Selain Dapat Pahala, Ternyata Berpuasa Juga Memberikan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Puasa atau dalam bahasa Arab ‘Shaum‘ bagi seorang muslim adalah menahan diri dari makan, minum, bahkan napsu dan segala yang bisa membatalkan puasa dari terbit matahari sampai tenggelamnya matahari, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim kepada sang pencipta. Puasa juga termasuk dalam 5 rukun islam. Shaum itu berarti menahan atau mencegah.

Puasa juga terdapat 2 macam puasa yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Untuk puasa wajib hukumnya wajib harus dikerjakan dan akan mendapatkan pahala, bila tidak dikerjakan akan mendapatkan dosa. Dan puasa sunnah jika dikerjakan akan mendapatkan pahala apabila tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa.

Ibadah puasa yang diwajibkan Allah kepada setiap mukmin adalah ibadah yang ditujukan untuk bertakwa kepada Allah sesuai yang tertera dalam sebuah surah dalam Al-Quran, yang berbunyi :

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Surah Al-Baqarah 2:183).

Dan puasa juga memiliki hikmah yaitu agar sabar dalam menjalani hidup. Dan menurut para ilmuwan puasa juga baik untuk kesehatan bagi yang menjalankan puasa. Dengan berpuasa, seseorang akan mendapatkan manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa dapat menaikan endorfin didalam darah yang dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan sehat secara mental, dan puasa juga dapat membuat seseorang tidak mudah stres karena mereka diajarkan untuk mengendalikan diri mereka. Manfaat lainnya adalah:

  • Mengurangi resiko penyakit kronis

Puasa membantu seseorang menjadi lebih tenang dan membuat adrenalin dalam tubuh berkurang. Adrenalin yang berkurang dapat mencegah pembentukan kolesterol yang dimana dapat mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung, dan otak.

  • Menjaga berat badan

Dengan berpuasa, kalori yang masuk kedalam tubuh berkurang karena seseorang berpuasa dan dapat membuat seseorang menurunkan berat badannya. Resiko mengalami diabetes berkurang karena tingkat kolestrol yang berkurang karna berpuasa. Tetapi seseorang yang berpuasa harus menjaga asupan makanan mereka ketika mereka berbuka puasa.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut penelitian, seseorang yang melakukan puasa dapat meningkatkan Limfosit yang berdampak pada sistem imunitas tubuh. Akibat Limfosit yang meningkat sistem kekebalan kita juga meningkat dan mengurangi resiko terkena penyakit dan virus.

  • Membantu memperbaiki kondisi medis

Berpuasa digabungkan dengan makanan yang sehat dapat membantu memperbaiki beberapa penyakit seperti, radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim.

Ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan untuk beberapa penderita penyakit tertentu yang tidak dianjurkan untuk berpuasa, seperti:

  • Diabetes
  • Anemia atau kurang darah
  • Wanita hamil dan menyusui
  • Memiliki tekanan darah rendah
  • Masalah Ginjal dan hati
  • Gangguan jantung
  • Gangguan fungsi kekebalan tubuh
tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi