Mulailah Visualisasikan Data & Informasi Menggunakan Google Data Studio

Aplikasi yang satu ini mungkin jarang di dengar dan jarang digunakan oleh individu di Indonesia, namanya Google Data Studio atau yang biasa disingkat GDS ! Lalu, apa itu Google Data Studio ?

Google Data Studio adalah aplikasi web untuk memvisualisasikan data dan infromasi, dari rumit dan biasa menjadi lebih mudah dikenal karena divisualisasikan. Dengan begitu, data dan informasi yang kamu miliki akan menjadi laporan yang informatif, mudah dibaca, mudah dibagikan, dan sepenuhnya dapat disesuaikan. Beberapa hal utama yang akan kamu dapatkan dari Data Studio adalah:

  1. Visualisasikan data melalui diagram dan tabel yang sangat dapat dikonfigurasi
  2. Dengan mudah terhubung ke berbagai sumber data
  3. Jelajahi data Anda dan dapatkan insight
  4. Bagikan insight Anda dengan tim Anda atau ke seluruh dunia
  5. Kolaborasi laporan dengan tim
  6. Percepat proses pembuatan laporan Anda dengan laporan sampel bawaan dan template laporan kustom Anda sendiri

Share & Kolaborasi

Seperti biasa, setiap aplikasi web milik Google yang serupa seperti ini biasanya memiliki kemampuan untuk berbagi dan kolaborasi dengan pengguna lain seperti share & collaboration pada Google Sheet, Slides, dsb. Begitu juga pada Google Data Studio, kamu dapat menambah pengguna lain untuk berkolaborasi dan membagikan siapa saja yang dapat melihat laporan GDS.

Laporan di Data Studio sendiri itu didapatkan dari satu atau beberapa sumber data, dengan menggunakan fitur Sumber Data Kamu dapat dengan mudah terhubung ke berbagai data, tanpa harus memahami pemrograman. Hanya dalam beberapa saat, kamu dapat terhubung ke kumpulan data seperti:

  • Database, termasuk BigQuery, MySQL, dan PostgreSQL
  • File datar melalui upload file CSV dan Google Cloud Storage
  • Produk konsumen Google, seperti Spreadsheet, YouTube, dan Search Console
  • Produk Google Marketing Platform (termasuk Google Ads, Analytics, Display & Video 360, Search Ads 360, dan produk lainnya)

Visualisasi Data yang Luar Biasa

Data Studio bisa dikatakan Dalam mevisualisasikan data sehingga tampak nyata dan mudah dipahami, berikut ini beberapa hal yang dapat kamu buat dengan editor laporan di Data Studio:

  • Menganotasi dan memberi merek / label laporamu dengan teks dan gambar
  • Membuat laporan Anda menjadi interaktif dengan kontrol filter pemirsa dan rentang tanggal. Kontrol data mengubah laporan menjadi laporan template yang fleksibel yang dapat digunakan siapa pun untuk melihat data mereka sendiri
  • Menceritakan kisah data Anda dengan grafik, termasuk diagram baris, batang, dan pai, peta geografis, grafik area dan balon, tabel data paginasi, tabel pivot, dan banyak lagi
  • Menerapkan gaya dan tema warna yang membuat kisah data Anda menjadi seni visualisasi data
  • Menyertakan link dan gambar yang dapat diklik untuk membuat katalog produk, koleksi video, dan konten hyperlink lainnya

Mulailah gunakan Data Studio sekarang untuk membantu membuat laporan data dan informasi yang lebih nyata !

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi