FTP & HTTP

  • FTP
    Merupakan singkatan dari file transfer protocol, yaitu protokol jaringan standar yang biasa digunakan untuk transfer file pada komputer dari satu host ke host lainnya melalui jaringan berbasis TCP (seperti internet) / IP. Jadi, kalo kalian punya hosting artinya kalian melakukan komunikasi kepada server / hosting melalui FTP. Ketika download, upload, dll ke server atau dari server tentu harus login k eserver atau hosting terlebih dahulu menggunakan username atau password yang sudah dibuat sebelumnya. Tapi ada juga server atau hosting yang digunakan untuk umum alias tanpa username / password yang sudah dibuat, ini biasanya disebut anonymous server.
  • HTTP
    Sedangkan http merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol. Tadi kita bahas FTP sebagai jalurnya, sekarang kita bisa sebut http ini sebagai aplikasinya ketika kita mengakses FTP.
    Http ini digunakan secara sengaja atau tidak sengaja ketika pengguna membuka web browser. Http ini akan berjalan atau befungsi ketika FTP berhasil terhubung ke TCP (internet) / IP. Ketika tidak ada koneksi internet / IP public maka http tidak akan berfungsi, betul?
    Http dirancang sedemikian rupa bertujuan untuk transfer file atau yang lainnya dari satu tempat ke tempat lain dengan menunggu perintah dari FTP yang terhubung ke TCP / IP.
    Jadi, ketika kalian memerintahkan atau mengetik pada web browser mencari sesuatu itu artinya kalian sedang memerintahkan FTP untuk mencari apa yang kalian ketik. FTP akan segera berlari mencari koneksi TCP dan kemudian ketika sudah konek atau bertemu dengan si TCP ini, maka akan diantarkan menggunakan kendaraan yaitu HTTP.
tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi