Ceker ayam merupakan bagian kaki ayam yang yang lazim untuk dikonsumsi, hidangan ceker ayam dapat ditemukan pada kuliner seperti di Indonesia, Rusia, Meksiko, Tobago, Asia, Eropa Timur, Afrika, Karibia, dan Amerika Latin. Pada ceker ayam tidak terdapat otot atau daging, jaringan yang dapat dimakan yaitu kulit dan tendon (urat). Ceker ayam mengandung protein dan gelatin yang tinggi, namun tahukah Anda ternyata jika ceker dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan keseringan dapat menjadi dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah dampak dari konsumsi ceker yang berlebihan.

Dampak Positif

  • Menyehatkan Saluran Pencernaan

Glukosamin, kondroitin, kolagen, dan proteinnyang terkandung pada ceker ayam akan membuat usus menjadi lembut sehingga bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan.

  • Membantu Untuk Menyembuhkan Cedera

Protein dan kalsium yang terkandung dalam ceker ayam berperan penting untuk meregenerasi otot, saraf dan tulang, sehingga bermanaat untuk menyehatkan cedera.

  • Mampu Mempertahankan Elastis Kulit

Ceker memiliki kandungan kolagen tinggi sama seperti pada sayuran hijau dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C, sehingga akan berdampak positif bagi tubuh yaitu untuk mempertahankan elastis kulit.

Dampak Negatif

Mengkonsumsi ceker ayam secara berlebihan akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, diantaranya :

  • Meningkatkan Kadar Kolesterol

Bagian ceker ayam yang ditutupi dengan kulit ayam secara penuh mengandung lemak jenuh yang tinggi, hal ini akan mengakibatkan meningkatnya kadar kolesterol.

  • Pemicu Berbagai Kanker pada Wanita

Ayam peternakan yang tumbuh dengan bantuan zat kimia, jika dikonsumsi oleh wanita zat kimia ini akan menjadi lebih reaktif karena akan menambah sekresi hormon yang kemudian akan terakumulasi menjadi racun yaitu karsinogen. Hal ini dapat memicu berbagai kanker pada wanita seperti kanker rahim, kista, kanker payudara, dan kanker serviks.

Jika ingin mendapatkan dampak yang positif dari mengkonsumsi ceker ayam, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu mulai dari cara pembersihan ceker ayam dan mengetahui mengolah ceker. Serta, Anda harus mengetahui apakah ceker ayam dicampuri atau tidak oleh zat kimia, dan hindari mengkonsumsi ceker ayam secara berlebihan dan secara sering.


Jangan Lupa Share !!!

84
12 shares, 84 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
8
Bingung
Kesal Kesal
6
Kesal
OMG OMG
8
OMG
Takut Takut
7
Takut
Keren Keren
5
Keren
Sedih Sedih
10
Sedih
Posciety Health

Talented

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi seputar dunia kesehatan.
Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki