Google Chrome Kini Hadirkan Fitur Live Caption, Begini Cara Mengaktifkannya

0

Google kembali mengembangkan teknologinya, melalui Google Chrome, Google menghadirkan fitur Live Caption. Apa sih Live Caption itu? Live Caption merupakan fitur terbaru di Google Chrome yang memungkinkan kamu menonton video berbahasa Inggris dengan ada teks tulisannya. Fungsinya hampir mirip dengan subtitle.

Fitur ini mampu menampilkan subtitle yang diucapkan oleh seseorang dalam video secara langsung. Fitur ini bekerja dengan cara mendeteksi suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung.

Selain video, fitur Live Caption ini juga bisa menampilkan subtitle ketika kamu sedang mendengarkan podcast atau ketika kamu sedang melakukan panggilan telepon. Sayangnya fitur ini baru bisa mendeteksi dan menerjemahkan suara yang berbahasa Inggris, Google masih mengembangkan agar fitur Live Caption ini bisa mendeteksi dan menerjemahkan suara dari semua bahasa termasuk Indonesia.

ads by posciety

Meski bersifat otomatis, sehingga tingkat akurasinya rendah, kehadiran fitur Live Caption sangat berguna bagi seseorang yang memiliki kemampuan pendengaran yang tidak cukup baik sehingga mereka bisa mengerti ucapan orang yang ada di video, podcast, maupun telepon lewat teks yang ditampilkan secara langsung.

Cara Mengaktifkan Live Caption

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur Live Caption ini? Tenang kami akan jelaskan langkah-langkahnya,

1. Pertama-tama untuk menggunakan fitur ini, pastikan Google Chrome kamu sudah terupdate ke versi 89.

2. Jika sudah, silahkan buka Google Chrome, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, Lalu masuk ke setelan, jika Chrome kamu berbahasa Inggris maka klik “setting” jika menggunakan bahasa Inggris.

3. Lalu pilih Lanjutan, lalu pilih “aksesbilitas”, dalam bahasa Inggris pilih “advanced”, lalu pilih “Accessibility”. Aktifkan “Teks Otomatis” dengan cara menggeser ke kanan toggle hingga berwarna biru, dalam bahasa Inggris aktifkan “Live Caption” dengan cara yang sama seperti tadi.

6. Dan selamat kamu sudah mengaktifkan Live Caption di Google Chrome kamu. Cobalah buka YouTube atau Podcast berbahasa Inggris untuk melihat fitur Live Caption ini sudah aktif atau belum. Jika sudah maka akan muncul tampilan subtitle, kamu bisa menggesernya sesuka kamu.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya