank/mutasi Anda bahwa Google telah mengirimkan sejumlah uang untuk verifikasi).

gambar 2 - jumlah uang verifikasi google adsense

Pada dropdown Pilih jumlah, pilihlah jumlah uang yang Anda lihat di mutasi rekening bank Anda yang dikirimkan oleh Google kemudian klik tombol VERFIKASI untuk memverifikasinya.

Jika verifikasi berhasil (datanya benar), Anda akan melihat pemberitahuan bahwa verifikasi berhasil dan akun bank bersangkutan siap untuk digunakan seperti pada gambar di bawah ini:

gambar 3 - verifikasi pembayaran google adsense berhasil

Klik tombol OKE untuk menutupnya. Mulai sekarang, akun bank yang Anda daftarkan dapat menerima penghasilan Google AdSense setiap bulan (jika mencapai ambang pembayaran). Kapan Google Mengirim Pembayaran?

Hal ini tidak hanya berlaku untuk publisher yang belum pernah PO, tapi juga berlaku untuk beberapa akun bank yang baru saja ditambahkan sebagai metode pembayaran di Google AdSense. Tidak hanya metode pembayaran Bank Transfer, metode lainnya pun memerlukan verifikasi dalam kondisi tertentu sebelum dapat menerima penghasilan dari Google AdSense. Misalnya metode pembayaran Western Union dan Cek.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi