Export / Render Video Background Transparan

Adobe After Effects CS 6

Video transparan biasanya digunakan untuk video-video kecil atau animasi text yang ingin ditampilkan diatas lapisan video utama, misalnya sebagai lower third seperti di acara-acara tv atau di video-video saya di YouTube. Cara membuat video transparan ini mudah banget yaitu menggunakan aplikasi Adobe After Effects.

Tapi perlu diketahui, untuk render atau export video transparan akan memerlukan space penyimpanan yang besar. Sebagai contoh pada video dibawah , hampir semua video yang saya unggah ke YouTube menggunakan video lower third transparan.

Saya render video transparan yang berdurasi cuma 7 detik tapi memakan space sampai 1,5GB. Video transparan ini tidak akan mempengaruhi video utama ketika digabungkan atau ditimpa diatas video utama.

Langkah pertama, masuk ke Adobe After Effects, setelah video kalian siap silahkan klik tombol “Toggle Tranparency Grid” yang ada dibawah layar preview video seperti gambar ini (lihat gambar). Maka tampilan video pada layar video player kalian akan menjadi transparan, kalo sudah yakin dengan hasil editing videonya dan siap untuk di produksi maka sekarang kita tambahkan ke daftar render / export.

Klik menu “File” di ujung kiri atas pilih “Export” kemudian klik “Add to Render Queue” atau bisa juga gunakan cara cepat yaitu tekan CTRL+M / CMD+ M pada Mac. Maka sekarang tampilan layar kalian akan seperti gambar dibawah ini, kemudian di bagian “Output Module” ada tulisan Lossless silahkan di klik tulisannya seperti biasa ketika kalian ingin mengedit jenis export file.

Setelah di klik tulisan Lossless nya maka akan muncul popup window. Pada layar popup tersebut biarkan format nya sebagai AVI, pastikan kalian hapus centang “Include Link” dibagian atas kanan. Kemudian di bagian “Channel” silahkan pilih “RGB + Alfa“, setelah selesai klik “OK” dan jangan ganti apa-apa lagi jika tidak yakin.

Masih bingung ? Lihat : Video Tutorial Cara Membuat Video Transparan.

Ketika klik “OK” tadi maka tampilan kembali seperti sebelumnya (tab render) tapi dengan sedikit perubahan yaitu pada “Output Module” nya berubah menjadi “custom.avi” (jika tulisan Lossless berlum berubah jadi custom.avi berarti sedang loading silahkan tunggu). Kalo sudah siap merender silahkan klik “Render” disebelah kanan. Ketika di klik maka akan langsung memproses. Tunggu sampai selesai dan video kalian berhasil transparan.

Catatan! Pastikan penyimpanan pada komputer kalian lebih dari cukup karena untuk merender video transparan ini memerlukan ruang yang banyak. Kalo mau test hasil render video transparan nya nanti, disarankan menggunakan VLC Media Player. Ketika di test / play hasil video transparan nya memang tidak selancar video-video biasanya.

Untuk video background transparan ini ketika di play di VLC Media akan berwarna hitam latarnya dan untuk beberapa video transparan (biasanya yang ukuran berat) akan patah-patah atau lag tidak berjalan lancar. Gak perlu khawatir, silahkan dicoba di Adobe Premiere Pro bersamaan dengan video normal (video normal sebagai background nya).

Pada Adobe Premiere pun biasanya ada aja video transparan yang tidak berjalan lancar, silahkan coba di render / export di Adobe Premiere bersamaan dengan background video normal tadi dan lihat hasilnya. Seharusnya berjalan dengan lancar seperti video-video saya di YouTube.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Wwe Andito
Visitor
Wwe Andito

Penggunaan green screen di PS untuk next vid, thx..

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi