Publisher & Advertiser Harus Punya Google Analytics

Apa itu Google Analytics ? Bagaimana cara membuatnya ? Mari cari tau semuanya disini.

Google Analytics

Google Analytics atau yang biasa disingkat GA merupakan alat (tools) disediakan oleh Google secara gratis dan berbayar yang diperuntukkan menganalisa data secara digital. Terpenting, pemahaman analisa Google Analytics sangat dalam mengenai pengalaman pelanggan.

Apapun bidang yang dijalani, Google Analytics siap membantu mengevaluasi pengalaman pengguna dan memberikan hasil yang pasti. Berikut ini ringkasan dari beberapa fitur utama yang dimiliki oleh Google Analyitcs

Pengelolaan & Pengumpulan Data

Pengelolaan dan pengumpulan data yang diberikan oleh Google Analytics memberikan pandangan secara menyeluruh yang nantinya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis yang dijalani.

Aktivasi Data

Buatlah keputusan pemasaran yang lebih cerdas, Google Analytics memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan data dengan mulus untuk meningkatkan kampanye pemasaran dan bereksperimen dengan saluran dan konten baru.

Analisa, Visualisasi, dan Pelaporan Data

Laporan dapat disegmentasikan untuk menampilkan kebutuhan bisnis yang sedang dijalani, pengguna dapat mengakses berbagai macam alat (tools) pelaporan dan analisa yang pengguna memahami pelanggan / pengunjung lebih dalam lagi.

Mungkin diantara kalian ada yang pernah mendengar bahwa GA merupakan alat analisa untuk publisher seperti blogger / pengusaha, tapi setelah membaca ringkasan diatas sedikit membingungkan karena ada tulisan kampanye yang artinya beriklan.

Karena Google Analytics tersedia untuk publisher dan advertiser, berikut sedikit ringkisan mengenai keduanya.

Google Analytics – Publisher

Ini digunakan pada situs web / aplikasi yang ingin diketahui datanya secara lengkap seperti jumlah pengunjung, perlikau, dan banyak lagi. Google Anaytics dapat membantu kamu untuk menemukan mana konten terbaik dari situs web / aplikasi yang bersangkutan dan mengenal pemirsa / pengunjung.

GA pun memiliki laporan nyata (real time) yang menunjukkan segala hal yang sedang terjadi di situs web / aplikasi bersangkutan. Dapat terintegrasi dengan Google dan alat penayang lain seperti Google AdSense, Google DoubleClick, dan Google AdExchange.

Google Analytics – Advertiser

Para pengiklan pun biasanya ingin mengetahui lebih dalam tentang tingkah laku pada kampanye iklan yang sedang dijalankannya, dengan Google Analytics ini pengiklan dapat mengetahui lebih dalam tentang data pelanggan yang berinteraksi dengan iklan bersangkutan.

Pengiklan dapat mengetahui data secara lengkap mulai dari pelanggan mana yang membeli (berinteraksi dengan iklan), apakah melakukan checkout (jika toko online), berapa kali tiba melalui iklan yang disebarkan, dan banyak lagi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan bagikan cara membuat akun Google Analytics versi gratis.

Membuat Akun Google Analytics

Caranya gampang banget, syarat pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun Google (GMail). Jika belum punya akun Google, silahkan buat terlebih dahulu (klik disini untuk membuat akun Google).

Catatan: Pembuatan akun GA hanya dapat dilakukan via desktop (browser) saja, aplikasi Google Analytics smartphone hanya dapat digunakan dengan akun yang sudah terdaftar saja (tidak bisa mendaftar baru).

  • Kunjungi situs Google Analytics di https://www.google.com/analytics/
  • Klik tombol Buat Akun untuk membuat akun baru, atau klik Masuk jika saat ini kamu sedang login akun GMail yang ingin digunakan sebagai akun Google Analytics juga
  • Silahkan masukkan alamat email GMail yang ingin digunakan
  • Karena ini pertama kali percobaan membuat akun GA maka akan tampil ringkasan terlebih dahulu

gambar 1 belajar Google Analytics membuat akun - rio bermano

  • Klik tombol Sign Up untuk mulai membuat akun GA

Secara otomatis email yang digunakan tadi akan menjadi kredensial untuk Google Analytics, sekarang sudah berhasil terhubung. Pada kesempatan pertama, GA juga membantu supaya penggunanya lebih mudah dengan langsung menampilkan formulir pembuatan akun baru untuk mengakses Google Analytics dan mendapatkan ID pelacakan pertama.

Isilah semua bidang yang diperlukan hingga lengkap kemudian klik tombol Get Tracking ID dibawah, akan muncul layar popup tentang Google Analytics Terms of Service Agreement (persyaratan layanan Google Analytics). Klik tombol I Agree untuk melanjutkan.

Selamat ! Kamu sudah berhasil membuat akun Google Analytics. Gunakanlah dengan bijak, dan manfaatkan semua tools yang ada sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk melihat semua postingan di blog ini dengan kategori Google Analytics untuk cari tau lebih banyak tentang Google Analytics.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...