Dampak BEGADANG dan Cara Menghindarinya

Arti begadang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berjaga tidak tidur sampai larut malam, pada umumnya tubuh manusia sudah disetting dengan jam biologis (ritme sirkadian) saat malam hari akan beraktivitas. Kebiasaan begadang meskipun siang hari tidur hingga delapan jam dapat mengubah jam biologis, apabila jam biologis berubah maka akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi yang normal seperti semula.

Meskipun tubuh beristirahat atau tidur selama delapan jam perhari, apabila tidak tidur di malam hari tentunya akan mempengaruhi kesehatan bagi tubuh. Apa saja dampaknya, berikut adalah dampak dari begadang.

Ciri-ciri

Orang yang sering begadang lama-lama akan muncul ciri-ciri fisik dalam tubuhnya seperti wajahnya lesu, kantung matanya menghitam dan berkantong, dan matanya merah.

Dampak Begadang

  • Obesitas
  • Penurunan sistem kekebalan tubuh
  • Menurunnya daya ingat
  • Stress dan depresi
  • Menurunnya perfoma seksual
  • Mengantuk pada siang hari
  • Risiko penyakit tertentu
  • Mempercepat penuaan dini
  • Meningkatkan masalah pada hati

Cara Untuk Mengurangi Risiko Dari Dampak Begadang

Banyak Konsumsi Air Putih

Pada saat begadang cenderung mengalami dehidrasi dan air putih sangat diperlukan, sehingga disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk mengurangi risiko dari dampak begadang.

Mengkonsumsi Vitamin dan Biji Nabati

Untuk menghindari rasa lapar pada saat begadang, Anda dapat mengganti camilan dengan makan yang terbuat dari biji-bijian, biji-bijian ini memiliki kalori yang cukup serta perlu adanya tambahan vitamin agar tubuh Anda kuat dari serangan penyakit dampak dari begadang.

Menghindari Makanan Cepat Saji dan Berminyak

Minyak yang diserap tubuh dapat mengganggu kinerja organ pada hati, pada umumnya proses detoxin pada hati berlangsung pada pukul 23.00 sampai pukul 03.00. Jika ditambah berkurangnya sistem imun karena kurang tidur, maka organ hati tidak akan berfungsi. Perubahan jam biologis saat makan akan menyebabkan gangguan pada pencernaan, proses pembakaran kalori pun akan berkurang dan dapat mengakibatkan tubuh semakin melar.

Mandi Menggunakan Air Hangat Pada Pagi Hari

Dalam ilmu kedokteran Angina Pektoris atau Angin Duduk adalah sebuah sindrom karena penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke otot jantung, sehingga menghambat pasokan datangnya darah ke jantung. Bagi Anda yang tidak memiliki penyakit jantung atau kelainan pada jantung dianjurkan untuk mandi air dingin di waktu pagi setelah begadang, karena untuk mengurangi efek adanya angin duduk atau Angina Pektoris.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi