Fitur Keseimbangan Iklan Google AdSense Dihapus, Apakah Berdampak pada Penghasilan?

0

Fitur keseimbangan iklan atau Ad Balance pada Google AdSense akan segera dihapus oleh Google, kamu tidak akan melihat fitur ini lagi di dasbor akun Google AdSense per tanggal 10 Juni 2020.

Di Posciety, kita sudah pernah mempelajar banyak tentang keseimbangan iklan Google AdSense pada pos-pos sebelumnya. Fitur keseimbangan iklan ini sangat bermanfaat bagi publisher untuk menampilkan iklan-iklan berkualitas saja pada situs web bersangkutan.

Nanti. ssetelah fitur ini dihapus oleh Google AdSense maka kamu akan melihat jumlah iklan yang tampil akan lebih banyak (jumlah atau pilihan iklannya) dari sebelumnya.

Tidak ada tindakan yang wajib kamu lakukan ketika Google menghapus fitur keseimbangan iklan, karena ketika keseimbangan iklan ini dihapus artinya sama saja dengan menyetel rasio keseimbangan iklan menjadi 100%.

Ketika fitur keseimbangan dihapus, peluang dan eksperimen terkait keseimbangan iklan pun secara otomatis akan terhapus juga sehingga tidak dapat lagi digunakan. Selain itu, kemungkinan besar kamu juga akan melihat perubahan pada tayangan dan RPM.

Berdampak pada tayangan dan RPM artinya berdampak pada penghasilan, namun Google berharap pendapatan publisher tetap netral atau positif dari sebelumnya.

Apa yang Bisa Dilakukan ?

Seperti yang disebutkan di atas, tidak ada tindakan yang wajib kamu lakukan ketika fitur keseimbangan iklan ini dihapus. Namun, ada beberapa hal yang dianjurkan untuk kamu lakukan agar tetap dapat mengontrol iklan yang berkualitas.

Pusat Peninjauan Iklan

pusat peninjauan iklan google adsense

Hal pertama yang dianjurkan untuk kamu lakukan setelah fitur keseimbangan iklan dihapus adalah meninjau iklan, pilih menu Kontrol Pemblokiran > Pusat Peninjauan Iklan pada dasbor akun Google AdSense.

Di fitur ini, kamu dapat mengontrol iklan mana saja yang diprioritaskan untuk tampil di web bersangkutan dengan cara menandai iklan-iklan tersebut sebagai Telah Ditinjau.

Kamu juga dapat memblokir iklan yang menurut kamu tidak relevan dengan pengunjung situs web bersangkutan, maka iklan yang diblokir tidak akan tampil pada situs web. Dengan begitu, kamu dapat memilih iklan-iklan berkualitas dan relevan saja yang tampil di situs web untuk mempertahankan RPM.

Aktifkan Iklan Otomatis

Mengaktifkan iklan otomatis merupakan salah satu langkah selanjutnya yang dianjurkan untuk kamu lakukan ketika fitur keseimbangan iklan dihapus oleh Google, lihat cara aktifkan iklan otomatis.

Google juga telah memperbarui fitur iklan otomatis menjadi lebih sederhana dan mudah untuk digunakan.

Dengan mengaktifkan iklan otomatis, kamu memiliki kesempatan untuk meningkatkan atau menyeimbangkan tayangan iklan seperti sebelumnya karena Google akan melihat peluang yang bagus di situs web untuk menampilkan iklan, mulai dari posisi iklan dan jenis iklan yang ditampilkan.

Jangan lupa untuk melihat laporan harian setelah fitur keseimbangan iklan dihapus oleh Google, dengan begitu kamu dapat mengetahui lebih detail lagi apa saja yang perlu kamu lakukan dan apa saja yang tidak perlu kamu lakukan.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya