STOP Pembakaran Hidrokarbon ! Dampaknya Sangat Buruk Bagi Kesehatan & Lingkungan

Apa Itu Hidrokarbon (Hydrocarbon) ?

Hidrokarbon adalah senyawa karbon yang hanya tersusun atas unsur karbon dan unsur hidrogen. Dikelompokkan dalam beberapa golongan yaitu :

  1. Hidrokarbon jenuh (alkana) adalah hidrokarbon yang paling sederhana. Hidrokarbon ini seluruhnya terdiri dari ikatan tunggal dan terikat dengan hidrogen. Hidrokarbon jenuh merupakan komposisi utama dari bahan bakan fosil.
  2. Hidrokarbon tak jenuh adalah hidrokarbon yang memiliki satu atau lebih ikatan rangkap. Hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap dua disebut dengan alkena. Hidrokarbon yang memiliki rangkap tiga disebut alkuna
  3. Sikloalkana adalah hidrokarbon yang mengandung satu atau lebih cincin karbon.
  4. Hidrokarbon aromatik mencakup benzena dan senyawa turunannya.

Hidrogen dapat berbentuk gas, cairan, lilin atau padatan dengan titik didih rendah atau polimer.

Definisi Pembakaran

Pembakaran adalah suatu runtutan reaksi kimia antara bahan bakar dan oksidan, disertai dengan produksi panas yang kadang disertai cahaya dalam bentuk api.

Pembakaran Hidrokarbon

Hidrokarbon merupakan sumber energi listrik dan panas utama di dunia karena energi yang dihasilkan oleh hasil pembakaran. Pembakaran sempurna senyawa hidrokarbon akan menghasilkan uap air (H2O) dan karbondioksida (CO2) dan pembakaran tidak sempurna senyawa hidrokarbon akan menghasilkan uap air (H2O) karbon dioksida (CO2), dan Karbon monoksida (CO).

Pembakaran tidak sempurna lah yang sering kali menyebabkan kerusakan/ pencemaran lingkungan karena pembakaran tidak sempurna menghasilkan lebih sedikit kalor, hasil pembakaran gas karbon monoksida inilah yang membuat pencemaran udara karna bersifat racun. Dampak dari pembakaran tidak sempurna diantara lainnya :

  • Karbon dioksida akan menimbulkan pemanasan global
  • Kabon monoksida akan menimbulkan sakit kepala dan gangguan pernapasan
  • Sulfur dioksida akan menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan, iritasi mata, batuk, dan hujan asam
  • Nitrogen oksida akan menghasilkan asap kabut yang menyebabkan tumbuhan layu dan gangguan pernapasan
  • Timbal akan menimbulkan iritasi kulit, gatal-gatal, mata perih, infeksi saluran pernapasan, memicu serangan jantung, merusak ginjal dan mempengaruhi kemampuan otak.

Maka dari itu kita sebagai manusia harus menanggulangi masalah ini dengan serius , karena tindakan kita dapat meminimalisir pembakaran pembakaran yang membuat tercemarnya lingkungan. Kalau bukan kita siapa lagi !?

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi