Gak Perlu Ke Bali, Ini Dia Keindahan Pantai Ujung Genteng dan 9 Wisata Lain di Sekitarnya

Kawasan Ujung Genteng, Sukabumi terkenal dengan keindahan alamnya. Selama ini, para wisatawan mungkin lebih mengenal Bali dan Lombok sebagai tempat wisata pantai di Indonesia. Namun tahukan kamu, selain Bali dan Lombok, masih banyak tempat wisata lain yang tidak kalah indah, namun jarang terekspos di media sosial maupun media pemberitaan.

Asal muasal nama “Pantai Ujung Genteng” ini adalah karena letaknya berada di bagian bawah Pulau Jawa. Masyarakat menafsirkannya sebagai ujung genteng atau ujung gunting.

Dengan letak yang terpencil, pantai ini masih minim pengunjung sehingga masih asri dan jarang terjamah manusia. Masukkan Pantai Ujung Genteng untuk menjadi destinasi wisata di Jawa Barat dan rasakan sensasi ketenangan pantai ini untuk merefresh pikiran.

Lokasi Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng berlokasi di Ujung Genteng Ciracap, dan daerahnya masih termasuk dalam kawasan Sukabumi Jawa Barat.

Jalan / Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng yang terletak di kawasan Sukabumi ini berdekatan dengan beberapa pantai lain diantaranya adalah Pantai Cimaja, Pantai Citepus, Pantai Cibangban, Pantai Karang Hawu dan Pelabuhan Ratu.

Dari pusat kota, Pantai Pantai Ujung Genteng kurang lebih berjarak 80 km. kamu bisa berkunjung kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Jika kamu merasa bingung dengan arah yang akan dilewati, gunakanlah bantuan GPS atau bisa menyewa jasa ojek online. Tempat ini sudah banyak dikenal sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

Jika kamu datang dari arah Jawa Tengah dan menggunakan kendaraan pribadi, lebih baik melewati jalan tol Cipali. Usahakan hindari melewati jalan raya Pantura untuk menghemat waktu karena akan memakan perjalanan 1 jam lebih lama. Setelah menempuh jarak 515,4 km dari tol Cipali, lanjutkan perjalanan menuju ke Sukabumi.

Untuk para pengunjung yang datang dari kawasan Jakarta, Bekasi atau Tangerang dapat melalui Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil-Agrabinta.Perjalanan dari Jakarta Pusat hanya akan memakan waktu sekitar 4 jam 30 menit dengan jarak tempuh 139.1 km.

Dari Banten, kamu bisa lewati jalur Pantura-tol Merak. Apabila melewati Jakarta, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Tol Tangerang dengan waktu yang digunakan kurang lebih 6 jam.

Jika kamu pengguna mode transportasi umum, setelah sampai di Sukabumi, kamu bisa menuju terminal Lembursitu berwarna kuning, dari terminal bus Sukabumi, atau dari stasiun kereta api. Lalu kamu bisa pindah ke bus atau elf dengan jurusan Surade. Kemudian turun di terminal Surade dan naiklah angkot dengan warna merah jurusan ke Ujung Genteng.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Untuk harga tiket masuk Pantai Ujung Genteng dibandrol dengan harga 10 ribu per orang. Tarif ini tergolong murah untuk menikmati keindahan alam yang menjadi dambaan para wisatawan.

Untuk tarif parkirnya adalah 2 ribu untuk roda dua, 5 ribu untuk mobil dan 10 ribu untuk bus. Namun di malam hari tidak ada tukang parkir yang berjaga sehingga kamu harus menjaga kendaraan sendiri.

Jam Buka Pantai Ujung Genteng

Pantai Pantai Ujung Genteng dibuka selama 24 jam sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai tanpa batasan waktu.

Tempat Wisata Sekitar Ujung Genteng

Berikut ini beberapa pilihan destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan jika kamu sedang berada di sekitar Ujung Genteng.

1. Curug Cikaso

gambar 1 - keindahan wisata Curug Cikaso
img: JejakPiknik.Com

Curug dalam Bahasa Indonesia adalah air terjun. Belakangan ini, pamor Curug Cikaso semakin naik bahkan hampir setara dengan Pantai Ujung Genteng.

Wajar saja, karena di lokasi ini kita tidak hanya bisa menikmati satu air terjun, namun tiga air terjun sekaligus, yakni Curug Asepan, Curuh Aki dan Curug Meong. Masing-masing air terjun memiliki ketinggian yang sama, 80 meter, dengan lebar tebing mencapai 100 meter.

Di bawah air terjun sudah ada kolam yang berwarna kebiruan dan boleh digunakan untuk berendam. Kalau mau berkunjung ke sini, sebaiknya kalian berangkat pagi saja agar bisa menikmati pemandangan dan hawa segar lebih lama. Tiket masuknya sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 4.000 setiap kendaraan, kalian sudah bisa berfoto sampai puas.

2. Curug Cigangsa

gambar 2 - wisata Curug Cigangsa
img: Google

Wisata Ujung Genteng selanjutnya, tidak jauh dari Curug Cikaso, ada satu curug lagi bernama Curug Cigangsa. Curug ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan memiliki tiga tingkatan.

Menurut masyarakat sekitar, tiga tingkatan tersebut terbentuk karena tanah longsor yang terjadi di sana berpuluh-puluh tahun yang lalu. Nama Curug Cigangsa diambil dari seorang pria bernama Gangsa. Katanya, pria tersebutlah yang dulu mbabat alas di sana. Makanya air terjun tersebut diberi nama sesuai namanya.

Selain air terjun, di sana kita juga bisa melihat batu masigit atau batu masjid. Untuk menuju curug ini, jalannya memang sulit. Pengunjung harus turun melewati lereng licin dan curam.

Makanya, yang ke sana rata-rata memang masih muda dan kuat naik turun lereng. Tapi jangan khawatir, meskipun capek, namun semuanya terbayar lunas dengan pemandangan indah Curug Cigangsa.

3. Pantai Minajaya

gambar 3 - Tempat Wisata Ujung Genteng
img: WisataPriangan.Co.Id

Wisata Ujung Genteng memang terkenal dengan pantai yang tidak kalah indah dengan pantai di Bali dan Lombok, yakni Pantai Minajaya. Karena masih jarang pengunjung, Pantai Minajaya ini masih bersih dan air lautnya pun juga masih belum terkontaminasi sampah.

Saat air laut surut, kita bisa melihat wanita-wanita paruh baya warga sekitar sana mencari rumput laut. Sementara para prianya mencari udang lobster. Sungguh pemandangan yang membuat hati kita terasa hangat dan layak diabadikan di kamera kita.

Setelah puas berjalan-jalan dan merasa lapar, kita bisa membeli langsung ikan tangkapan nelayan dan memasaknya sendiri di saung-saung yang disiapkan di dekat pantai. Pengalaman yang tidak terlupakan bukan?

4. Pantai Cipanarikan

gambar 4 - wisata Pantai Cipanarikan sukabumi
img: Google

Satu lagi pantai pasir putih yang ada di Ujung Genteng, yakni Pantai Cipanarikan. Dari tempat parkir, kita harus berjalan sekitar 5 menit melewati hutan lindung yang masih jarang terjamah manusia. Makanya masih alami.

Setelah hutan lindung tersebut, baru kita disuguhi dengan hamparan pantai pasir putih yang sangat indah. Kita juga bisa melihat pertemuan aliran Sungai Cipanarikan dengan air laut di pantai ini. Jika kita sempat menghabiskan sore di sini, siapkan kameramu untuk melihat matahari terbenam yang super indah.

5. Pantai Pangumbahan

gambar 5 - wisata Pantai Pangumbahan
img: Google

Para wisatawan yang pernah pergi ke pantai ini pasti langsung setuju jika ada yang menyebut Pantai Pangumbahan adalah the hidden paradise alias surga yang tersembunyi. Bagaimana tidak? Lokasi pantai ini memang cukup tersembunyi dan terletak di ujung paling selatan Jawa Barat.

Untuk menuju ke pantai ini butuh waktu sekitar 3 jam dari pusat kota. Disarankan, sebaiknya para wisatawan berkunjung ke pantai ini pada dini hari. Kenapa? Karena di sini juga terdapat penangkaran penyu yang setiap harinya melepas setidaknya 200 tukik ke lautan.

Ada atau tidak ada pengunjung, para petugas di penangkaran ini memang rutin melepas penyu setiap hari. Makanya tidak perlu khawatir kalian tidak bisa melihat pemandangan ini kalau waktunya tidak tepat. Setiap hari ada kok.

6. Pantai Cibuaya

gambar 6 - wisata Pantai Cibuaya
img: Google

Letak pantai ini tidak jauh dari Pantai Ujung Genteng. Berbeda dengan Pantai Ujung Genteng yang pasirnya halus, pantai di sini teksturnya cenderung lebih kasar. Kendati demikian, pantai ini tetap memiliki pemandangan indah dan sangat nyaman digunakan untuk rebahan bagi wisatawan yang ingin berjemur. Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 6.000 per orang.

7. Pantai Ombak 7

gambar 7 - wisata Pantai Ombak 7
img: JejakPiknik.Com

Bagi kalian yang hobinya surfing, maka jangan sampai ketinggalan menjajal ombak pantai ini. Sesuai dengan namanya, Pantai Ombak 7 memang memiliki ombak yang besar dan cocok untuk surfing. Namun, untuk mencapai pantai ini memang agak sulit.

Kita tidak bisa langsung turun ke dekat pantai karena jalanannya yang terlampau terjal. Jadi, kita harus menggunakan ojek setempat dengan tarif Rp 150 ribu per motor. Setelah itu, kita melewati hutan dan 3 sungai dengan berjalan kaki. Baru deh sampai ke pantai. Kalau bagi para pecinta surfing, susah sedikit nggak masalah lah ya…dibayar lunas dengan ombak pantainya kok!

8. Pantai Tenda Biru

gambar 8 - Pantai Tenda Biru
img: Google

Pantai ini juga masih merupakan kawasan hutan lindung. Namun bedanya, khusus pantai ini, yang mengelola adalah TNI Angkatan Udara (AU). Tapi tidak usah khawatir, pantai ini tetap terbuka untuk umum. Yang menarik dari pantai ini bukan ketika ombaknya masih tinggi, namun justru ketika sedang surut.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, ketika surut, kita bisa berjalan-jalan sampai hampir ke tengah lautan. Makanya, tidak heran kalau pantai ini sempat sangat kotor dengan sampah para pengunjung. Saat ini, pengelola pantai mulai menyikapi dengan tegas para pengunjung yang sudah nyampah di sana lho. Jadi, jaga kebersihan alam kita yaa…

9. Pantai Amanda Ratu

gambar 9 - Pantai Amanda Ratu
img: Surade.Co.Id

Sebelum membahas lebih jauh tentang pantai ini, dibanding dengan pantai-pantai lain, Pantai Amanda Ratu memang bisa dibilang pantai paling indah. Bahkan ada yang menyebutkan kalau pantai ini adalah Tanah Lot-nya Jawa.

Di sana juga ada resort Amanda Ratu yang banyak dikunjungi wisatawan. Namun sayangnya, harganya tidak masuk ke kantong kaum proletar. Makanya kalau ke sini sebaiknya pagi atau siang hari agar tidak kemalaman dan harus menginap.

Tapi bagi yang ingin menginap, Pantai Amanda Ratu dijamin bakal memberikan ketenangan dan kenyamanan yang tidak bakal didapat di perkotaan.

10. Pantai Ujung Genteng

gambar 10 - Pantai Ujung Genteng
img: Google

Wisata Ujung Genteng yang terakhir tentu saja adalah Pantai Ujung Genteng nya itu sendiri. Pantai ini adalah pantai paket komplit. Pemandangan menuju pantainya indah, aksesnya tidak terlalu sulit, dan begitu sampai ke pantai kita disambut dengan pemandangan yang bakal membuat kita tidak berhenti mengucap tasbih.

Kita juga bisa merasakan bagaimana menjadi nelayan dengan ikut menangkap udang lobster. Para nelayan di sana tidak bakal keberatan mengajari kita bagaimana caranya.

Makanya, kalau punya waktu, bagi kalian yang tinggal di wilayah Jawa Barat, tidak usah bingung pesan tiket ke Bali. Ke wisata Ujung Genteng saja!

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi