Excel Format Painter: Terapkan Style 1 Cell ke Cell Lainnya dengan Cepat & Mudah

0

Tips Excel kali ini dapat membantu kamu menghemat waktu sampai 90% untuk menerapkan gaya suatu cell terhadap cell lainnya, biasanya untuk melakukan hal ini kita lakukan secara manual yaitu copy cell nya kemudian paste ke cell lainnya lalu mulai mengetik maka cell tersebut akan memiliki style yang sama seperti cell yang di-copy. Ini tentu memakan waktu yang lama jika kamu memiliki banyak cell yang ingin disamakan style-nya.

Misalnya kamu punya data Excel seperti ini:

ads by posciety

Data di atas terdapat 1 cell yang sudah align center / rata tengah yaitu “data 1” pada kolom sebelah kiri, sedangkan cell lainnya masih rata kiri / align left. Nah, biasanya kita copy “data 1”, paste ke cell lain lalu ketik ulang. Itu memakan waktu lama.

Ada juga beberapa pengguna yang langsung blok cell-cell bersangkutan lalu atur style nya secara keseluruhan, tapi disini kita akan bahas menggunakan fitur Format Painter yang terdapat di menu Home.

  • Klik cell yang style nya ingin kamu terapkan ke cell lain, pada tutorial ini klik “data 1” di kolom pertama (A2)
  • Klik menu Home > Format Painter
  • Pilih cell yang ingin diterapkan style yang sama seperti A2
format painter excel untuk menerapkan style ke banyak cell dengan mudah

Maka secara otomatis cell A3-A11 akan mengikuti gaya / style yang ada pada cell A2, Format Painter ini akan menduplikat style seperti text alignment, color, highlight text, bold, italic, underline, dsb.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya