Gak Cuma Tutorial, Tapi Juga Perkenalan Rumus-Rumus Penjumlahan di Excel

Bagi pemula, mempelajari Ms Excel lumayan menguras otak karena harus menghapal beberapa rumus, baik itu dalam membuat tabel di excel, sampai pada proses penghitungan yang banyak memiliki rumus. Dari yang manual sampai yang paling otomatis.

Menghitung dalam kalkulator mungkin tidak memerlukan banyak rumus, tapi menghitung sebuah laporan dalam skala besar, justru sangat melelahkan apabila mengandalkan kalkulator. Belum lagi tingkat akurasi yang rendah bila ada satu rincian yg tertinggal atau salah entry data.

Nah, untuk mempermudah dan mempersingkat waktumu, sebagai ganti menggunakan kalkulator, gunakan Microsoft Excel untuk menghitung!

Beberapa Rumus Menjumlahkan Data

Berikut beberapa alternatif cara yang bisa anda lakukan untuk menjumlahkan data di excel:

1. Rumus Penjumlahan Excel Pertama

Cara yang paling dasar untuk melakukan penjumlahan pada microsoft Excel adalah dengan menggunakan operator plus (+) atau simbol tambah.

  • Cara penulisan rumus excelnya sama seperti saat kita menuliskan soal penjumlahan pada umumnya. Misalkan kita ingin menjumlah angka 130,170,110,90,180 dan 190 maka rumus excelnya kita tulis =130+170+110+90+180+190. Setiap penghitungan dalam Ms Excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=).
  • Jika ingin menjumlahkan angka-angka di dalam sebuah cell atau range excel, misalnya ingin menjumlahkan angka pada cell C2 hingga C7, maka rumus excel penjumlahannya adalah sebagai berikut: =C2+C3+C4+C5+C6+C7.

2. Rumus Penjumlahan Excel Kedua

Selain menggunakan operator plus(+), penjumlahan di excel juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan fungsi SUM yang telah disediakan oleh office excel.

Rumus penjumlahan excel dengan menggunakan fungsi SUM ini lebih sering menjadi pilihan pengguna excel dari pada menggunakan operator plus (+).Cara ini lebih simple dan efisien jika cell-cell yang akan dijumlahkan berurutan dan cukup banyak.

Sebagai contoh untuk menjumlahkan data angka pada range C2 sampai C7 rumus excel yang digunakan adalah: =SUM(C2:C7).

3. Menggunakan Auto Sum

Cara termudah untuk menambahkan rumus SUM ke lembar kerjamu adalah menggunakan Auto SUM. Pilih sel kosong secara langsung di atas atau di bawah rentang yang ingin kamu jumlahkan, dan pada Beranda atau tab rumus dari pita, klik Auto SUM > SUM.

Jumlah Otomatis akan secara otomatis mengenali rentang yang akan dijumlahkan sdan menyusun rumusnya untukmu. Ini juga berfungsi secara horizontal jika kamu memilih sel ke kiri atau kanan rentang yang kamu ingin menjumlahkan.

Rumus Lain dan Fungsi-Fungsinya

Selain menggunakan fungsi SUM, Excel juga menyediakan beberapa fungsi lain untuk melakukan penjumlahan di Excel. Tentunya dengan ke-khas-an dan keperluan yang berbeda-beda untuk masing-masing fungsi.

Diantara fungsi-fungsi penjumlahan pada microsoft excel tersebut antara lain:

  • Fungsi SUMIF : Untuk menjumlah data berdasarkan sebuah kriteria atau syarat tertentu.
  • Fungsi SUMIFS : Digunakan untuk menjumlahkan data berdasarkan lebih dari satu kriteria atau syarat (Banyak kriteria).
  • SUBTOTAL : Fungsi subtotal bisa digunakan untuk menjumlahkan data yang terlihat saja (Mengabaikan Baris tersembunyi).
  • SUMPRODUCT : Digunakan untuk menjumlahkan hasil perkalian argumen-argumen yang ditentukan
  • COUNT : Untuk mengetahui banyak data bertipe numeric (non text)
  • COUNTA : Untuk mengetahui jumlah sel yang tidak kosong pada sebuah range data.Dan fungsi-fungsi excel lainnya.
SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi