Kenapa NARKOBA Dilarang ? Ketahui Jenis-Jenis Narkoba & Akibatnya !

HINDARI NARKOBA !

Menurut Undang-Undang Farmasi, obat adalah suatu bahan atau bahan-bahan yang dimaksudkan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosa, mencegah, mengurangi, menghilangkan dan menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit, luka ataupun kelainan badaniah, rohaniah pada manusia ataupun hewan.

Menurut Ansel, obat adalah zat yang digunakan untuk diagnosis, mengurangi rasa sakit, serta mengobati atau mencegah penyakit pada makhluk hidup.

Obat merupakan sediaan atau paduan bahan-bahan yang siap untuk digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan, kesehatan dan kontrasepsi (Kebijakan Obat Nasional, Departemen Kesehatan RI, 2005).

Secara umum, obat diartikan sebagai semua bahan tunggal atau campuran yang digunakan semua makhluk hidup untuk bagian luar dan bagian dalam tubuh guna mencegah, meringankan, dan menyembuhkan penyakit.

Apa Itu Narkoba ?

Obat akan berguna sebagai penyembuhan, tetapi obat akan berdampak buruk bagi tubuh jika disalahgunakan. Penyalahgunaan seperti penggunaan obat ilegal (terlarang), sesuai namanya obat tersebut merupakan obat yang dilarang pemerintah karena pelanggarannya baik dalam segi pembuatan, penyebaran, penjualan maupun pemakaiannya.

Umumnya dikenal dengan Narkoba, Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Istilah lain juga diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan RI adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotripika, dan Zat Adiktif.

Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya yang tujuannya bukan untuk pengobatan dan penelitian dan digunakan tanpa mengikuti dosis yang benar. Pada kondisi yang cukup wajar  atau sesuai dengan dosis yang dianjurkan dalam dunia kedokteran penggunaan narkoba terus-menerus akan mengakibatkan ketergantungan, depedensi, adiksi atau kecanduan serta bepengaruh pada tubuh dan mental-emosional.

Faktor Seseorang Terlibat Narkoba

Ada 3 faktor pemicu seseorang dalam penyalahgunaan narkoba, yaitu :

  1. Faktor diri,
  2. Faktor lingkungan,
  3. Faktor ketersediaan obat dan kesempatan.

Kelompok Narkoba

  • Cannabis =  Marijuana / Ganja dan Hasish (getah ganja)
  • ATS = Amphetamin, Ekstasi, Katinon dan Shabu (methamphetamin)
  • Opiad = Heroin (putau), Morfin, Opium, Pethidin, Codein, Subutek / Subuxon dan Methadone.
  • Tramquilizer = Luminal, Nipam, Pil Koplo, Mogadon, Valium, Camlet, Dumolid, Kokain dan Ketamin.

Narkoba dapat digunakan oleh siapa saja, salahsatunya adalah remaja diakibatkan oleh penyebaran narkoba yang luas dan mudah untuk didapatkannya.

Dampak Menggunakan Narkoba

Dampak penyalahgunaan narkoba tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, keperibadian pemakai dan situasi atau kondisi pemakai. Secara umum, dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis dan sosial.

Dampak Fisik

  1. Sering sakit kepala, mual muntah, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati, sulit tidur.
  2. Gangguan neurologis (saraf) seperti kejang, halusinasi, ganggguan kesadaran.
  3. Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti infeksi akut otot jantung.
  4. Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti penekanan fungsi pernafasan, pengerasan jaringan paru-paru.
  5. Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti penanahan (abses), eksim, alergi.
  6. Dampak terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan sepeti perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, amenohoe (tidak menstruasi).
  7. Dampak terhadap kesehatan pada reproduksi (gangguan pada endokrin) seperti penurunan fungsi hormon reproduksi (esterogen, progesteron, testosteron) serta gangguan fungi pada seksual.
  8. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik yang khususnya penggunaan jarum suntik secara bergantian berisiko tertular HIV.
  9. Over dosis yang menyebabkan kematian.

Dampak Psikis

  1. Sulit untuk berkonsentrasi,
  2. Agitatif, tingkah lakunya brutal,
  3. Hilang kepercayaan diri,
  4. Apatis,
  5. Pengkhayal,
  6. Penuh curiga,
  7. Perasaan kesal dan tertekan,
  8. Cenderung menyakiti diri.

Dampak Sosial 

  1. Pendidikan terganggu,
  2. Menjadi beban kelurga,
  3. Terdapat gangguan mental,
  4. Anti sosial dan asusila,
  5. Dikucikan lingkungan.

SIAPAPUN, DIMANAPUN, MARI HINDARI NARKOBA !!!

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Komentar ditutup.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi