Daun Pepaya Bisa Meningkatkan Imunitas ? INILAH 11 Manfaatnya !

Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang diolah pada saat daunnya masih muda menjadi makan yang bergizi tinggi, selain diolah menjadi makanan daun pepaya juga dapat dijadikan obat.

Daun pepaya memiliki beberapa kandungan gizi diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalori, protein, hidrat arang/karbohidrat, kalsium, air, caposide dan zat papain yang tinggi. Tahukah Anda ? Ternyata daun pepaya ini memiliki manfaat untuk tubuh kita, berikut adalah manfaat dari daun pepaya.

Manfaat Daun Pepaya

  • Meningkatkan nafsu makan

Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasa daun pepaya ini pahit, karena zat papain bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

  • Sebagai obat cacing

Daun pepaya mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing.

  • Mencegah penyakit kanker

Daun batang daun pepaya mengandung getah putih seperti susu (white milky latex), liquid ini akan berpeluang dikembangkan sebagai zat anti kanker.

  • Membantu pertumbuhan rambut

Phytochemical yang terkandung dalam daun pepaya dapat membantu pertumbuhan rambut, serta dapat mencegah masalah-masalah pada rambut seperti ketombe, kebotakan, dan rambut patah.

  • Melawan diabetes

Daun pepaya efektif untuk meningkatkan sensitivitas glukosa, yaitu mengurangi kadar gula tinggi dan mengurangi biomarker yang berhubungan dengan diabetes tipe 2.

  • Membantu mengatasi hipertensi

Daun pepaya juga bermanfaat untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Menjaga kesehatan kulit

Selain komponen flavonoid dan alkoloid yang baik untuk kesehatan kulit, vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam daun pepaya juga dapat menjaga kesehatan kulit.

  • Meningkatkan imunitas

Energi protein dan vitamin yang sifatnya antioksidan yang terkandung dalam daun pepaya, antiinflamasinya mampu untuk memperkuat sistem imunitas tubuh.

  • Meredekan nyeri haid

Komponen zat aktif yang terkandung dalam daun pepaya dan buahnya dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid.

  • Untuk penyakit demam berdarah

Zat aktif yang terkandung dalam daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah, cara mengonsumsinya dengan meminum air rebusan daun pepaya.

  • Menghindari asam urat

Daun pepaya ini mengandung purin, tetapi kadarnya rendah dan tidak membahayakan dan dapat menghindari terjadinya asam urat.

Daun pepaya akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh jika mengkonsumsinya tidak berlebihan, namun jika mengkonsumsi secara berlebihan kemungkinan bukan dampak yang baik akan tetapi timbul dampak yang buruk akan terjadi. Maka dari itu, konsumsilah daun pepaya dengan cukup agar mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh Anda.

Terimakasih, semoga bermanfaat 🙂

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi