Gempa Bumi di Sumbawa Dini Hari Tadi Berkekuatan 5,3 SR Juga Menggetarkan 6 Wilayah Lainnya. Berikut Rinciannya dari BMKG!

Posciety.Com – Baru saja terjadi gempa bumi di Sumbawa pada hari ini (Sabtu, 13 Juli 2019) sekitar jam 1 pagi waktu setempat.

Gempa bumi ini termasuk gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng. Gempa bumi ini berpusat di wilayah Samudera Hindia Selatan (Bali – Nusa Tenggara).

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Geofisika Mataram ‘Agus Riyanto’ kepada media berita Republika.co.id, informasi yang telah dimutakhirkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 5,3 skala richter. Gempa bumi ini berlokasi di laut pada jarak 70 km arah tenggara kota Sumbawa Besar.

Agus juga mengingatkan bahwa informasi resmi mengenai bencana alam ini hanya disebarkan melalui akun resmi Twitter BMKG yang telah terverifikasi @infoBMKG.

Hingga dini hari, hasil monitorin BMKG mendapati adanya 2 aftershock alias gempa bumi susulan dengan kekuatan pertama 3,1 skala richter dan yang kedua berkekuatan 3,7 skala richter.

Walaupun hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang terjadi akibat guncanagan gempa bumi ini, setidaknya ada 6 wilayah lainnya yang diperkirakan merasakan getarannya, diantaranya: Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Timur, Bima, Karangasem, dan Kuta.

Berikut rincian gempa bumi yang dipublikasi oleh BMKG di situs resminya bmkg.go.id:

WaktuLintangBujurMagnitudoKedalamanWilayah
13 Juli 2019 – 00:01:54 WIB-8.97117.835.510 KM70 KM Tenggara Sumbawa – NTB
tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi