Hari Besar Nasional & Sejarahnya

Adanya hari besar sebagai pembeda dari hari biasanya atau bisa disebut hari besar ini sebagai hari khusus. Tujuannya bermacam-macam dari mulai mengenang jasa seorang pahlawan sampai merayakan kemenangan dan dirayakannya mulai dari beberapa kelompok sampai dirayakan se-isi bumi. Tapi pada artikel ini hanya menampilkan Hari Besar Indonesia / Hari Besar Nasional beserta alasannya atau sejarahnya dari masing-masing hari besar atau bisa disebut “Kenapa Ada Hari Besar Tersebut“.

Hari Besar Indonesia Bulan Januari

03 Januari – Hari Departemen Agama

Hari khusus ini tidak luput dari alasan mengapa adanya PANCASILA di Indonesia sebagai konsep dan pedoman negara Indonesia. Sejak berdirinya Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), para perwakilan tokoh Islam saat itupun sudah memulai langkahnya untuk memperjuangkan negara Indonesia sebagai negara Islam atau negara yang berdasarkan ajaran Islam dengan alasan mayoritas warga Indonesia adalah muslim. Singkat cerita, keinginan itupun harus ditolak oleh Soekarno karena Indonesia lahir (merdeka) dari perjuangan para nasionalis sehingga Soekarno mengeluarkan PANCASILA. Kendati demikian, negara Indonesia yang mayoritas warganya beraga Islam tentu memerlukan suatu badan yang dapat mengurus dan menjadi benteng agama Islam di garis kepemerintahan. Maka dikeluarkan Kementrian Agama pada tanggan 03 Januari 1946 sebagai perwakilan agama Islam di garis kepemerintahan yang masih ada sampai saat ini dan berubah nama menjadi Departemen Agama RI.

5 Januari – Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Merupakan hari khusus untuk memperingati peresmian (setelah dilantik) prajurit wanita TNI angkatan laut. Sebetulnya, surat keputusan pembentukan prajurit wanita angkatan laut ini dikeluarkan pada tanggal 26 Juni 1962 oleh Laksamana RE Martadinata dan diberi nama Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dengan anggota pertama berjumlah 12 wanita. Singkat cerita, hal ini memerlukan beberapa tahap proses sampai sebelumnya dilakukan pelantikan untuk meresmikan prajurit-prajurit ini. Pelantikan dilakukan oleh Laksamana RE Martadinata pada tanggal 5 Januari 1963.

15 Januari – Hari Peristiwa Laut & Samudera

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan bahari Indonesia yang gugur di lautan dan samudera untuk membela tanah dan air Indonesia. Banyak sekali pertempuran laut yang dilakukan Indonesia seperti pertempuran di teluk Sibolga dan selat Bali. Beberapa warga negara mengenal hari ini dengan Hari Dharma Samudera dan mengenang para pahlawan yang gugur di pertempuran laut Aru yang terjadi di tahun 1962. Karena pertempuran ini merupakan pucaknya perjuangan bahari Indonesia dengan gugurnya Komodor Yos Soedarso dan tenggelamnya KRI Matjan (dibaca: Macan) Tutul.

25 Januari – Hari Gizi dan Makanan

Merupakan hari khusus Indonesia untuk mengenang perjuangan yang dilakukan Menteri Kesehatan RI (saat itu: J. Leimena) dan bapak gizi Indonesia Prof. Poerwo dalam memperbaiki gizi serta kesehatan warga Indonesia. Banyak hal yang dilakukan kedua pahlawan tersebut dalam memperbaiki warga Indonesia yang terbilang buruk sehinggan mempengaruhi kualitas pendidikan terutama anak-anak. Dari banyak hal yang dilakukan, ada 1 hal yang menjadi alasan adanya hari besar ini yaitu tepat pada tanggal 25 Januari 1951 para pahlawan ini mendirikan Sekolah Djuru (dibaca: Juru) Penerang Makanan atau disingkat SPDM yang memiliki kegiatan memberikan pendidikan tentang gizi dan kesehatan secara langsung kepada warga Indonesia.

31 Januari – Hari Lahir Nahdlatul Ulama

Hari khusu bagi warga Indonesia untuk mengingat kembali bahwa hari ini merupakan hari kelahiran / pembentukan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Ada banyak faktor yang melatar belakangi berdirinya NU, entah akibat penjajahan / akibat kunjungan tradsisi / akibat perkembangan zaman / akibat munculnya organisasi yang bersifat embrional / akibat terakomodirnya Kyai dari kalangan tradisional yang mengikuti konperensi Islam dunia atau Indonesia. Tapi ada 1 alasan yang memaksa NU untuk didirikan lebih cepat yaitu berkembangnya pemikiran Islam yang menghendaki pelarangan segala bentuk amaliah kaum Sunni. Hal ini merupakan sebuah pemikiran agar umat Islam kembali pada ajaran Islam murni. Maka dipercepat kelahiran Nahdlatul Ulama yang disepakati oleh para ulama pesantren pada 16 Rajab 1344 Hijriah yang betepatan dengan tanggal 31 Januari 1926 Masehi di kota Surabaya yang dipimpin oleh K.H Mohammad Hasyim Asy’ari sebagai Rais Aam NU pertama.

Hari Besar Indonesia Bulan Februari

05 Februari – Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi

Merupakan hari pemberontakan yang terjadi diatas kapal Her Netherlands Majesty’s Ship (HNMS) milik angkatan laut kerajaan Belanda di lepas pantai Sumatera Pada tanggal 05 Februari 1933. Penyebab pemberontakan ini adalah keputusan menurunkan gaji yang diumumkan di pangkalan laut sebesar 17% kepada para pegawai pemerintah Hindia Belanda yang diumumkan pada tanggal 1 Januari 1933. Para pelaut Indonesia melakukan unjuk rasa besar-besaran di di pangalan utama angkatan laut Belanda yang berlokasi di Surabaya dan menyebar luaskan berita ini melalui radio ke para pelaut yang sedang berlayar diluar Surabaya. Setelah hasil rapat para beberapa sekelompok orang termasuk Rumambi dan Paraja sebelum terjadi pemberontakan.

09 Februari – Hari Kavaleri

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali hari jadi pasukan Kavaleri atau lebih dikenal dengan Batalyon Kavaleri. Kesatuan ini pasukan Kavaleri TNI yang tidak harus terdiri dari 600 – 1000 personel. Pasukan ini biasanya menggunakan kendaraan seperti tank atau panser. Pemimpin Angkatan Darat saat itu mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pembentukan organisasi satuan lapis baja pada tanggal 09 Februari 1950.

09 Februari – Hari Persatuan Wartawan Indonesia

Merupakan hari khsusu warga Indonesia untuk mengingat kembali hari jadi pembentukan kesatuan pers di Indonesia. Organisasi wartawan ini dibentuk pada tanggal 09 Februari 1946 di Surakarta, dengan demikian organisasi yang disebut PWI ini merupakan organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia dan beranggotakan selluruh wartawan di seluruh Indonesia.

09 Februari – Hari Komando Pertahanan Udara Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari jadi Komando Pertahanan Udara Nasional (KOHANUDNAS) yang didirikan pada tanggal 09 Februari 1962. Persatuan ini merupakan utama terpenting dalam kesatuan markas besar TNI yang berfungsi sebagai mata dan telinga mengawasi pergerakan pesawat udara yang melintasi wilayah Indonesia. KOHANUDNAS didukung oleh Satuan Radar TNI-AU dalam menjalankan setiap tugasnya di seluruh Indonesia.

13 Februari – Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengenang kembali hari jadi / pembentukan organisasi yang menghimpun tenaga ahli farmasi seluruh Indonesia atau yang sekarang dikenal dengan Tenaga Teknis Kefarmasian (TKK). Organisasi ini dibentuk pada tangga 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka Yogyakarta yang menobatkan Zainal Abidin sebagai ketua pertama.

14 Februari – Hari Pembela Tanah Air

Pembela Tanah Air atau biasa disingkat PETA merupakan kesatuan tentara sukarela pembela tanah air yang dibentuk oleh Jepang di Indonesia saat masa kependudukan Jepang. Kesatuan ini dibentuk pada tanggal 03 September 1943 yang diumumkan oleh panglima tentara ke-16 Letnan Jendral Kumakichi Arada dan pelatihan pasukan ini dipusatkan di kompleks militer Bogor. Namun peristiwa yang perlu diperingati dari kesatuan ini adalah pemberontakan yang terjadi di Blitar pada tanggal 14 Februari 1945. Saat itu PETA dibawah kepemimpinan Supriadi melakukan sebuah pemberontakan yang akhirnya Supriadi dinyatakan hilang dalam peristiwa ini.  Tapi pemimpin lapangan Muradi tetap ada bersama pasukan sampai pemberontakan ini selesai. Sesuai peraturan militer tentara kekaisaran Jepang di Eevereld (saat ini: Pantai Ancol) pemberontak ini harus dihukum mati. Pasukan pun melaksanakan hukuman mati pada tanggal 16 Mei 1945. Singkat cerita, PETA dibubarkan pada tanggal 18 Agustus 1945 setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

20 Februari – Hari Pekerja Nasional

Sebagai hari khusus untuk memperingati terbentuknya Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI) pada tanggal 20 Februari 1973. FBSI lahir atas keinginan Serikat Pekerja perusahaan di Indonesia yang ingin menyederhanakan dan menyatukan semangat seluruh pekerja di Indonesia.

22 Februari – Hari Masjid Istiqlal

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk meperingati hari selesainya pembangunan masjid nasional Istiqlal pada 22 Februari 1978 yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Masjid ini di prakarsai oleh presiden Republik Indonesia saat itu Ir. Soekarno dengan pemancangan batu pertama sebagai dimulainya pembangunan masjid Istiqlal pada tanggal 24 Agustus 1951. Dengan sigap arsitek masjid Istiqlal Frederich Silaban seorang Kristen Protestan membuat konsep terbaik dan segera melaksanakan tugas-tugasnya.

28 Februari – Hari Gizi Nasional

Merupakan agenda penting bagi pemerintah Indonesia untuk mensosialisasikan program perbaikan gizi nasional yang tentunya untuk meningkatkan kesadaran warga Indonesia akan pentingnya gizi untuk kelangsungan hidup yang sehat dan berkualitas.

Hari Besar Indonesia Bulan Maret

01 Maret – Hari Kehakiman Nasional

Memperingati hari jadinya persatuan hakim dan perjuangan para hakim pada tahun 1951. Pada saat itu ketua Pengadilan Negeri (PN) Soebijono menentang perlakuan eksekutif yang memposisikan hakim sebagai kelas 2. Dari kejadian ini terlahir juga Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi). Dari perjuangan ini para hakim meminta gaji yang layak dan protokoler yang setara sebagai pejabat negara.

01 Maret – Hari Peristiwa Serangan Umum 1949

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali serangan umum pada tanggal 01 Maret 1949 yang terjadi di Yogyakarta. Serangan ini merupakan serangan besar-besaran yang direncanakan oleh jajaran tinggi militer Divisi III, konon serangan ini untuk membuktikan kepada dunia bahwa TNI masih hidup dan masih memiliki kekuatan yang kuat untuk menghadapi perlawanan terhadap pasukan Belanda. Soeharto pun turut serta dalam peristiwa ini sebagai pelaksana lapangan.

06 Maret – Hari Komando Strategis Angkatan Darat

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati terbentuknya Komando Strategis Angkatan Darat atau yang lebih dikenal KOSTRAD pada tanggal 06 Maret 1961. Awal mula didirikan namanya adalah Komando Mandala sebagai inti kekuatan operasi trikora (pembebasan Irian Barat) sebelum mematenkan diri menjadi KOSTRAD. Mayor Jenderal Soeharto adalah Panglima KOSTRAD pertama sebelum memutuskan menjadi Presiden Indonesia.

09 Maret – Hari Musik Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari kelahiran komponis besar Indonesia Wage Rudolf Supratman atau lebih dikenal dengan sebutan W.R Supratman yang lahir pada tanggal 09 Maret 1903. Maka diciptakanlah Hari Musik Nasional karena karya beliau dalam pembuatan lagu Indonesia Raya terbilang luar biasa untuk anak muda berusia 21 tahun.

10 Maret – Hari Persatuan Artis Film Indonesia

Merupakan hari khusus bagi warga Indonesia untuk memperingati hari lahirnya PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) yang didirikan pada tahun 1956. PARFI merupakan wadah lanjutan dari SARI (Sarikat Artist Indonesia) yang merupakan organisasi para sutradara, pemeran, penari, penyanyi hingga pelukis. Setelah SARI hilang, sempat lahir organisasi sebelum PARFI yaitu PERSAFI (Persatuan Artis Film dan Sandiwara Indonesia) namun sempat mandul hingga lahir kembali dengan wajah baru yaitu PARFI pada tahun 1956 yang dikenang hingga saat ini.

11 Maret – Hari Surat Perintah Sebelas Maret

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati surat perintah dari presiden Indonesia Soekarno pada tahun 1966. Surat ini berisi intruksi dari presiden kepada Soeharto selaku Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban (PANGKOPKAMTIB) untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi situasi keamanan yang buruk pada saat itu salah satunya adalah membubarkan PKI.

18 Maret – Hari Arsitektur Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali jasa-jasa para arsitek yang telah membangun Indonesia dengan serius dan pemikiran yang matang. Hasil karya arsitektur mereka bisa kita rasakan hingga saat ini. Hari arsitek ini tidak ditujukan untuk satu atau dua orang saja, tapi ditujukan kepada semua arsitek yang pernah dan sedang membangun Infrastruktur Indonesia menjadi lebih baik.

24 Maret – Hari Peringatan Bandung Lautan Api

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengenang kembali nenek moyang yang menghadapi peristiwa kebakaran besar yang terjadi di Bandung 24 Maret 1946. Sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah dan harta mereka kemudian meninggalkannya ke pegunungan daerah selatan Bandung sehingga api semakin karena tidak ada upaya pemadaman. Hal ini dilakukan agar tentara sekutu dan tentara NICA Belanda tidak dapat menjadikan Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

29 Maret – Hari Filateli Indonesia

Merupakan hari memperingati kegiatan yang mengumpulkan Filateli (prangko dan benda-benda pos lainnya), kegiatan ini dilakukan karena Filateli yang sudah berumur lama memiliki harga yang sangat tinggi ditambah lagi kegiatan ini di dukung oleh PT Pos Indonesia sebagai jasa pos milik Indonesia.

30 Maret – Hari Film Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia memperingati produksi film Indonesia pertama yang dikeluarkan setelah kodisi Indonesia benar-benar nyaman dari peperangan dan karya film yang benar-benar murni mencirikan Indonesia. Film tersebut adalah Darah & Doa, film ini disutradarai oleh Usmar Ismail sebagai warga Indonesia dan film di produksi oleh PERFINI (Perusahaan Film Nasional Indonesia) yang merupakan milik Indonesia ditambah film tersebut sangat mencirikan Indonesia. Alasan tersebut menjadikan 30 Maret sebagai Hari Film Indonesia walaupun sebetulnya perfilman di Indonesia sudah ada sejak tahun 1900 dengan berdirinya bioskop pertama di Indonesia pada tanggal 5 Desember 1900 tepatnya di Tanah Abang, Batavia dengan nama Gambar Idoep.

Hari Besar Indonesia Bulan April

06 April – Hari Nelayan Nasional

Sebagai negara yang dikelilingi lautan luas serta penghasilan yang melimpah dari hasil lautnya, pemerintah memberikan penghargaan kepada para nelayan dengan menetapkan Hari Nelayan Nasional.

09 April – Hari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Saat ini lebih dikenal dengan sebutan TNI-AU, dulunya TNI-AU merupakan bagian dari TNI Angkatan Darat yang waktu itu masih bernama Tentara Keamanan Rakyat Jawatan Penerbangan (TKR-JP). Dibangunlah TNI Angkatan Udara yang dapat dikatakan tidak berada dibawah Angakatan Darat lagi pada tanggal 09 April 1946 dan semakin fokus bertanggung jawab atas operasi pertahanan Republik Indonesia bagian udara.

16 April – Hari KOPASSUS

KOPASSUS merupakan pasukan khusus yang mampu menangani tugas-tugas berat seperti Operasi Dwikora, Operasi Seroja dam operasi yang tidak diketahui banyak orang saat ini yaitu penyusupan ke pengungsi Vietnam di pulau Galang untuk mengumpulkan informasi yang akan dikoordinasikan dengan pihak Amerika Serikat (CIA). Pasukan ini didirikan oleh Kolonel A.E Kawilarang pada tanggal 16 April 1952 yang sebelumnya bernama Kesatuan Komando Tentara Territorium (KESKO TT) dan komandan pertamanya adalah Idjon Djanbi yang merupakan mantan Kapten KNIL Belanda kelahiran Kanada.

18 April – Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika

Merupakan hari khsusu warga Indonesia untuk memperingati hari dimana terlaksananya konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika pada tahun 1955. Konferensi ini diselenggarakan oleh Indonesia, Burma (Myanmar), India, Ceylon (Sri Lanka) dan Pakistan. Konferensi ini berlangsung dari 18 April 1995 – 24 April 1995 di Gedung Merdeka, Bandung. Adapun tujuan dari konferensi ini adalah mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan Asia – Afrika serta melawan kolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet dan negara imperialis lain.

19 April – Hari Pertahanan Sipil

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali jasa-jasa dari para pertahanan sipil atau yang lebih dikenal HANSIP / LINMAS yang merupakan salah satu satuan pertahanan dan keamanan yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia. Namun organisasi HANSIP ini telah dibubarkan pada tahun 2014 oleh presiden saat itu Susilo Bambang Yudhoyono.

21 April – Hari Kartini

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari pahlawan kemerdekaan yang ditetapkan kepada Kartini oleh presiden pertama Indonesia Ir Soekarno. Soekarno menetapkan Raden Adjeng Kartini atau yang lebih dikenal Kartini sebagai pahlawan kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini yaitu tanggal 21 April. Perjuangannya yang paling dikenal adalah mengangkat martabat wanita di mata Indonesia bahkan dunia. Namun perjuangan lainnya yang belum terselesaikan karena tuhan memanggilnya lebih cepat pada tanggal 17 September 1904 (25 tahun).

24 April – Hari Angkutan Nasional

Hari ini merupakan hari untuk memperingati jasa dari para pengangkut yang mengunakan kendaraan (angkutan) atau lebih dikenal sebagai kendaraan transportasi umum. Dengan kerja kerasnya ini membantu seluruh warga Indonesia menjadi lebih mudah untuk bepergian ke suatu tujuan atau bahkan beberapa tujuan sekaligus.

24 April – Hari Solidaritas Asia Afrika

Merupakan hari memperingati solid nya negara-negara di Asia dan Afrika setelah konferensi Asia Afrika di Bandung dan menetapkan Bandung sebagai ibu kota Solidaritas Asia dan Afrika. Dan hari ini pun dijadikan hari nasional untuk mengingat kembali kerjasama-kerjasama yang pernah dilakukan antara Asia dan Afrika dengan sangat baik untuk membuat hidup semua pihak menjadi lebih baik.

27 April – Hari Lembaga Pemasyarakatan

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali jasa-jasa yang dilakukan lembaga pemasyarakatan dalam memberikan pembinaan kepada narapidana-narapidana dan anak didik pemasyarakatan di Indonesia. Hal ini lebih dikenal LAPAS atau sebelumya disebut PENJARA. Lembaga ini pun merupakan unit pelaksanaan teknis dibawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau zaman dulu lebih dikenal dengan Departemen Kehakiman.

Hari Besar Indonesia Bulan Mei

01 Mei – Hari Pembebasan Irian Barat

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari dimana terjadinya pembebasan Irian Barat dari genggaman keras Belanda. Saat Indonesia merdeka, Soekarno mengklaim seluruh wilayah Hindia Belanda adalah Indonesia termasuk wilayah barat pulau Papua ini. Namun pihak Belanda menolanya mentah-mentah dengan alasan Irian Barat merupakan salah satu provinsi kerajaan Belanda dam akan menjadikan Papua sebagai negara merdeka selambat-lambatnya tahun 1970’an. Soekarno menolaknya dan mempersiapkan Komando Mandala yang berpusat di Makassar untuk melaksanakan pembebasan Irian Barat dari Belanda yang dinamakan Operasi Trikora.

02 Mei – Hari Pendidikan Nasional

Merupakanhari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara 2 Mei 1889 yang merupakan tokoh pelopor pendidikan Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

05 Mei – Hari Lembaga Sosial Desa

Merupakan hari khsusu warga Indonesia yang ditetapkan oleh pemerintah daerah uang ditujukan untuk rasa peduli sosial kepada masyarakat desa di Indonesia. Desa merupakana suatu wilayah yang memiliki batas-batas tertentu dan biasanya menyelesaikan masalah cukup dengan bermusyawarah, hal ini dilakukan pemerintah daerah agar dapat mengingat kembali bahwa Indonesia terlahir dari jajaran desa-desan yang menjadi besar dan untuk memperhatikan kembali betapa pentingnya pengaruh pedesaan untuk Indonesia.

11 Mei – Hari Polisi Militer TNI

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari jadi POM TNI yang awalnya bernama Pusat Polisi Militer TNI (PUSPOM TNI) ketika didirikan pada tanggal 22 Juni 1946. dengan alasan sebagai upaya meningkatkan tata tertib dan penegakan hukum di lingkungan TNI.

15 Mei – Hari Korps Resimen Mahadjaya / Jayakarta

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati kekuatan kesatuan mahasiswa atau lebih dikenal dengan MENWA (Resimen Mahasiswa) dalam mempertahankan NKRI yang dilatih militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payun,dsb. MENWA pun dikatakan sebagai komponen cadangan pertahanan negara yang bermarkas di masing-masing kampus dan terdiri dari mahasiswa-mahasiswi kampus tersebut.

17 Mei – Hari Buku Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia yang ditentukan oleh Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong “Abdul Malik Fadjar” pada tanggal 17 Mei 2002 yang ternyata bertepatan juga dengan hari berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Mei 1980. Hal ini tentu saling berhubungan antara perpustakaan dan buku, dengan lahirnya Hari Buku Nasional sebagai lapis kedua dari hari lahirnya Perpustakaan Nasional tentu Indonesia berharap dapat meningkatkan minat baca warga Indonesia.

19 Mei – Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati jasa-jasa pahlawan yang masih hidup dan veteran Indonesia yang sudah berjuang mempertahankan tanah air Indonesia baik itu berperang menuju kemerdekaan ataupun berperang setelah kemerdekaan. Umumnya, warga Indonesia hanya memperingati pahlawan yang sudah tiada saja padahal masih ada pahlawan yang tersisa dalam bentuk peperangan lain yang membawa dan membela Indonesia dan memiliki cacat tubuh akibat perjuangannya tersebut.

20 Mei – Hari Kebangkitan Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati masa dimana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan berdirinya Sarekat Dagang Islam di tahun 1905 di pasar Laweyan Solo, berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Namun Indonesia lebih mengenal hari berdirinya Boedi Oetomo yang dianggap merupakan peristiwa penting bagi seluruh rakyat Indonesia.

21 Mei – Hari Peringatan Reformasi

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati reformasi Indonesia dari era Orde Baru ke era Reformasi yang terjadi pada tanggal 21 Mei 1998 yang dilakukan oleh para mahasiswa dengan menjatuhkan / menuntut mundur Soeharto dari jabarannya sebagai presiden.

29 Mei – Hari Lanjut Usia Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mewujudkan kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. Hal ini berawal dari undang-undang tentang Kesejahteraan Lansia yang menjelaskan Lansia adalah orang yang telah berusia diatas 60 tahun dan tepat pada hari ini juga didirikannya Komisi Nasional Perlindungan Penduduk Lanjut Usia (KOMNAS LANSIA).

Hari Besar Indonesia Bulan Juni

01 Juni – Hari Lahir PANCASILA

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari kelahiran PANCASILA pada tanggal 01 Juni 1945 di Jakarta yang dibuka dengan pidato Soekarno berjudul Lahirnya PANCASILA.

01 Juni – Hari Susu Nusantara

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali pentingnya susu dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini juga berkaitan dengan kualitas gizi bangsa karena susu dipercaya dapat meningkatkan kualitas gizi bangsa Indonesia, meningkatkan industri sapi perah nasional yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para peternak sapi.

03 Juni – Hari Pasar Modal Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali peristiwa jual beli saham di Indonesia yang dapat diaktakan luar biasa dengan penjualan saham yang dilakukan oleh Cultuur Maatschappij Goalpara di Batavia seharga 500 Gurden per saham, 4 tahun berikutnya yaitu tahun 1896 harian Het Centrum dan Djoejacarta mengeluarkan prospektus penjualan saham senilai 105ribu Gurden dengan harga perdana 100 Gurden per saham dan peristiwa lainnya tentang prespektus penjualan saham. Hal ini dapat dikatakan awal mulanya sejarah Pasar Modal Indonesia.

17 Juni – Hari Dermaga

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari berdirinya banyak dermaga-dermaga di Indonesia dengan ciri khas Indonesia.

21 Juni – Hari Krida Pertanian

Merupakjan hari khusus warga Indonesia memperingati hari lahirnya pertanian yang semula diperingati oleh tokoh-tokoh pertanian, peternakan, para pegawai dan pengusaha didalam pertanian dan peternakan pada tanggal 21 Juni yang dipercayai pada tanggal ini posisi matahari memberikan tenaga kehidupan bagi tumbuh-tumbuhan, binatang dan manusia.

22 Juni – Hari Ulang Tahun Kota Jakarta

Merupakan hari khusus warga Indonesia terutama warga Jakarta untuk memperingati hari yang diduga sebagai hari jadi Jakarta yang dikeluarkan oleh Sudiro selaku Walikota Jakarta pada saat itu. Dibantu para ahli sejarah untuk meneliti kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah karena Sudiro hanya yakin dengan tahun nya saja yaitu tahun 1527. Singkat cerita, Mr. Dr. Sukanto selaku ahli sejarah saat itu menetapkan tanggal 22 Juni merupakan tanggal didirikannya Jakarta oleh Fatahillah.

24 Juni – Hari Bidan Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia terutama para Bidan di Indonesia untuk memperingati hari lahirnya kesatuan Bidan yang diawali dengan konferensi Bidan pada tanggal 24 Juni 1951 di Jakarta atas prakarsa para bidan senior yang berdomisili di Jakarta.

29 Juni – Hari Keluarga Berencana Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati momentum penting bagi para keluarga yang ditinggalkan salah satu atau beberapa anggota keluarganya untuk berperang melawan Belanda sebelum Belanda menyerahkan kedaulatan Indonesia secara utuh pada tahun 1949. Seminggu setelah Belanda menyerahkan kedaulatan Indonesia yaitu tanggal 29 Juni seluruh prajurit kembali kumpul bersama keluarganya termasuk Soeharto yang kala itu menjadi Komandan Gerilya Yogjakarta.

Hari Besar Indonesia Bulan Juli

01 Juli – Hari Bhayangkara

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari jadi terbentuknya pasukan pengamanan yang disebut Bhayangkara oleh Patih Gajah Mada pada masa kerajaan Majapahit yang bertugas melindungi Raja dan kerajaan. Tidak hanya pasukan Bhayangkara, ketika itu Indonesia juga membentuk pasukan-pasukan lainnya demi membela aset negara yang dibantu oleh beberapa warga Eropa yang tinggal di Semarang. Sebelumnya pasukan kepolisian hanya bertanggung jawab masalah administrasi yang dulu disebut Djawatan.

05 Juli – Hari Bank Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari jadinya Bank Indonesia yang pada awal berdirinya bernama De Javasche Bank pada tahun 1828 yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda. Bank ini berubah nama menjadi Bank Indonesia pada tahun 1953 dan tugas-tugasnya pun semakin bertambah yang semula hanya mencetak dan mengedarkan uang hingga tahun 2008 terakhir kali adanya penambahan tugas untuk Bank Indonesia seperti mengatasi moneter, ketahanan perbankan nasional, menjaga kelancaran sistem pembayaran dan banyak lagi yang bertujuan untuk mengendalikan uang Indonesia dengan baik.

09 Juli – Hari Satelit PALAPA

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali peluncuran satelit PALAPA yang diluncurkan pada tanggal 08 Juli 1976 pada masa Soeharto yang ditujukan untuk memberikan manfaat baru kepada warga Indonesia ketika itu. Satelit ini diluncurkan pada tanggal 08 tapi dapat dikonfirmasi tibanya di angkasa tanggal 09 Juli + pemasangan satelit tersebut. Satelit ini diluncurkan oleh Amerika diatas Samudera Hindia dengan roket Amerika Serikat.

12 Juli – Hari Koperasi Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali Kongres Koperasi yang dilakukan di Tasikmalaya pada tanggal 12 Juli 1947. Sebetulnya koperasi sudah ada sejak lama sebelum Indonesia merdeka yang diperkenalkan oleh R. Aria Wiriatmadja di Purwokerto – Jawa Tengah dengan tujuan memberikan kredit dan membantu rakyat yang terjerat hutang kepada rentenir. Hal ini pun semakin berkembang dengan baik sehingga ditiru oleh Boedi Oetomo dan lainnya. Terjadinya Kongres Koperasi disebabkan oleh warga Jepang yang merubah gaya koperasi berubah drastis yang menyengsarakan rakyat Indonesia dan Kongres Pertama ini dilakukan untuk menetapkan keputusan-keputusan penting yang tentu untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

15 Juli – Hari PT. ASKES

Merupakan hari khusus warga Indonesia mengingat kembali hari jadi perusahaan PERSERO yang merupakan Bada Usaha Milik Negara untuk menyelenggarakan pemeliharaan kesehatan. Singkat cerita, Badan Usaha ini didirikan akibat adanya pengeluaran yang tidak terduga apabila seseorang terkena penyakit yang tergolong berat dan ditolak pihak rumah sakit karena ketidak sanggupan orang tersebut untuk membayar biaya pengobatan.

22 Juli – Hari Kejaksaan

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali keputusan Presiden RI tanggal 01 Agustus 1960 yang memutuskan bahwa Kejaksaan merupakan sebuah departemen. Hal ini karena pada zaman dahulu sebelum zaman penjajahan sudah ada Kejaksaan di zaman kerajaan Hindu Jawa yang dulu masih disebut Dhyaksa yang artinya Hakim Pengadilan. Presiden memutuskan bahwa Kejaksaan tersebut berubah nama menjadi Kejaksaan per tanggal 22 Juli 22 Juli 1960 dan merupakan departemen kepemerintahan dengan kabinet yang baru berasal dari kepemerintahan, walaupun pada saat itu belum ada tempat permanen untuk departemen baru ini yang selalu berpindah-pindah tempat sampai akhirnya menetap secara permanen di di Jl. Sultan Hasanuddin No. 1 Kebayoran Baru – Jakarta Selatan yang bertepatan pada tanggal 22 Juli tahn 1968.

23 Juli – Hari Komite Nasional Pemuda Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali hari lahirnya organisasi pemuda yang diawali dari kelompok binaan kader Golkar dan tentara yang dipimpin oleh David Napitulu pada tanggal 23 Juli 1973 dan dikenal dengan singkatan KNPI. Organisasi ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan kesadaran sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan PANCASILA dan Undang-Undang 1945. Tidak memerlukan waktu lama, organisasi ini direstui oleh pemerintahan Orde Baru dan masih pada tahun yang sama KNPI mengikuti unjuk rasa mahasiswa yang menentang masuknya modal asing dan diikuti ditahun berikutnya dengan ikut serta demonstrasi Malari.

23 Juli – Hari Anak Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia merayakan perayaan yang bertujuan menghormati hak-hak anak-anak diseluruh Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, masing-masing negara memiliki Hari Anak dan ada juga Hari Anak Internasional yang diselenggarakan seluruh dunia setiap tanggal 20 November.

29 Juli – Hari Bhakti TNI Angkatan Udara

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengenang peristiwa jatuhnya pesawat DAKOTA VT-CLA akibat serangan 2 pesawat pemburu Belanda pada tanggal 29 Juli 1947. Pada peristiwa ini 3 tokoh perintis TNI AU gugur yang diantaranya adalah Marsda TNI (ANUMERTA) Agustinus Adisutjipto adalah penganut agama Katolik dan seorang Komodor Udara Indonesia.

31 Juli – Hari Korps Pelajar Islam Indonesia (PII) Wati

Merupakan hari khusus warga Indonesia hari lahir (kembali)nya Korps Pelajar Islam Wanita yang memiliki tujuan “Berpribadi Islam yang Konsekwen Terhadap Prinsip-Prinsip Islam”.

Hari Besar Indonesia Bulan Agustus

05 Agustus – Hari Dharma Wanita Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari jadinya organisasi bernama Dharma Wanita Pada tanggal 05 Agustus 1974, organisasi ini beranggotakan istri-istri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pada tanggla 07 Desember 1999 dilaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB) Dharma Wanita yang berisi beberapa perubahan dan poin penting didalamnya yang bertujuan untuk membuat organisasi ini semakin baik. Salah satu poin itu adalah Menegaskan bahwa ini merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang bergerak di bidang Pendidikan, Ekonomi dan Sosial Budaya.

10 Agustus – Hari Veteran Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali jasa-jasa orang yang pernah memiliki pengalaman di bidang militerataupun penegakan hukum. Hari Veteran ini dimaksudkan kepada warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui pemerintah yang berperan dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan/atau gugur dalam pertempuran membela Indonesia.

10 Agustus – Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati masa teknologi Indonesia yang mulai berkembang dengan diawali penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hal tersebut menjadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia. Pesawat tersebut juga merupakan pesawat pertama yang diciptakan anak bangsa.

12 Agustus – Hari Wanita TNI Angkatan Udara

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati terbentuknya Wanita TNI-AU yang biasa disingkat WARA, prajurit WARA ini dibentuk agar kaum wanita dapat menajdi anggota TNI Angkatan Udara seperti kaum pria dan buktinya saat ini sudah ada banyak WARA yang berpangkat Marsekal Pertama TNI. WARA ini dibentuk pada tanggal 12 Agustus tahun 1962.

13 Agustus – Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api

Merupakan hari khusus nasional untuk mengingat kembali betapa gigihnya para pejuang Indonesia dalam melawan penjajah. Serangan ini berawal dari masuknya Agresi Militer ke wilayah Sumatera Utara pada tanggal 21 Juli 1947 dan mulai melancarkan serangan menuju arah pangkalan Brandan. Singkat cerita, para pejuang Indonesia meledakkan tanki-tanki besar di pangkalan Brandan pada tanggal 13 Agustus 1947 yang bertujuan untuk membasmi seluruh penjajah yang sudah berhasil masuk ke pangkalan walaupun 2 hari sebelumnya sudah dilakukan upaya penghambatan dengan menghancurkan jembatan yang tehubung ke pangkalan Brandan.

14 Agustus – Hari PRAMUKA

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati hari jadinya PRAMUKA dengan dilaksanakannya pelantikan MAPINAS, KWARNAS dan KWARNARI di istana negara pada tanggal 14 Agustus 1961. PRAMUKA merupakan singkatan dari Praja Muda Karana artinya jiwa muda yang suka berkarya, merupakan organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Sebetulnya, PRAMUKA ini sudah dimulai sejak tahun 1923 saat didirikannya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Jakarta yang merupakan cikal bakal PRAMUKA di Indonesia yang akhirnya kedua organisasi kepanduan tersebut melebur menjadi satu dengan nama Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) pada tahun 1926.

17 Agustus – Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Merupakan hari khusus seluruh warga Indonesia untuk mengingat kembali proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibicarakan (pidato) oleh presiden pertama Ir. Soekarno pada hari Jumat, 17 Agustus tahun 1945. Proklamasi ini dilakukan di Jl. Pengangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

18 Agustus – Hari Konstitusi Indonesia

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati Hari Konstitusi Indonesia saat ditanda-tangani Deklarasi Hari Konstitusi Indonesia oleh Lembaga Kajian Konstitusi, Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Pimpinan serta anggota Dewan Perwakilan Daerah + berbagai komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2008.

19 Agustus – Hari Departemen Luar Negeri Indonesia

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati hari terbentuknya Kementrian Luar Negeri pada tanggal 19 Agustus 1945 setelah proklamasi Indonesia yang juga merupakan kabinet pertama Indonesia setelah proklamasi.

21 Agustus – Hari Maritim Nasional

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati kehebatan yang dilakukan Angkatan Laut Indonesia yang berhasil mengambil alih kekuasaan militer laut Jepang pada tanggal 21 Agustus 1945 (4 hari setelah proklamasi) yang saat itu Jepang sudah menggunakan peralatan perang yang lebih canggih dari Indonesia. Dan sejak itu pula Jepang mulai percaya apa yang dikatakan negara-negara lain bahwa maritim Indonesia sangat disegani penjajah sebelumnya.

24 Agustus – Hari Televisi Republik Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari jadi Stasiun Televisi Republik Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan TVRI sebagai stasiun televisi Indonesia pertama, pada tanggal 24 Agustus 1962 TVRI resmi mengudara di Indonesia.

Hari Besar Indonesia Bulan September

01 September – Hari Polisi Wanita

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati lahirnya kesatuan kepolisian berjenis kelamin wanita yang disebut Polisi Wanita (POLWAN), didirikan pada tanggal 01 September 1948 di Bukittinggi – Sumatera Barat. Alasan didirikannya POLWAN karena Pemerintah Darurat Republik Indonesia menghadapi Agresi Militer II yang menyebabkan pengungsian besar-besaran mulai dari anak-anak, ibu-ibu sampai laki-laki muda dan dewasa. Demi menjaga keamanan dari penyelundupan, pengungsi harus diperiksa satu persatu tanpa kecuali tapi para wanita tidak rela diperiksa apa lagi dipegang-pegang oleh pria walaupun seorang polisi.

04 September – Hari Pelanggan Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional yang dicetuskan oleh pengusaha asal Solo Handi Irawan bahwa tanggal 04 September adalah Hari Pelanggan Nasional dan disetujui oleh presiden Megawati Soekarno Putri pada tahun 2003. Bersamaan dengan itu, Handi Irawan jadi dikenal sebagai Bapak Kepuasan Pelanggan karena kutipannya yang menyatakan bahwa “Pelanggan Adalah Raja”.

08 September – Hari Pamong Praja

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) yang sebetulnya didirikan pertama kali pada tanggal 03 Maret 1950 di Yogyakarta sebelum akhirnya dinyatakan resmi dalam Undang-Undang pada tanggal 08 September. SATPOL PP sendiri merupakan perangkat pemerintah daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan peraturan daerah.

09 September – Hari Olahraga Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari pertama kali Pekan Olahraga Nasional (PON) dilaksanakan yaitu pada tanggal 09 September 1948.

11 September – Hari Radio Republik Indonesia

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati hari beridirinya Radio Reepublik Indonesia (RRI) yaitu pada tanggal 11 September 1945.

14 September – Hari Kunjung Perpustakaan

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali akan pentingnya membaca buku-buku perusahaan yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan masing-masing individu yang membacanya. Hal ini dimulai pada tahun 1995 oleh presiden Soeharto yang bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia saat itu yang tergolong masih rendah minta bacanya.

17 September – Hari Perhubungan Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati meningkatnya perhubungan antar daerah, kota dan pulau di Indonesia. Peningkatan hubungan ini menjadi semakin baik dan semakin memberikan keamanan terhadap masyarakat yang hendak bepergian dengan adanya sarana transportasi dan peristirahat yang saat itu sangat jarang ditemukan.

17 September – Hari Palang Merah Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari jadi Palang Merah Indonesia (PMI) pada tanggal 17 September 1945 / satu bulan setelah proklamasi. PMI sendiri merupakan organisasi penghimpunan nasional yang bergerak dalam sosial kemanusiaan, sebetulnya PMI sudah berdiri sejak lama sebelum perang dunia II yaitu pada tanggal 18 Oktober 1873 yang dibentuk oleh Belanda dengan nama lain yaitu Nederlandsche Roode Kruis Afdeeing Indie (NERKAI) namun sempat dibubarkan pada masa pendudukan Jepang. Kemudian mencoba membangun organisasi ini pada 03 September 1945 oleh MENKES RI Kabinnet I Dr. Boentaran yang diperintahkan oleh presiden Soekarno dan akhirnya terbentuk juga pada tanggal 17 September 1945.

24 September – Hari Tani Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia terutama para petani untuk mengingat kembali penetapan undang-undang yang ditetapkan oleh presiden Soekarno tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria pada tanggal 24 September 1960.

26 September – Hari Statistik

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari berlakunya undang-undang yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia tentang statistik sebagai pengganti Statistiek Ordonantie pada tanggal 26 September 1960.

27 September – Hari Pos Telekomunikasi Telegraf

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati berkembangnya Pos, Telegraf dan Telepon (PTT) di Indonesia, sebetulnya perkembangan tersebut sudah mulai terjadi pada tahun 1906. Singkat cerita, pada pendudukan Jepang PTT dikuasai oleh militer Jepang tapi Angkatan Muda PTT (AMPTT) berhasil merebut kembali PTT dari tangan Jepang dan itu terjadi pada tanggal 27 September 1945.

28 September – Hari Kereta Api

Merupakan hari khsusu nasional untuk memperingati hari perkeretaapian menjadi sepenuhnya berada ditangan Indonesia setelah sebelumnya selalu diganggu oleh Jepang dan selalu ikut campur dalam perkeretaapian Indonesia pada tanggal 28 September 1945.

29 September – Hari Sarjana Nasional

Merupakan hari khsusu warga Indonesia untuk memperingati kerja keras para Sarjana Indonesia dalam membangun negeri.

30 September – Hari Peringatan Gerakan 30 September PKI

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati peristiwa yang keji terjadi di Indonesia pada tanggal 30 September 1965. Dimana pada hari / malam itu terjadi pembunuhan terhadap 7 perwira tinggi militer Indonesia dalam suatu usaha kudeta.

Hari Besar Indonesia Bulan Oktober

01 Oktober – Hari Kesaktian PANCASILA

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati saktinya PANCASILA sebagai ideologi bangsa Indonesia yang mana sehari sebelumnya yaitu 30 September 1965 terjadi pemberontakan / gerakan 30 September PKI. Dalam peristiwa tersebut telah melenyapkan nyawa para petinggi-petinggi militer Indonesia yang direncanakan untuk bergabung kedalam kelompok PKI dan berencana mengambil alih Indonesia dengan membangun pemerintahan komunis. Tapi PANCASILA tetaplah PANCASILA, kekuatannya tidak pernah berkurang sedikitpun sampai saat ini.

05 Oktober – Hari Tentara Nasional Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperignati hari jadinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang didirikan pada tanggal 05 Oktober 1945 dengan tujuan untuk mempertahankan proklamasi kemerdekaan Indonesia dari ancaman Belanda yang ingin kembali berkuasa menjajah Indonesia melalui kekerasan senjata. TNI sendiri awal mulanya diberi nama Badan Keamanan Rakyat dan sempat berganti-ganti nama lain sebelum menetapkan diri menjadi TNI sampai saat ini.

08 Oktober – Hari Tata Ruang Nasional

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati hari jadinya Hari Tata Ruang Nasional yang diawali pada tahun 2008 dan disetujui Susilo Bambang Yudhoyono yang kala itu berperan sebagai presiden Indonesia pada tanggal 25 November 2013. Hari Tata Ruang Nasional sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat di bidang penataan ruang dan sosialisasi berbagai kebijakan pemerintah baik di pusat maupun daerah.

16 Oktober – Hari Parlemen Indonesia

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati hari pentingnya Indonesia dalam menampung aspirasi masyarakat dengan lahirnya kabinet Sjahrir I pada tanggal 16 Oktober 1945 dipimpin oleh Perdana Menteri Sutan Sjahrir. Malumat ini dikeluarkan oleh Hatta nomor X pada tanggal 16 Oktober 1945 dan mulai dari situlah Indonesia mulai menggunakan sistem parlementer.

24 Oktober – Hari Dokter Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk merayakan dan menghargai jasa-jasa para dokter kepada masyarakat dan kehidupan individual. Awal mulanya hal ini dilakukan oleh para staff-satff disebuah organisasi kesehatan yang melakukan acara makan siang bersama dengan tujuan merayakan / menghargai jasa-jasa para dokter.

27 Oktober – Hari Listrik Nasional

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari pertama listrik Indonesia menerangi Indonesia pada tanggal 27 Oktober tahun 1945.

28 Oktober – Hari Sumpah Pemuda

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati dimana terjadinya Sumpah Pemuda yang merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia yang terjadi pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia.

30 Oktober – Hari Keuangan Republik Indonesia

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memepringati disahkannya Hari Keuangan Republik Indonesia oleh presiden berdasarkan lahirnya uang emisi pertama Republik Indonesia yang waktu itu disebut Oeang Republik Indonesia (ORI). Dengan disahkannya ORI, maka uang Jepang, uang NICA dan uang Javasche Bank sudah tidak berlaku lagi. Dihari yang sama Indonesia juga mulai menyebarkan ORI ke masyarakat Indonesia dan diterima dengan bangga oleh masyarakat Indonesia.

Hari Besar Indonesia Bulan November

03 November – Hari Kerohanian

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk mengingat kembali betapa pentingnya menghargai dan menghormati agama / keyakinan yang dianut oleh orang lain karena Indonesia merupakan negara yang memiliki keyakinan / agama berbeda dan itu diresmikan oleh pemerintah bahwa benar adanya.

10 November – Hari Pahlawan

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945 dimana tentara Indonesia yang pro kemerdekaan melawan tentara Britania Raya dan Belanda.

12 November – Hari Kesehatan Nasional

Merupakan hari khsusu warga Indonesia untuk memperingati pendidikan kesehatan sebagai salah satu upaya promosi kesehatan yang diresimakan pada tahun 1964 dan memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

14 November – Hari Brigade Mobil

Merupakan hari khusus nasional untuk memperignati hari jadi pasukan Birgade Mobil (BRIMOB) yang didirikan pada tanggal 14 November 1946 dengan nama pertamanya yaitu Mobile Birgade (MOBRIG). Sebetulnya, MOBRIG merupakan pengganti dari pasukan istimewa sebelumnya yang didirikan pada masa pendudukan Jepang waktu itu bernama Tokubetsu Keisatsutai dan memulai tugas pertamanya dengan melucuti senjata tentara Jepang, melindungi kepala negara dan mempertahankan ibukota. Singkat cerita, pasukan ini berubah nama pada tanggal 14 November 1961 menjad BRIMOB samapai saat ini.

22 November – Hari Perhubungan Darat

Merupakan hari khsusu warga Indonesia untuk memperingati ditetapkannya hari Perhubungan Darat oleh pemerintah pada tahun 1971 yang menandai pembangunan rencana lintas darat yang sebagian besar digunakan oleh masyarakat Indonesia.

25 November – Hari Guru

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan sekaligus sebagai penghormatan kepada guru-guru di Indonesia atas jasanya mendidik anak-anak bangsa. Guru di Indonesia dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Hari Besar Indonesia Bulan Desember

12 Desember – Hari Transmigrasi

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati diresmikannya perpindahan penduduk dari kota ke desa yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk.

15 Desember – Hari Infanteri

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati hari jadi Infanteri Indonesia. Infanteri sendiri merupakan pasukan tempur darat utama yaitu pasukan berjalan kaki yang dilengkapi persenjataan ringan dan dilatih untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat. Hari Infanteri dulunya dikenal sebagai Hari Juang Kartika TNI-AD.

19 Desember – Hari Bela Negara

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tanggal 19 Desember 1948.

19 Desember – Hari Trikora

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati konflik 2 tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat. Pada tanggal 19 Desember 1961, presiden kala itu Soekarno mengumumkan pelaksanaan Trikora di alun-alun Yogyakarta.

20 Desember – Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

Merupakan hari khsusu warga Indonesia untuk memperingati peristiwa bersejarah bersatunya seluruh masyarakat Indonesia untuk mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan negara pada tanggal 20 Desember 1949 tepat sehari setelah tentara kolonial Belanda menyerbu dan menduduki ibukota negara Yogyakarta.

22 Desember – Hari Korps Wanita Angkatan Darat

Merupakan hari khusus nasional untuk memperingati hari lahirnya Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD) sebagai tenaga militer wanita dengan penugasan tertentu yang memerlukan sifat keibuan, ketelitian, ketekunan dan kesabaran. Surat keputusan sahnya KOWAD ini dikeluarkan pada tanggal 21 Desember 1960 tapi Hari KOWAD ditetapkan pada tanggal 22 Desember karena agar bertepatan dengan hari Kongres Wanita Pertama pada tanggal 22 Desember 1928 yang dikenal dengan hari Ibu.

22 Desember- Hari Ibu

Merupakan hari khusus warga Indonesia untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara dengan diadakannya Kongres Wanita Indonesia. Namun arti Hari Ibu kini telah banyak berubah, hari ini kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum Ibu bahkan sampai mengadakan perlombaan memasak yang mencermikan seorang ibu, bertukar hadiah dengan Ibu dan lomba memakai kebaya.

Itulah daftar hari nasional yang perlu diketahui walaupun masih banyak hari-hari lain yang tidak sempat tertuangkan diatas. Semoga dengan adanya artikel ini membuat para pembaca semakin mengetahui caranya menghargai dan menghormati sejarah negara Indonesia yang timbul karena berbagai macam peristiwa zaman dahulu.

Jadi, setelah membaca artikel ini tidak ada lagi alasan tidak mengetahui hari ini hari apa / hari ini sejarah apa kecuali hari yang tidak disebutkan diatas.

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi