Buat Link Download (Langsung) File Google Drive

Force Download Link GDrive

Google Drive merupakan media penyimpanan gratis dengan batas tertentu dan akan dikenakan biaya ketika melewati batas tersebut untuk siapapun yang ingin menyimpan data secara aman, mudah dan terorganisir.

Secara default ketika kita membuat tautan bagikan untuk sebuah file di Google Drive akan menampilkan link dengan struktur seperti ini https://drive.google.com/file/d/IDFILE, link ini dibuat untuk view / melihat saja (tidak langusng download). IDFILE maksudnya adalah ID dari file tersebut.

Untuk membuat link yang dapat langsung di download (ketika seseorang yang klik link ini akan otomatis langsung download file dari Google Drive tanpa view terlebih dahulu), silahkan ganti struktur linknya menjadi seperti ini https://drive.google.com/uc?export=download&id=IDFILE. Pada IDFILE silahkan masukkan ID file yang diinginkan.

Banyak cara melihat ID file salah satunya membuat tautan bagikan pada file tersebut seperti langkah pertama diatas yang saya jelaskan, jadi cukup masuk ke Google Drive kemudian pilih salah satu file yang diinginkan kemudian klik 2x pada file tersebut (untuk view) dan klik toggle menu diujung kanan atas layar dekstop maka akan menampilkan beberapa submenu dan silahkan pilih menu Bagikan.

Disitulah kalian dapat melihat tautan untuk view seperti yang saya jelaskan diatas dan terdapat ID file nya juga, jika sudah mendapatkan ID file nya silahkan lakukan cara diatas untuk membuat Force Download (download langsung tanpa view).

Dengan cara Force Download seperti ini tidak akan membuka browser / file yang dibagikan tapi akan langsung download file nya tanpa beralih ke halaman lain, jadi ketika di klik link tersebut akan langsung download file ke komputer. Hal ini bisa dilakukan untuk membuat link download di situs web / blog yang menyediakan link download, pengunjung dapat langsung klik tanpa beralih ke halaman lain.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat URL Google Drive Langsung Download File / Foto / Berkas Lainnya.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi