Dampak Buruk yang Terjadi Akibat Sering Mengonsumsi Air Dingin

Seger sih, Tapi Perlu Diperhatikan Juga Cara Meminumnya

Tahukah anda jika sering mengonsumsi air dingin akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda ? Yuk simak penjelasannya !!

  • Memicu Sakit Kepala

Jika keseringan mengonsumsi air dingin akan menyebabkan sakit kepala. Air dingin bisa memperlambat sistem metabolisme tubuh anda, sehingga akan mengganggu saraf pusat (ditandai dengan rasa pusing).

  • Mengurangi Nutrisi Makanan

37º Celcius adalah suhu normal tubuh. Pada saat mengonsmsi air dingin, maka tubuh akan berusaha untuk mengembalikan suhu menjadi normal dengan cara membakar energi yanga ada pada tubuh. Juga mengurangi asupan nutrisi, karena makanan telah masuk tidak dapat diserap oleh tubuh secara optimal.

  • Melemahkan Ritme Jantung

Ada penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi air dingin mampu merangsang saraf vagus (saraf kranial ke 10 dan termasuk bagian terpenting dari sistem otonom pada tubuh) akibatnya saraf jantung melemah.

  • Perut Menjadi Buncit

Faktor yang menyebabkan perut menjadi buncit adalah saat proses penghangatan (air es akan dihangatkan oleh bantalan lemak yang ada didalam perut). Semakin sering mengonsumsi air dingin maka akan dibutuhkan bantalan lemak dalam perut semakin banyak (makin membuncit).

  • Pembentukan Batu Ginjal

Hindari juga setelah makan mengonsumsi es teh. Karena zat oxalate dapat mempercepat pembekuan kristal  yang menyerupai batu yang ada didalam jaringan ginjal.

  • Pembekuan di Otak

Mengonsumsi air dingin dapat meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak sehingga akan tiba-tiba terasa pusing yang kemudian perlahan akan hilang (pembekuan otak).

  • Semakin Terasa Haus

Orang yang haus dan mengonsumsi air dingin justru hausnya bertambah karena cairan yang masuk kedalam tubuh tidak terserap dengan sempurna sehingga tubuh mudah sekali untuk kehilangan cairan.

  • Terganggunya Pencernaan

Mengonsumsi air dingin dapat memperlambat proses pencernaan. Suhu air dingin akan menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat memperlambat proses pencernaan.

  • Pemicu Radang Tenggorokan

Mengonsumsi air dingin juga dapat memicu munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Jika dibiarkan, saluran tenggorokan akan lebih rentan terkena infeksi dan radang serta dapat mengganggu sistem pernafasan.

Setelah anda ketahui dampak dari keseringan mengonsumsi minuman yang dingin, maka kurangilah mengonsumsi minuman yang dingin dan beralihlah mengonsumsi minuman yang biasa atau hangat agar tubuh anda tetap sehat.

Air dingin emang menyegarkan sih, tapi mau gimana lagi 🙁 Pintar-pintarlah mengatur waktu untuk minum air dingin, agar badan sehat sampai tua.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Komentar ditutup.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi