Final Cabang Sepak Bola Sea Games 2019, 0 – 3 Indonesia vs Vietnam

0

Vietnam berhasil keluar sebagai peraih medali emas setelah menumbangkan timnas U-22 Indonesia dengan skor telak 3-0 di laga final SEA Games 2019.

Timnas U-22 Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam laga pamungkas SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Filipina pada Selasa (10/12/2019) pukul 19.00 WIB.

Vietnam berhasil menang lewat tiga gol yang dicetak oleh Doan Van Hau (38′)(73′) dan Do Hung Dung (59′).

Jalannya Pertandingan Final Sea Games 2019

Kedua kesebelasan langsung bermain menyerang untuk bisa menciptakan keunggulan di awal-awal pertandingan.

Akan tetapi, Vietnam tampil lebih mendominasi timnas U-22 Indonesia dalam 10 menit awal laga. Namun, skuad Garuda Muda juga tak mau terus ditekan dan mulai mencoba keluar dari tekanan Vietnam.

Beberapa kali melalui bola-bola pendek nan cepat yang diperagakan anak asuh Indra Sjafri tersebut sempat membuat Osvaldo Haay cs berbalik menekan Vietnam.

Timnas U-22 Indonesia sudah harus melakukan pergantian pemain pertamanya lebih cepat setelah Evan Dimas tak bisa melanjutkan pertandingan akibat cedera saat laga baru memasuki menit ke-20.

Pada menit ke-25, Syahrian Abimanyu dimasukkan coach Indra Sjafri untuk menggantikan Evan Dimas yang ditarik keluar. Pertandingan mulai berangsur imbang semenjak masuknya Syahrian Abimanyu.

Garuda Muda mulai bisa mengendalikan tempo permainan dan penguasaan bola untuk memberikan tekanan kepada tim berjulukan The Golden Star itu.

Petaka datang kepada Garuda Muda pada menit ke-38 setelah Vietnam berhasil menjebol gawang Nadeo Argawinana.

Memanfaatkan skema tendangan bebas di sisi kanan pertahanan timnas U-22 Indonesia, Doan Van Hau berhasil menanduk bola kiriman Nguyen Thanh Chung.

Bola tandukkan Doan Van Hau tersebut menghujam deras ke gawang Nadeo Argawinata yang membuat Vietnam unggul 1-0 untuk sementara. Gol tersebut menjadi yang pertama dan terakhir di babak pertama laga final SEA Games 2019 malam hari ini.

Memasuki babak kedua, timnas U-22 Indonesia langsung memberikan tekanan ke pertahanan Vietnam.

Selama 10 menit pertama babak kedua, Garuda Muda terus menerus mencoba menyamakan kedudukan. Namun, rapatnya pertahanan Vietnam menyebabkan Garuda Muda kesulitan mencari ruang untuk mencetak gol.

Justru, Vietnam yang berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-59. Kali ini gol datang dari kapten Vietnam, Do Hung Dung yang berhasil membobol gawang Nadeo Argawinata melalui tendangan keras dari luar kotak penalti.

Tertinggal 2-0 tak membuat tim asuhan Indra Sjafri patah arang, Garuda Muda langsung kembali tancap gas untuk bisa mempersempit ketertinggalan dari Vietnam.

Coach Indra Sjafri langsung memasukkan M.Rafli untuk menambah daya gedor timnas U-22 Indonesia dan menggantikan Sani Rizki pada menit ke-62.

Petaka lagi-lagi datang kepada timnas U-22 Indonesia pada menit ke-73. Melalui skema dan pencetak skor yang sama dengan gol pertama, Vietnam berhasil membuat Nadeo memungut bola dari gawangnya untuk ketiga kalinya.

Kali ini Doan Van Hau mampu menyambar bola hasil tepisan Nadeo yang membuat Vietnam unggul tiga gol tanpa balas atas timnas U-22 Indonesia. Insiden kurang menyenangkan terjadi menjelang 10 menit terakhir pertandingan.

Pelatih Vietnam, Park Hang Seo, harus dijatuhi kartu merah dan diusir keluar lapangan oleh wasit setelah melontarkan protes berlebihan kepada wasit.

Namun, meski sudah diusir keluar lapangan, Park Hang Seo terlihat lebih memilih duduk di tribune VIP dan menonton pertandingan anak asuhnya dari sana, sehingga menimbulkan sedikit kekisruhan setelah panitia pelaksana meminta dirinya untuk pergi ke ruang ganti.

Perjuangan Garuda Muda untuk setidaknya mempersempit ketertinggalan harus sirna ketika wasit akhirnya meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dan memaksa laga berakhir 3-0 untuk keunggulan Vietnam.

Dengan hasil ini, Vietnam berhasil meraih medali emas SEA Games 2019 dan timnas U-22 Indonesia harus puas dengan medali perak, sementara medali perunggu berhasil didapatkan oleh Myanmar setelah mengalahkan Kamboja di pertandingan sebelumnya. Ini pun menjadi catatan tambahan bagi Indonesia yang selalu keluar sebagai Runner Up di banyak pertandingan Sepak Bola.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya