Apa Itu Degenerasi Makula ? Ketahui Sebelum Terlambat !

Hindari Sebelum Terlambat !

Penurunan Penglihatan Pusat, itulah arti dari Degenerasi Makula. Makula sendiri adalah area kecil di tengah lapisan bagian dalam retina mata dengan jumlah sel batang dan kerucut terbanyak. Peripheral Vision (pengliahtan sisi) merupakan area lapisan luar retina yang sel nya tidak sebanyak Makula.

Semua bagian sangat penting pada organ tubuh termasuk mata, tapi ketika berbicara penglihatan, Makula lah yang memiliki titik fokus dan mempertajam penglihatan. Jadi, ketika mengalami Penurunan Penglihatan Pusat (Degenerasi Makula), penglihatan hanya mengandalkan Perpheral Vision sehingga penglihatan tidak tajam seperti sebelumnya.

Gejala Degenerasi Makula

Semua manusia tentu berusaha untuk menghindari penyakit dan penurunan kinerja organ tubuh, salah satunya adalah turunnya kinerja mata yang disebabkan oleh banyak hal. Degenerasi Makula sendiri memiliki gejala-gejala yang perlu diperhatikan agar makin tau cara menghindarinya.

  • Warna terlihat kurang cerah
  • Adanya suatu titik buat (blind spot) pada penglihatan yang bertambah besar seiring bertambahnya sel-sel Makula yang berdegenerasi
  • Penglihatan yang samar atau tidak jelas
  • Kesulitan beradaptasi dengan cahaya yang sangat redup

Banyak lagi gejala lainnya yang tentu menganggu penglihatan, ketika semua gejala ini terjadi pada mata, sebaiknya konsultasikan ke dokter mata segera untuk mendapatkan jawaban yang pasti.

Jika kamu kesulitan mengatur waktu untuk ke dokter mata, silahkan baca penjelasan lengkap mengenai Makula mulai dari mulai penyebab-penyebab Makula hingga cara menyembuhkannya di situs sumber (Alodokter) via link sumber di bawah.

Jika masih meremehkan Makula, bersiaplah untuk menghadapi kondisi yang sangat tidak menyenangkan saat menyetir, membaca, menulis, bahkan ketika mengenali wajah kekasih. Kondisi seperti ini memang tidak memiliki rasa sakit yang begitu parah, tapi mungkin saja untuk terus berkembang tergantung tingkat keparahannya.

Jika kamu adalah seorang pengguna gadget yang aktif, cara termudah yang dapat dilakukan saat ini adalah menggunakan gadget dengan cara yang sehat agar tidak menyebabkan kerusakan mata.

Sumber Alodokter
tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi