8 Fakta di Balik Film Dilan 1991 yang Baru Rilis, Jarang Diketahui Banyak Orang!

Sukses menembus angka 6,3 juta penonton selama 45 hari tayang di layar lebar, sekuel film Dilan pun akhirnya rilis pada tahun 2019 ini. Sukses menjadi film terlaris sepanjang 2018, Dilan 1991 pun juga ingin mencuri perhatian penonton sebagaimana dengan sekuel sebelumnya. Tayang pada  tanggal 28 Februari 2019, ada banyak fakta di balik film Dilan 1991 yang baru rilis! Apa saja ya faktanya?

Fakta Menarik di Balik Film Dilan 1991

Di balik kesuksesan sebuah film, ada banyak perjuangan dan jerih payah para pemain film dan tim produksinya. Apa saja ya fakta di balik produksi film Dilan 1991 ini?

1. Vanesha Melakukan Hair Extension

Vanesha Prescilla yang memeran karakter Milea harus rela menggunakan hair extension demi totalitas melakukan perannya sebagai Milea yang memiliki karakter perempuan berambut panjang. Seperti yang diketahui sejak akhir tahun 2018, Vanesha memperbarui gaya rambutnya dengan model rambut yang lebih pendek.

img: IG @ryanogilvy

Namun, demi memerankan karakter Milea yang memang harus berambut panjang, Vanesha mau tidak mau harus melakukan hair extension pada film Dilan 1991 ini. Meski sebenarnya Vanesha sempat risih melakukan hair extension, tapi demi maksimal dalam berakting, maka iapun berusaha untuk beradaptasi.

2. Iqbal Harus Rela Diet Menurunkan Berat Badannya

Anda pasti hampir tidak percaya jika demi mengembalikan peran Dilan yang harus sama dengan sekuel sebelumnya, Iqbal Ramadhan harus diet menurunkan berat badannya hingga 12 kg, lho!

gambar 2 - iqbal ramadhan diet
img: fimela.com

Iqbal sendiri mengaku pasca selesai syuting film Dilan 1990, ia mengalami kenaikan berat badan hingga belasan kilo dan ia benar-benar harus totalitas untuk bisa mengembalikan citra Dilan yang kurus dengan cara diet yang baik dan benar. Meski agak kesulitan, namun Iqbal akhirnya bisa melakukan diet dan bisa mengembalikan bentuk tubuhnya sama seperti karakter Dilan di sekuel sebelumnya.

3. Dilan Memiliki Karakter yang Berbeda dengan Sekuel Pertamanya

Sosok Dilan dalam novel memang diceritakan sebagai anak yang badung, suka merayu dan meggombal, tipe cowok yang emosional dan suka nongkrong dengan genk motornya. Beberapa karakter nakal dan suka menggombal inilah yang sangat melekat di ingatan para penonton mengenai sosok Dilan.

Meski sebenarnya Dilan adalah orang yang badung dan emosional, namun Dilan adalah orang yang masih bisa mengontrol emosi pada tempatnya, ia masih bisa mengendalikan emosinya selama ia tidak diserang. Ia juga tidak akan menyerang lawan jika dirasa ia tidak perlu melakukan balas dendam. Dilan juga tidak akan marah-marah selama penyebabnya tidak begitu menghina dirinya.

Sosok Dilan ini akan berubah menjadi emosional jika ada lawan yang menginjak-injak harga dirinya dan menyakiti orang yang ia sayang. Dilan akan menjadi orang yang tidak bisa tinggal diam selama orang yang ia sayangi diserang. Nah, pada film Dilan 1991 ini, sosok Dilan ini tidak akan sama dengan sekuel sebelumnya karena Dilan akan menjadi sosok yang lebih humanis.

Loading...

4. Karakter Milea yang Berubah Menjadi Posesif

Di film Dilan 1991 ini, Milea dan Dilan memang diceritakan sudah menjalin hubungan dan pacaran. Nah, karakter Milea yang tadinya polos, jaim, dan pemalu ini mulai menjadi Milea yang suka blak-blakan dan tidak jaim lagi. Milea mulai bersikap apa adanya di depan Dilan dan mau mengatakan kangen dan cinta secara blak-blakan. Milea tidak lagi menjadi sosok yang pemalu atau gengsi seperti di sekuel sebelumnya.

gambar 3 - milea posesif

Hanya saja di Dilan 1991 ini, karakter Milea mulai keras dan posesif. Milea berubah menjadi sosok perempuan yang suka mengatur-atur apapun yang Dilan lakukan. Milea juga sangat melarang Dilan untuk tidak ikut-ikutan gank motor yang nakal dan bahkan sampai mengancam putus.

5. Fajar Bustomi Sempat Menuai Kecaman

Masih disutradarai oleh Fajar Bustomi, sang sutradara yang telah mendapatkan banyak prestasi dan telah menyutradarai berbagai film ini ternyata sempat menuai kecaman dari para pembaca setia novel karya Pidi Baiq ini. Ya, pembaca novel mengecam sang sutradara apabila Herdi yang nantinya akan menjadi suami Milea tidak memiliki karakter yang sama dengan novelnya.

Pembaca mengharapkan bahwa sosok suami Milea ini harus memiliki karakter yang sama persis dengan apa yang diceritakan di dalam novel aslinya. Nah, jika sampai karakter Herdi ini tidak sama dengan apa yang ada dalam novel, maka pembaca akan membakar bioskop, lho! Ngeri, ya!

img: Tenor

Sementara yang akan memerankan sosok Herdi sebagai suami Milea ini adalah Andovi da Lopez, kira-kira apakah pembaca jadi membakar bioskop tidak ya?

6. Banyak Bermunculan Tokoh Baru

Di film Dilan 1991 ini banyak bermunculan tokoh-tokoh baru seperti Yugo sahabat Milea saat masih kecil yang diperankan oleh Jerome Kurnia, Maudy Koesnaedi sebagai Tante Anis serta Andovi Da Lopez sebagai Herdi suami Milea.

Kehadiran sosok-sosok artis di atas akan ‘mempersedap’ film Dilan 1991 dan tentu akan membuat penonton semakin penasaran dengan akting-akting para aktor dan aktris kawakan Maudy Koesnaedi. Apalagi jalan cerita dalam film Dilan 1991 ini juga tidak bisa ditebak. Ya, pada novel keduanya, Pidi Baiq menuliskan bahwa hubungan antara Milea dan Dilan tidak akan berjalan mulus dan berakhir.

Semenjak Milea pindah ke Jakarta, Dilan tidak pernah menelepon dan memberi kabar pada Milea. Baik Dilan ataupun Milea sibuk dengan urusannya masing-masing.

7. Vanesha Sempat Meneteskan Air Mata Setelah Membaca Skenario Film Dilan 1991

Dalam film kedua ini, diceritakan bahwa Milea mempunyai pacar baru setelah ia meninggalkan Bandung dan pindah ke Jakarta. Saat memutuskan untuk pindah ke Jakarta inilah Milea mempunyai seorang sahabat baru dan ia juga bersahabat dengan Herdi, kakak seniornya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sosok Herdi yang diperankan oleh Andovi Da Lopez inilah yang akhirnya bersanding dengan Milea. Milea mengaku merasa nyaman bersahabat dengan Herdi dan mereka berduapun memutuskan untuk memiliki hubungan serius dan akhirnya menikah. Membaca naskah skenario yang menyedihkan inilah Vanesha kemudian menangis.

Ia mengatakan bahwa alur yang ada di film Dilan 1991 sangat menguras emosi jika dibandingkan dengan sekuel sebelumnya sehingga ia terbawa perasaan yang menguras air matanya. Hal ini wajar karena keromantisan antara Dilan dan Milea yang ia perankan dalam film ini akan diceritakan putus bahkan Milea menikah dengan orang lain.

8. Sutradara Tidak Menargetkan Capaian Penonton Sama dengan Sekuel Sebelumnya

Film yang mulai diproduksi pada tanggal 3 November 2018 dan akan tayang pad tanggal 28 Februari mendatang ini akan mengambil lokasi syuting di Bandung, Jawa Barat. Syuting yang dilakukan di Bandung ini tidak mengubah latar yang pernah ada di sekuel sebelumnya.

Meski film Dilan 1991 masih berlatar di Bandung dan dimainkan oleh pemeran yang sama, Sang Sutradara tidak menargetkan capaian yang sama seperti film Dilan 1990. Fajar tidak menargetkan bahwa Dilan 1991 harus mampu meraup penonton hingga 6,3 juta orang.

Udah gak sabar kan? Sayapun begitu 😀

Kapan film Dilan 1991 rilis? Awalnya sang sutradara memperkirakan Dilan 1991 akan tayang di bioskop sekitar akhir bulan Desember 2019. Tapi ternyata setelah melalui berbagai proses produksi, Ody Mulya selaku produser menyatakan kepada pihak kapanlagi.com bahwa film Dilan 1991 siap untuk tayang di bioskop lebih cepat dari perkiraan yaitu tanggal 28 Februari 2019.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi