Jangan Sepelekan Gejala Penyakit Influenza, Karena Bisa Saja Berubah Menjadi Penyakit yang Serius !

Influenza atau yang lebih dikenal dengan sebutan Flu adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh infeksi virus influenza A, B dan C. Penyakit ini berdampak pada tenggorokan, paru-paru atau organ pernapasan lainnya. Influenza juga dapat mengakibatkan masalah jantung dan mempengaruhi organ bagian lain pada orang yang terkena penyakit lainnya.

Jenis Influenza baru dapat menyebabkan wabah penyakit yang parah dan meluas. Hampir semua orang pernah mengalami penyakit Influenza ini dari anak kecil sampai dewasa, dan hampir semua menyepelekan penyakit ini. Influenza sangat mengganggu aktifitas sehari-hari akibat gejala yang diakibatkan oleh Influenza. Influenza ini ditularkan oleh virus yang dikeluarkan seseorang penderita influenza saat mereka batuk atau bersin atau melalui kontak langsung dengan sekresi.

Gejala-Gejala Influenza

Biasanya gejala ini berlangsung selama satu sampai tiga hari setelah infeksi, dan muncul tiba-tiba:

  • Demam
  • Sakit Kepala
  • Nyeri otot dan sendi
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk dan hidung berlendir atau tersumbat
  • Cepat lelah

Beberapa Gejala Influenza yang Patut Diwaspadai

  • Gejala lebih dari 2 minggu

Segera cek ke dokter kalau gejala batuk tidak kunjung sembuh sampai 2 minggu lebih, bisa jadi penyakit Influenza ini mengakibatkan penyakit lain seperti asma atau pneumonia.

  • Gejala Flu yang tak kunjung sembuh atau muncul lagi

Bisa jadi gejala flu yang tak kunjung sembuh ini terjadi karena infeksi sekunder yang lebih serius yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang melemah akibat penyakit yang ringan. Bila dibiarkan infeksi sekunder ini dapat menyebabkan sinusitis, bronkitis dan pneumonia yang harus mendapatkan penanganan medis.

  • Mata gatal dan berair

Penyakit flu dan batuk disertai mata gatal dan berair ini pertanda seseorang alergi. Tanda-tanda alergi lainnya seperti gatal-gatal, bersin-bersin, ruam merah, pusing hingga kram pada perut.

  • Sakit dada dan jantung berdebar

Flu yang diserati aritmia atau detak jantung tidak teratur bisa berarti Anda mengidap penyakit yang serius. Gejala batuk dan flu yang parah dapat mengakibatkan sesak napas, atau nyeri dada yang tidak boleh dibiarkan karena penyakit pernapasan bisa mengakibatkan bronkitis atau pneumonia, serta nyeri dada, jantung berdebar dan sesak napas bisa menjadi tanda anda terkena penyakit emboli paru (penyumbatan bekuan darah pada paru-paru).

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi