Bahaya ! Sering Makan Pedas Bisa Mengurangi Selera / Kepekaan “Rasa”

Pedas dalam bahasa Inggris disebut Piquance, Piquancy, atau hot (juga merujuk ke hotness, raciness, pungence, spicines, tau spicy hot), merupakan suatu jenis ketajaman dan kesakitan yang khusus terhadap suatu rasa.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tak hanya menambahkan bumbu pedas atau sambal, kita juga dapat menyantap cabai mentah secara langsung, rasa pedas ini didapat dari senyawa pada cabai (Capsaicin). Tak hanya dapat memicu rasa pedas saja, namun mampu juga untuk meredakan rasa nyeri, karena mempunyai sifat anti peradangan sekaligus menambah nafsu makan.

Tahukah Anda ternyata mengkonsumsi pedas secara berlebihan akan berdampak negatif bagi kesehatan bagi tubuh anda, berikut adalah dampak-dampak negatifnya.

Dampak Negatif Konsumsi Pedas yang Berlebihan

  • Mulas-mulas

Rasa pedas yang berlebihan dapat menyebabkan mulas-mulas, dapat terjadi secara langsung dan tidak.

  • Lambung

Konsumsi makanan yan pedas menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan asam lambung, jika asam lambung meningkat maka akan mengiritasi dinding lambung.

  • Maag Akut/gastristis

Keseringan mengkonsumsi makanan yang pedas dapat menyebabkan penyakit maag akut pada lambung/gastritis, gejalanya yaitu sering mual, muntah, perut kembung dan disertai diare.

  • Sakit Kepala

Mengkonsumsi makanan yang pedas pada saat perut kosong dapat mengakibatkan terkena serangan sakit kepala, sakit kepala ini terjadi karena dampak penyakit gastritis.

  • Refluks Asam

Refluks asam merupakan salah satu penyebab kerusakan bagian kerongkongan, penyakit ini akan menyebabkan isi lambung mengalir kembali ke kerongkongan selain rusak kerongkongan juga akan menimbulkan peradangan dan rasa nyeri.

  • Menyebabkan Iritasi Usus

Jika Anda memiliki usus yang sensitif, maka sensasi panas yang berasal dari makanan pedas akan memicu terjadinya iritasi pada usus Anda.

  • Iritasi Bibir

Cabai merupakan iritan kulit yang dapat mengiritasi bibir, jika mengkonsumsi makanan pedas yang berlibihan maka iritasi bibir dapat terjadi.

  • Gangguan Pencernaan

Kandungan Capsaicin pada cabai dapat berungsi sebagai pencahar, dan jika sering mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan membuat Anda harus segera pergi ke toilet untuk buang air besar.

  • Mengurangi Kepekaan Terhadap Selera

Mengkonsumsi makanan yang pedas dan juga panas dapat mengurangi sensitivitas selera dari waktu ke waktu.

Jadi konsumsi makanan pedas atau cabai jangan berlebihan agar tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan Anda, sayangi tubuh Anda dengan cara memperhatikan asupan makanan pada tubuh Anda.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi