Verifikasi PIN Google AdSense / Minta PIN Baru

Memverifikasi keaslian akun AdSense merupakan salah satu syarat untuk menarik tabungan / saldo dari akun AdSense, verifikasi ini dilakukan dengan cara memverifikasi pin. Jadi, Google akan meminta pengguna untuk memberikan alamat yang benar dan tepat pada halaman Pengaturan Akun Google AdSense setelah itu pihak AdSense akan mengirimkan sebuah surat yang berisi PIN (Personal Identity Number) yang mana PIN ini harus di masukkan di kolom verifikasi PIN yang sudah disediakan di halaman verifikasi.

Jika ada pertanyaan “kapan saya harus verifikasi ?” maka jawabannya “tunggu diminta oleh Google AdSense“, biasanya Google AdSense akan meminta verifikasi PIN jika pendapatan sudah mencapai angka default ambang pembayaran ($100 USD / RP. 1.300.000) atau bisa juga sebelum mencapai ambang pembayaran seperti yang saya alami. Bagaimana bisa tau kalo Google AdSense meminta pengguna untuk memverifikasi alamat ? Bisa dilihat pada bar merah di halaman AdSense (lihat gambar) disitu tertulis “pembayaran Anda saat ini ditangguhkan karena Anda belum meverifikasi alamat.” silahkan klik tombol Action untuk mulai memverifikasi. Mungkin akan lebih lama jika kamu mengubah ambang pembayaran menjadi lebih besar dari default.

Cara Verifikasi PIN Google AdSense

Ketika mengklik tombol Action, secara otomatis Google AdSense akan mulai memasukkan alamat lengkap kamu ke dalam antrian pembuatan dan pengiriman PIN. (lihat gambar) pada gambar ini terdapat PIN terkini dibuat artinya kapan PIN untuk akun kamu dibuat, 3-5 hari tanggal tersebut Google akan mengirimkan PIN ke alamat yang tercantum di PIN dikirim ke seperti yang ditandai pada gambar.

Tunggu 2-4 minggu sampai kiriman PIN dari Google tiba di alamat tersebut, 2-4 minggu terhitung setelah 3-5 hari (misalnya 5 hari) setelah PIN terkini dibuat, jika PIN terkini dibuat adalah 9 Nov 2017 artinya terhitung dari tanggal 14 Nov 2017. Pastikan alamat yang dimasukkan benar, jika ingin merubah alamat ubahlah segera sebelum Google mulai mengirimkan PIN.

Catatan: Jika ini merupakan tindakan pertama kali, maka kamu akan diminta untuk memasukkan alamat di Profil Pembayaran terlebih dahulu sebelum dapat mengakses halaman Verifikasi PIN. Lihat: Cara menambahkan alamat / mengubah alamat akun Google AdSense.

Setelah menerima kiriman PIN dari Google, silahkan buka isi amplopnya maka akan melihat PIN. Silahkan masukkan pin tersebut di kolom Masukkan PIN yang tersedia di halaman verifikasi PIN tadi, jika tidak tau halamannya silahkan klik menu Settings/Pengaturan -> Payments/Pembayaran atau bisa juga klik tombol Action tadi. Klik tombol Kirim PIN untuk memverifikasi akun dan mulai mendapatkan pembayaran.

Catatan: Jangan sampai salah 3x dalam memasukkan PIN, jika salah 3x maka penayangan iklan akan ditangguhkan dan kamu perlu melapor ke Google AdSense. Ini tentu akan memakan waktu.

Jika verifikasi berhasil, maka bar merah tadi tidak akan lagi muncul (jika masih muncul, nanti juga hilang, perlu waktu bro). Selesai, sekarang akun AdSense kamu siap menerima pembayaran dari Google AdSense sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih. Pembayaran akan dikirim sesuai ambang pembayaran yang kamu tentukan.

Tidak Menerima PIN / Meminta PIN Baru

Bagaimana jika tidak menerima PIN ? Silahkan tunggu sampai waktu yang disebutkan (2-4 minggu), jika sudah lebih dari waktu itu tapi masih belum menerima PIN, kamu diperbolehkan meminta PIN baru lagi. Di halaman Payments, scroll kebawah sampai terlihat tombol Minta PIN Baru (lihat gambar). Disitu tertulis “Anda dapat meminta pin barupada atau setelah tanggal 30/11/17“, pastikan ketika kamu meminta PIN baru sudah melewati tanggal tersebut.

Klik tombol Minta PIN Baru maka akan muncul layar popup yang menampilkan alamat, jika sudah yakin dengan alamatnya silahkan klik tombol Ya, buat dan kirim PIN saya atau klik tombol Tidak, ubah dahulu alamat jika ingin mengubah alamat terlebih dahulu sebelum mengirim PIN. Ketika meminta PIN baru maka tanggal diatas akan berubah dan kamu harus menunggu 2-4 minggu lagi hingga PIN tiba di alamat, seperti proses pertama.

Setelah PIN tiba, silahkan lakukan verifikasi seperti cara diatas.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...