Fitur Baru Windows 11

0

Microsoft mengumumkan akan meluncurkan Windows 11. Diperkirakan Windows 11 akan resmi beredar pada November 2021 mendatang.

Kabar baik buat kamu yang menanti Windows 11, sebab pada tanggal 24 Juni 2021 kemarin, Microsoft mengumumkan akan meluncurkan Windows 11. Diperkirakan Windows 11 akan resmi beredar pada November 2021 mendatang. Butuh waktu hingga 6 tahun untuk Microsoft meluncurkan generasi baru Windows ini, karena Windows 10 sendiri diluncurkan Microsoft pada tahun 2015.

Windows 11 sendiri dirancang sebagus mungkin agar para penggunanya bisa merasakan sensasi yang berbeda jika menggunakan Windows 11 ini. Maka dari itu, Microsoft membutuhkan hingga 6 tahun lamanya untuk bisa memperkenalkan kepada publik teknologi terbarunya ini.

Windows 11 memiliki fitur desain intuitif yang membuat multitasking menjadi mudah, hingga menyediakan akses mudah ke aplikasi, game, dan film. Hal ini tentu semakin memudahkan para penggunanya dalam melakukan segala urusan menggunakan laptop atau komputer yang sudah terpasang Windows 11.

ads by posciety

Seperti yang diketahui, saat ini hampir semua pekerjaan sudah menggunakan komputer ataupun laptop, maka dari itu dibutuhkan fitur-fitur yang memadai untuk menopang pekerjaan tersebut. 

Apalagi jika pekerjaan tersebut membutuhkan untuk membuka beberapa program secara bersamaan atau multitasking, maka sangat perlu komputer atau laptop yang bisa mendukung hal tersebut. Windows 11 hadir untuk menopang peforma komputer atau laptop agar pekerjaan multitasking tersebut bisa dilakukan dengan lancar.

Nantinya pengguna dan pemilik lisensi resmi Windows 10 bisa mengunduh secara gratis Windows 11 ini ketika sudah resmi diedarkan. Namun, pastinya untuk bisa melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 dibutuhkan spesifikasi komputer ataupun laptop yang memdai.

Spesifikasi Minimum Windows 11

Untuk spesifikasi minimum yang harus dimiliki komputer ataupun laptop kamu jika mau memakai Windows 11 adalah:

  • Prosesor: Prosesor 64-bit yang kompatibel ( x86-64 atau ARM64 ) dengan kecepatan clock minimal 1 GHz dan setidaknya 2 core.
  • Memori (RAM): Minimal 4 GB.
  • Penyimpanan: Setidaknya 64 GB.
  • Firmware: UEFI.
  • Kartu Grafik: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0.
  • Layar: Tampilan definisi tinggi (720p) yang lebih besar dari 9” secara diagonal, 8 bit per saluran warna.

Fitur Baru Windows 11

Berikut ini adalah beberapa fitur baru yang akan tersedia di Windows 11:

1. Menu Start


img: windowscentral

Menu start yang biasanya berada di pojok kiri bawah, kini di Windows 11 akan pindah di tengah layar.

2. Menu Widget

img: windowscentral

Microsoft memberikan Widget yang dapat diakses ketika kursor di arahkan ke kiri layar. Isinya berbagai informasi penting untuk pengguna, mulai dari cuaca, kalender, saham hingga berita.

3. Desktop


img: tekno kompas

Seperti yang sudah disebutkan, Microsoft ingin mengembangkan teknologi multitasking mereka. Maka di Windows 11 ini Microsoft memberikan fitur desktop yang bisa dikelompokkan. 

Mudahnya adalah di Windows 11 nanti pengguna bisa mengelompokkan beberapa tugas mereka ke desktop sendiri-sendiri. Misalnya tugas pekerjaan di masukkan ke desktop pekerjaan, sedangkan untuk bermain game maka bisa dimasukkan ke desktop game. Berpindah antar desktop mudah dilakukan, hal ini pastinya membuat pekerjaan multitasking menjadi lebih mudah.

4. Integrasi Windows dan Xbox


img: games grid

Di Windows 10, Microsoft sudah melakukan integrasi kedua unit layanan mereka, yakni Windows dan Xbox. Dimana di Windows 10 kamu bisa mengakses Xbox Game Bar agar bisa merekam game yang kamu mainkan di komputer ataupun laptop. Nah, di Windows 11 ini game yang dibuat di platform Direct X 11 (atau lebih tinggi) akan diberikan dukungan Auto HDR, sama seperti yang digunakan di Xbox.

Lalu ada juga Xbox Game Pass yang memberi pengguna Windows 11 akses ke sejumlah besar game PC serta game Xbox Cloud. Program ini terintegrasi langsung dalam komputer dan laptop yang sudah memakai Windows 11. Pengguna dapat memanfaatkan kemampuan cross play dan cross save untuk beralih antara konsol Xbox dan komputer ataupun laptop, dan membeli game langsung dari aplikasi Xbox.

5. Aplikasi Android


img: prowell-tech

Microsoft memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi-aplikasi dari android di komputer dan laptop kamu, yakni Microsoft menyediakan aplikasi android khusus Windows 11 yang nantinya bisa kamu unduh secara gratis di Microsoft Store, yang pastinya aplikasi ini resmi dari Microsoft. 

Nah itulah 5 fitur baru Windows 11 yang akan tersedia jika sudah resmi diedarkan nanti. Selain dari 5 fitur tersebut, masih banyak lagi fitur-fitur baru yang akan tersedia di Windows 11. Jadi patut kita nantikan bagaimana Windows 11 nanti ketika sudah resmi diedarkan pada November mendatang.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya